Home Keluarga Rumah Tangga Posisi Tidur Suami Istri sesuai Sunnah Nabi

Posisi Tidur Suami Istri sesuai Sunnah Nabi

104951
38
ilustrasi kamar tidur (viainterior.com)

Kita tentu paham bahwa posisi tidur yang sesuai sunnah Rasulullah adalah miring ke kanan. Itu jika kita tidur sendiri. Bagaimana jika suami tidur bersama istrinya, bagaimana posisi tidur yang sesuai sunnah Nabi?

“Ada yang tahu bagaimana posisi tidur suami istri yang sesuai sunnah Nabi?” tanya Ustazah Ida Nur Laila, Konsultan dan Trainer di Jogja Family Center (JFC), kepada peserta Talk Show Meraih Surga Bersama Keluarga, Ahad (12/4/2015).

Seorang peserta angkat tangan. Ia memberikan jawaban, tidurnya suami istri yang sesuai sunnah Nabi itu berwudhu dulu, berdoa dulu.

“Kalau posisinya bagaimana?” tanya istri Ustadz Cahyadi Takariawan itu memperjelas.

“E… miring ke kanan”

“Berpelukan,” jawab peserta yang lain.

“Kalau kita tidur sendiri, maka sunnahnya adalah miring ke kanan,” terang penulis buku Seri Materi Keakhwatan tersebut.

Sebagaimana diketahui, Rasulullah menerangkan sunnah tidur ini dalam sabdanya:

إِذَا أَتَيْتَ مَضْجَعَكَ فَتَوَضَأْ وُضُوءَكَ للصَلاةِ، ثُمَّ اضْطَّجِعْ على شِقِّكَ الأَيْمَنِ

“Jika engkau hendak menuju pembaringanmu, maka berwudhulah seperti engkau berwudhu untuk shalat, kemudian berbaringlahlah di rusukmu sebelah kanan…” (HR. Al Bukhari dan Muslim)

“Posisi tidur suami istri yang sesuai sunnah Nabi, suami istri tetap miring ke kanan. Sang istri ada di depan, sang suami ada di belakang sambil memeluk istrinya. Jadi keduanya dapat sunnah posisi tidur miring ke kanan,” terangnya.

“Nanti diprakekkan ya. Ingat, ini hanya khusus untuk suami istri,” lanjutnya diiringi tawa peserta.

Acara Talk Show ‘Meraih Surga Bersama Keluarga’ diselenggarakan oleh Komite Sekolah Al Ummah di aula Ainul Yaqin Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik. Pada acara yang diikuti 250 peserta itu, dijelaskan bagaimana kiat-kiat membangun keluarga harmonis sehingga bisa menjadi Wonderful Family yang berlimpah kebaikan di dunia dan di akhirat nanti dapat bersama-sama masuk surga. [Ibnu K/bersamadakwah]

SHARE

38 KOMENTAR

  1. Maaf om budi di baca lebih teliti lagi..
    Kerangan di atas menunjukan bahwa sang suami di belakang istri sambil memeluk istri..
    Bukan istri yg di belakang..

    Maaf om budi cuma memberitahu

    • Maaf Om Marianto di baca teliti lagi komen nya om budi…
      Om budi kan gak bilang klo istri di belakang suami…
      Bukannya menurut penjelasannya istri itu miring ke kanan didepan suami, berarti ya sama halnya membelakangi suami…
      Maaf om marianto cuma memberitahu

  2. Ane Ulang : suami istri tetap miring ke kanan, istri berada di depan suami ..
    Berarti istri membelakangi suami …
    Apa ngak salah ????

    • Comment: anda yg salah.. jika istri menghadap kekanan dan berada didepan suami.. sama dengan kekanan dibelakang istrri..

  3. Dalam dunia medis memang lebih baik tidur mengahadap kekanan, ya wajar klo suami istri sama2 menghadap kekanan demi kesehatan klo yang dibelakang itu istri yo masa yg meluk perempuannya. Jadi setuju suami diblkg istri dalan hal posisi tidur

  4. Sunnah kok di pertanyakan, sunnah itu diikuti. Ya gpp membelakangi suami tuk kesehatan, emang mau istri anda sakit dan anda sendiri sehat?

  5. malah di perdebatkan..aneh..klo merasa enjoy ya ikutin ..klo gk enjoy gk usah di ikutin..namanya jg sunah..
    gitu aja ko repot..
    istigfar..istigfar .istigfar.

  6. supaya aku lebih paham untuk menilai hadis,, boleh gak hadisnya di lengkapi dengan sanad dan matannya,,

    soalnya aku ga mengerti penjelasan di atas,, ? maaf aku cuman tanya saja ?

  7. Yg saya klo istri tdur membelakangi suami, maka sang suami berhak untuk tdk memberi nafkah sang istri, krn dlm tidur membelakangi sang suami. Cuma apakah dlm hal sang istri menolak berhubungan dgn suami ato tdk, itu yg saya lupa. Mohon tambