Beranda Tazkiyah Hikmah Mengapa Orang Kafir Kaya dan Orang Muslim Miskin?

Mengapa Orang Kafir Kaya dan Orang Muslim Miskin?

38
ilustrasi (ubandi.com)

Mengapa kita lihat banyak orang non muslim hidupnya kaya-kaya, sementara orang Islam banyak yang miskin? Bisa kita lihat contohnya di negeri kita, etnis tertentu yang mayoritas non muslim mereka kaya-kaya. Sedangkan yang muslim justru miskin-miskin. Padahal muslim sudah shalat, puasa dan menjalankan ibadah lainnya.

Apakah ini yang dimaksud dalam hadits “dunia adalah penjara bagi orang mukmin dan surga bagi orang kafir”?

Jawaban:

Tidak benar bahwa orang non muslim selalu lebih kaya dari pada orang muslim. Jika kita amati dengan sungguh-sungguh, ada banyak orang non muslim yang miskin, sebagaimana banyak pula orang muslim yang miskin.

Jika dilihat banyak muslim yang miskin, itu karena mayoritas penduduk negeri ini beragama Islam. Sama halnya dengan di Yunani dan beberapa Eropa yang saat ini sedang bangkrut, hampir semua orang miskin di sana adalah non muslim karena mayoritas penduduknya memang non muslim.

Dalam daftar orang-orang terkaya di Indonesia tahun 2014, kita temukan nama-nama muslim banyak bertengger di 40 besar. Apalagi di negara-negara Arab dan Timur Tengah yang kaya minyak. Mayoritas orang terkaya adalah muslim sebab merekalah penduduk mayoritas di negeri-negeri itu.

Jadi, kaya dan miskin tidaklah selalu identik dengan agama. Sebab Allah dengan sifat Rahman-Nya memberikan rezeki kepada setiap orang, bukan hanya muslim saja. Allah juga memberlakukan sunnah kauniyah bahwa siapa yang berusaha keras, bekerja cerdas atau pandai berbisnis, mereka akan mendapatkan hasil berupa kekayaan yang setimpal.

Namun, Allah juga memiliki sifat Rahim. Yakni kasih sayang yang khusus Dia berikan kepada hamba-hambaNya yang beriman. Kalaupun seorang mukmin itu miskin hidupnya di dunia, bisa jadi itu ujian. Jika disikapi dengan sabar, ia akan mendapatkan Rahim-Nya Allah berupa balasan berlipat ganda di akhirat dan dimasukkan ke dalam surga.

Adapun orang-orang non muslim, kekayaannya di dunia ini bisa jadi adalah balasan atas kerja keras dan perbuatan baiknya selama di dunia. Tetapi di akhirat, mereka tidak mendapatkan apa-apa. Bisa pula, kekayaan orang kafir di dunia ini hanyalah bentuk istidraj dari Allah. Mereka disenang-senangkan di dunia, dibiarkan memiliki harta kekayaan yang banyak sehingga mereka makin kafir atau makin jahat, lalu mereka ditelungkupkan Allah ke dalam neraka.

Adapun mengenai sabda Rasulullah:

الدُّنْيَا سِجْنُ الْمُؤْمِنِ ، وَجَنَّةُ الكَافِرِ

“Dunia adalah penjara bagi orang mukmin dan surga bagi orang kafir” (HR. Muslim)

Abdullah bin Mubarak pernah ditanya oleh seorang yahudi. Seperti diketahui, Abdullah bin Mubarak ini adalah ulama tabi’in yang kaya raya. Yahudi pedagang minyak eceran yang pakaiannya kotor dan tangannya menghitam itu bertanya, “Wahai Ibnu Mubarak, bukankah disebutkan dalam hadits bahwa dunia ini adalah penjara bagi orang mukmin dan surga bagi orang kafir, tetapi mengapa engkau yang muslim justru kaya raya dan aku yang non muslim justru miskin dan menderita?”

Dengan wajah teduh Ibnu Mubarak menjawab, “Kekayaan dan kebahagiaanku ini laksana penjara jika dibandingkan dengan surga yang akan ditempati oleh orang mukmin nanti. Sedangkan penderitaanmu di dunia ini belum ada apa-apanya dibandingkan dengan neraka yang menantimu di akhirat nanti.”

Mendapat jawaban tersebut, penjual minyak tersebut mengucapkan dua kalimat syahadat. Ia masuk Islam.

Wallahu a’lam bish shawab. [Muchlisin BK/bersamadakwah]

38 KOMENTAR

  1. @xabi haha ternyata muslimnya juga belajar banyak dari non-muslim ya 😀 sampai” perumpamaan aja tau 🙂 ….,
    tp ya wajar dah orang kitapnya yang keluar terakhir , banyakan comot dari kitap yang edisi pertama :3

    • keluaran terakhir itu yang terbaru tong, asal kamu tahu, injil itu salah satu dari 4 kitab suci orang muslim juga. dan Al-Qur’an adalah edisi penyempurnaan dari kitab-kitab sebelumnya. jadi jika ada beberapa kalimat di injil ada di Al-Qur;an adalah WAJAR.

    • Emmanuel..lo tolol pa bego sih…pada dasarnya rasul tu utusan tuhan ..klo di bilang nyomot tu gk bener..pada dasarny ajaran tu sama…hanya saja muslimlah yg paling lengkap..kaum 2 sebelumnya yg mendustakan..termasuk kau itu..

    • Tidak sejalan/memiliki kepercayaan yg berbeda bukan berarti kita harus membenci kepercayaan yg lain.
      Saya org muslim tp saya tdk prnh membenci org kristen/ kaum yg lainya.
      Karena kita semua sama² makhluk tuhan harus saling menyayangi, untuk urusan agama yg orang lain pilih itu hak mereka bukan urusan kita.

    • Maaf mau meluruskan …. Kitab suci Injil taurat dan Zabur sama kok dengan kitab kami Tuhannya juga sama aslinya tetap ( Allah ), hanya saja nenek moyang pendahulu sudah merubah isi kitab2nya dengan tangan mereka, alhasil kita terakhir (Al-Qur’an) diturunkan, kalau tidak percaya coba cek kitab Al-Qur’an di seluruh dunia isinya akan sama dimana saja. Kalau kau lebih teliti bandingkan dengan kitab2 lain akan berbeda2 isinya.

  2. Gan, Akhirat yang ditakutin orang2 muslim, Kalo orang muslim itu solat dan berdoa kepada allah, minta rezeki banyak berikiar pasti allah kabulkan, yang cepet bikin rezekinya bertambah banyaklah berinfak,berzakat,Dan membantu orang2 susah, kalo rezekinya allah tambahin malah kita melupakan allah, maka sesungguhnya azab allah lebih pedih.

  3. saya kira yang dikemukakan penanya sesuai fakta. Mohon bpk penjawab buka mata sedikit, liat sekelilingnya kurangi baca buku supaya jawabannya membumi. maaf

  4. Berusah, berdoa dan sabar, pantang menyerah,dll, sdh dilakukan, sampe mati tdk mendapatkan hasil, sdh taat agama, sampe mati ga ada hasil, ngemeng itu emang mudah, kalo kalian menjalani nya, pastk kalian bakal ngemeng kyk aq ini jg.

  5. Komentar: islam itu indah hanyak mencintai yag indah indah dan allah swt juga begitu.. boleh jadi orang mukmin miskin harta tapi kayak hati karna kayak yg sesungguhnyah di berikan allah swt pada orang beriman atow mukmin adalah kekayaan hakiki…allahuakbar

  6. Adapun orang-orang non muslim, kekayaannya di dunia ini bisa jadi adalah balasan atas kerja keras dan perbuatan baiknya selama di dunia. Tetapi di akhirat, mereka tidak mendapatkan apa-apa. Bisa pula, kekayaan orang kafir di dunia ini hanyalah bentuk istidraj dari Allah. Mereka disenang-senangkan di dunia, dibiarkan memiliki harta kekayaan yang banyak sehingga mereka makin kafir atau makin jahat, lalu mereka ditelungkupkan Allah ke dalam neraka.

    Nabi yang Anda sembah itu, yang menikahi anak 6thn, memperbudak dan memiliki istri-istrinya dari hasil rampasan perang, merupakan satu-satunya sumber yang ada di kepalamu!

    • Maaf sebelumnya, umat islam TIDAK menyembah Nabi Muhammad, dan untuk umur 6 tahun itu, kata siapa? Aisyah dipinang umur 7 tahun menikah umur 12 tahun. Sebenernya dlu, anak yg sdh baligh boleh langsung menikah, dan aisyah menikah itu krn dijodohkan oleh abu bakar, sahabat Nabi Muhammad. Dan Istri hasil rampasan perang itu kata siapa?? Nabi muhammad menikahi mereka sbg langkah menafkahi, krn tdk mungkin seseorang menafkahi perepmpuan bukan muhrim, nanti bisa timbul aib. Dan justru ini menyelamatkan janda dari org yg mati syahid agar tdk kesusahan stlh suaminya meninggal. Maha Suci Nabi Muhammad dan rasul2 lain dr prasangka buruk kaum nonmuslim. Bagi kami umat muslim, kami punya keyakinan Nabi dan Rasul adalah org yg jujur, slalu menyampaikan risalah, amanah dan cerdas. Punya sifat manusiawi spt makan minum dan lapar dsb, tapi tdk akan mungkin sampai menjatuhkan gelar kenabian contohnya, Nabi dan Rosul(seluruh rasul, bukan hanya Muhammad) tdk akan mungkin melakukan hal keji spt telanjang, mabuk2an. Nabi Nuh tdk mungkin spt yg tertulis di bab kejadian dalam injil yg menyebutkan Nabi Nuh telanjang, dan mabuk2an. Maha Suci Alloh SWT dari fitnah bahwa Dia memiliki anak, jika Alloh memiliki kuasa menciptakan Adam dan Hawa tanpa Ibu dan Bapa, lalu apa tidak mungkin juga Siti Maryam melahirkan isa tanpa seorang ayah. Itu jelas hal yg sangat mungkin. Semoga kamu lebih bisa berargumen dgn fakta yg jelas 🙂 dan asal kamu tahu, konsep trinitas ketuhanan muncul bertahun2 stlh Isa diangkat kelangit, jadi jelas trinitas bukan lah asli risalah Isa, Semoga kamu diberi jalan menuju petunjuk yg hakiki 🙂

  7. Muslim itu apa ea > agamakah atau alirankah atau buku acuan ekonomi…?
    Sering dengar di pulo jawa byk tukang debat agama muslim dan kusirnya muslim sendiri. Trus anda debatkan persoalan ayat…, akan tetapi tata bahasa kitab nonmuslim beda dengan tata bahasa muslim/agama-muslim, tetapi muslim kalo debat kyk pengen bunuh karakter non muslim aja. Sehingga sub-pengetahuan sperti perumpamaan, pengandaian, terminologi, theologi dilayakkan hanya alat debat, bukan utk memahami ayat alquran sndiri.

    Gw bilangin …. makanya kalo punya kitab suci terimalah fakta bahwa ada cara mengenal mana yang sabda ALLAH dan mana yang perkataan kultural di arab / timur tengah sana. Jangan sembarang mengambil pemahaman psikologis pribadi HRmuslim.
    ntar kalian menyesatkan turunan2 kalian, juga meninggalkan dendam pd penduduk nonmuslim.
    Oh ya,… “embriology” yg digosipkan muslim sudah ada di alquran, ternyata pertamaX ditemukan o/ kristen amrica agama katholik. Kalo aku baca penjelasan muslim ttg hal tersebut, spertinya embriology itu hanya pencocokan terhadap pengamatan “keguguran” dlm alquran.

    • lihatlah Tuhan dengan hatimu… Lihatlah yang diperbuat setaramu… barulah katakan itu benar.. jangan melihat Selumbar di mata orang lain, namun balok dimata sendiri tak bisa kau lihat

  8. karena ada tertulis… “carilah dahulu kerajaan Allah, maka semuanya akan ditambahkan kepadamu”
    yang memiliki dunia adalah Allah… jika Ia berkenan atas hidupmu.. Maka apapun kebutuhanmu akan dicukupi.
    Nabi Daud berkata “Dahulu aku muda, sekarang telah menjadi tua, tetapi tidak pernah kulihat orang benar ditinggalkan, atau anak cucunya meminta-minta roti”

  9. Untuk kita yang muslim jangan mudah terpengaruh dengan orang, non muslim yang berkomentar pedas sebeb banyak mualaf yang akhirnya menyadari bahwa alquranlah satu-sayunya jalan allah.

  10. Sebenarnya sih kaya atau ngga itu bukan masalah agama..
    Siapa yg dari kecil rajin belajar, gemar berbisnis, profesional dalam bekerja, berintegritas; mereka akan punya lebih banyak uang..

    Saya sudah keliling dunia, menjadi pengajar, berbisnis, analyst HR dan mewakili Indonesia di kompetisi internasional sejak kuliah. Saya melihat:

    UEA VS Indonesia
    Sama2 punya minyak namun kok Indonesia banyak yg hidup dibawah kemiskinan? Mana UEA tanahnya gurun pasir n Indonesia subur dimana2. Salut buat tourismnya yang menyumbang banyak pendapatan. Indonesia jauh kebih fanatik daripada Uni Emirat Arab dan Indonesia sangat jauh tidak berkembang. Mungkin sebagai negara muslim, kita bisa belajar dari UEA.

    Jepang VS Indonesia
    Jepang ngga punya minyak, tanah sempit, sering gempa bumi.. Tapi penduduk lebih sejahtera.. Jepang menyembah dewa matahari.. Dan diakui bahwa orang Jepang kalo kerja bisa 5x lebih jago dari orang Indo.. UMR di Jepang bisa 5x di Indo.. Bayaran (termasuk tunjangan) expatriat Jepang yg dipekerjakan di Indo bisa mencapai 2 milyar per bulan. Karena hasil kerja orang Jepang memang beda. Mereka yang ketauan KKN, biasa akan sangat malu dan bunuh diri. Pulang kerja Ontime adalah hal memalukan di Jepang.

    China VS Indonesia
    Pernah kerja dengan orang China yg mayoritas agama konghucu? di China sana mereka kerja bener2 dahsyat. Ga ada tuh namanya ngopi atau telat ngantor atau jam istirahat kelamaan. Istirahat jam 12.00, mereka hanya makan 15 menit lalu balik kerja. Ga heran perkembangan ekonominya luar biasa. Kalau di Indo kerja, dari 8 jam yg benar2 efektif hanya 2-3 jam; lainnya ngobrol, maen hp, ke kantin, ngopi, dsb. Makanya banyak perusahaan Eropa Amerika yang bikin pabrik di China. KKN di China berarti hukum mati, mungkin bisa dipraktekkan di Indonesia.

    Israel VS Indonesia
    Israel ini negara jago, pria wanita bisa pegang senjata, teknologinya maju, otak bisnis bener2 hebat.. Gurun pasir bisa dibuat hijau, perbatasan Palestina n Israel kelihatan bgt karena begitu rindangnya Israel.. Cara doa dan fanatik agama Yahudi lebih daripada orang muslim di Indo. Mereka hari Sabat itu bener2 nyalain lampu atau masak saja ngga boleh sehingga ngga heran hotel selalu penuh saat Sabat. Secara sumber daya, alam Israel ga ada apa2nya dibanding Indonesia namun penduduknya lebih sejahtera. Btw tentara2 Israel itu banyak muslim lho? Dan di Israel penduduk muslim lebih banyak daripada Kristen + Katolik. Sepertinya media di Indonesia agak berlebihan ttg konflik Israel & Palestina karena saya lewat perbatasan jg aman2 saja dan ga ada security, hanya kamera2..

    Amerika & Rusia VS Indonesia
    Amerika n Rusia saya akui lebih hebat dari Indonesia. Otak bisnis mereka sudah dilatih dari kecil. Cara pendidikannya juga beda. Kalau di Indonesia dari kecil dilatihnya maen, dimanjain, ngaji, dsb. Di sana kalo anak ngga mau makan bakal didiamkan kelaparan, usia 17 wajib bisa mandiri. Rusia lebih parah, hampir orang2nya serius semua ga bisa senyum; tp mereka menganggap memang harusnya hidup itu serius. Dan alhasil kedua negara ini superpower.

    Eropa VS Indonesia
    Di Eropa, pajak disana dan harga bbm lebih tinggi dari Indonesia. Pajak digunakan untuk menghidupi mereka yg miskin dan tunawisma. Banyak warga Eropa mengeluhkan karena pajak mereka yg besar dipakai menghidupi para imigran. Orang Eropa efektif bekerja hanya pada musim panas, karena saat musim dingin itu bener2 dingin dan banyak yg libur berbulan2. Mereka menganggap Indonesia itu seperti surga lho, kaya akan apapun dan panas matahari selalu ada sepanjang tahun.

    • Komentar:orang muslim mengertti halal haram,bagi muslim kerja itu ibadah kalau rezek itui pemberian.karena di dalam muslim ada rezeki yang tak terduga duga. Apalah arti kaya didunia sengsara diakherat.

      • Jangan menempatkan antara dunia dan akhirat itu sebagai 2 kutub yang bertentangan. Seharusnya keduanya sama-sama penting dan berjalan seiring. Di dunia harus kaya dan di akhirat juga mendapatkan surga. bagaimana akan mendapatkan surga di akhirat kalau di dunia miskin? Ingin beribadah sangat sulit. Tidak mempunyai kebebasan akan waktu. Mau bersedekah tidak punya apa-apa. Lalu bagaimana akhirat bisa diperoleh ketika di dunia miskin dan tidak bisa menjalankan rukun islam dengan lengkap.

    • Karena di indo kl ga sukses di dunia, yaudahlah masih ada akhirat. Gitu gan mikirnya kebanyakan. Jd nya pasrah2 males maju gitu mindset nya.

      Itu org2 luar sana walau agama beda sm muslim jg mikir akhirat kali yg kristen, yahudi,dll. Bukan muslim doang yg mikir akhirat.

      Kita sbg muslim hrs nya kaya gitu jg. Maju di dunia buat bikin dunia lebih baik buat generasi muslim kedepannya. Dan jg fokus di akhirat.

  11. Betul..wajib berusaha.
    Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu mengubah nasibnya sendiri. Harusnya pake dalil ini. Biar pada semangat buat menjadi kaya.

  12. Astafirulloh !!! Hanya org muslim nyang masuk syurga..
    Kafir dan sebagianya hanya lah debu dan bayangan yg tempat nya di neraka jahanam. (Bkn hajar jahanam ya)
    Hindu, buddha, kristen, atau agama apapun itu minum nya teh botol sosro. Eh salah, maksudnya gak akan bisa masuk syurga, percuma sebaik apapun mereka karna bkn islam jd tak pantas di surga.
    Klo pun mereka kaya itu pasti istidjar atau di senangkan oleh allah. (Tp kok allah nyenangin umat lain yah? Makin binun eikee…
    Dan di ahirat nanti di turun kan ke neraka (weleh.. weleh.. )
    Kafir di dunia disenangkan di ahirat di neraka ken !
    Muslim di didunia dimiskinkan (kaya kpk ajee alloh) di syurrga DINIKMATKAN !

    Teyus gmn dgn muslim yg jahat ?? Baereng yg sama KAFIIRRRR di Neraka ??

    Terus mimin udah pasti masuk Surga ???

    Kok gitchu sih ya olloh kan eike kan buaekkk.. olloh kejem ihhh !!

  13. Gw kasih tau y klo agama yg paling baik itu islam sebenarnya islam dan kristen itu menyembah allah tapi para ahli agama kristen mengubah kitab injil agar tdk menyembah allah bagi agama yg non islam cepet masuk ke agama islam kiamat dikit lgi woy pas kiamat nabi isa turun untuk membela islam ntar yg non islam akan nyesel,nyesel mah belakangan

  14. Jangan menempatkan antara dunia dan akhirat itu sebagai 2 kutub yang bertentangan. Seharusnya keduanya sama-sama penting dan berjalan seiring. Di dunia harus kaya dan di akhirat juga mendapatkan surga. bagaimana akan mendapatkan surga di akhirat kalau di dunia miskin? Ingin beribadah sangat sulit. Tidak mempunyai kebebasan akan waktu. Mau bersedekah tidak punya apa-apa. Lalu bagaimana akhirat bisa diperoleh ketika di dunia miskin dan tidak bisa menjalankan rukun islam dengan lengkap.

    • Assalamualaikum wr. wb
      Agamamu adalah agamamu, agamaku adalah agamaku….
      Anggap pegangan masing maing iman..
      Di duniaa itu adalah hidup singkat gunakanlah dengan bijak ya…..
      Komen kang steven gunawan. Cermati…. Semua tergantung pribadi bukan agamanya apalagi ras..
      Inget….. Ucapanmu mewakili sara mu….berhati hatilah
      Saya muslim ..istiqomah dan tetap semangat cari rejeki..oke guys..
      Wasalam….

      Steven Gunawan Mar 16, 2016 at 2:41 am
      Sebenarnya sih kaya atau ngga itu bukan masalah agama..
      Siapa yg dari kecil rajin belajar, gemar berbisnis, profesional dalam bekerja, berintegritas; mereka akan punya lebih banyak uang..

      Saya sudah keliling dunia, menjadi pengajar, berbisnis, analyst HR dan mewakili Indonesia di kompetisi internasional sejak kuliah. Saya melihat:

      UEA VS Indonesia
      Sama2 punya minyak namun kok Indonesia banyak yg hidup dibawah kemiskinan? Mana UEA tanahnya gurun pasir n Indonesia subur dimana2. Salut buat tourismnya yang menyumbang banyak pendapatan. Indonesia jauh kebih fanatik daripada Uni Emirat Arab dan Indonesia sangat jauh tidak berkembang. Mungkin sebagai negara muslim, kita bisa belajar dari UEA.

      Jepang VS Indonesia
      Jepang ngga punya minyak, tanah sempit, sering gempa bumi.. Tapi penduduk lebih sejahtera.. Jepang menyembah dewa matahari.. Dan diakui bahwa orang Jepang kalo kerja bisa 5x lebih jago dari orang Indo.. UMR di Jepang bisa 5x di Indo.. Bayaran (termasuk tunjangan) expatriat Jepang yg dipekerjakan di Indo bisa mencapai 2 milyar per bulan. Karena hasil kerja orang Jepang memang beda. Mereka yang ketauan KKN, biasa akan sangat malu dan bunuh diri. Pulang kerja Ontime adalah hal memalukan di Jepang.

      China VS Indonesia
      Pernah kerja dengan orang China yg mayoritas agama konghucu? di China sana mereka kerja bener2 dahsyat. Ga ada tuh namanya ngopi atau telat ngantor atau jam istirahat kelamaan. Istirahat jam 12.00, mereka hanya makan 15 menit lalu balik kerja. Ga heran perkembangan ekonominya luar biasa. Kalau di Indo kerja, dari 8 jam yg benar2 efektif hanya 2-3 jam; lainnya ngobrol, maen hp, ke kantin, ngopi, dsb. Makanya banyak perusahaan Eropa Amerika yang bikin pabrik di China. KKN di China berarti hukum mati, mungkin bisa dipraktekkan di Indonesia.

      Israel VS Indonesia
      Israel ini negara jago, pria wanita bisa pegang senjata, teknologinya maju, otak bisnis bener2 hebat.. Gurun pasir bisa dibuat hijau, perbatasan Palestina n Israel kelihatan bgt karena begitu rindangnya Israel.. Cara doa dan fanatik agama Yahudi lebih daripada orang muslim di Indo. Mereka hari Sabat itu bener2 nyalain lampu atau masak saja ngga boleh sehingga ngga heran hotel selalu penuh saat Sabat. Secara sumber daya, alam Israel ga ada apa2nya dibanding Indonesia namun penduduknya lebih sejahtera. Btw tentara2 Israel itu banyak muslim lho? Dan di Israel penduduk muslim lebih banyak daripada Kristen + Katolik. Sepertinya media di Indonesia agak berlebihan ttg konflik Israel & Palestina karena saya lewat perbatasan jg aman2 saja dan ga ada security, hanya kamera2..

      Amerika & Rusia VS Indonesia
      Amerika n Rusia saya akui lebih hebat dari Indonesia. Otak bisnis mereka sudah dilatih dari kecil. Cara pendidikannya juga beda. Kalau di Indonesia dari kecil dilatihnya maen, dimanjain, ngaji, dsb. Di sana kalo anak ngga mau makan bakal didiamkan kelaparan, usia 17 wajib bisa mandiri. Rusia lebih parah, hampir orang2nya serius semua ga bisa senyum; tp mereka menganggap memang harusnya hidup itu serius. Dan alhasil kedua negara ini superpower.

      Eropa VS Indonesia
      Di Eropa, pajak disana dan harga bbm lebih tinggi dari Indonesia. Pajak digunakan untuk menghidupi mereka yg miskin dan tunawisma. Banyak warga Eropa mengeluhkan karena pajak mereka yg besar dipakai menghidupi para imigran. Orang Eropa efektif bekerja hanya pada musim panas, karena saat musim dingin itu bener2 dingin dan banyak yg libur berbulan2. Mereka menganggap Indonesia itu seperti surga lho, kaya akan apapun dan panas matahari selalu ada sepanjang tahun.

  15. Saya beberapa kali berbisnis dengan orang etnis C*** berujung mengecewakan, pekerjaan sudah dilakukan kesepakatan, deadline dikejar pokoknya service terbaik lah. Giliran ditagih pembayaran pura-pura gak dengar, pura2 ngilang, banyak alasan. pokoknya capek hati !

  16. Non-Muslim pintu bisnisnya banyak; bagi mereka semua bisnis hampir halal : miras OK, iklan seronok OK, busana sexy OK, ratu-ratuan OK, bisnis hiburan malam OK, Riba OK, BANK Konvensional OK, dan lain sebagainya. udah gitu waktunya bebas, bisa 24 jam berbisnis. Ibadahnya hanya seminggu sekali !!.. kalau kita khan MUSLIM beda ya! Sejatinya sih kita jauuuuuh lebih KAYA dari mereka. coba saja bayangkan , shalat sunnah FAJAR 2 rakaat balasannya lebih baik dari DUNIA dan seisinya! DAN masih banyak yang lainnya!! Inikan BERITA GHAIB yang kita perlu sangat PERCAYA sebagai orang islam! ini kan – shalat & ibadah lainnya – bentuk “BISNIS” kita kepada Allah yang insha ALlah akan kita tunai dalam bentuk KETENANGAN & KEBAHAGIAN HIDUP di DUNIA dan DI AKHIRAT ! ingat ya..Karena KEBAHAGIAAN itu tidak perlu kita menunggu menjadi ORANG KAYA RAYA Dulu ! Kenali ALLAH sebaik-baiknya, PASTI hidup kita akan BAHAGIA….

  17. nabi, para sahabat, syuhada, orang soleh kalau kaya bukan buat senang-senang.

    + mereka jalan buat cari ilmu
    + mereka makan buat cari lmu
    + mereka cari uang buat infak yang sangat besar

    kalau kita :
    + belajar ilmu biar gampang cari uang biar bisa jalan-jalan (tamasya)
    + belajar ilmu biara gampang cari uang biar bisa makan-makan enak

    kita sering tersesat jalan……

    padahal tidak kurang sebanak 17x minta sirotol ladziina an’amta ‘alaihim…(nabi/orang benar/syuhada/orang soleh) namun seringkalii kita engga faham apa yang kita ucapkan!!

SILAHKAN BERI TANGGAPAN mohon perhatikan kesopanan

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.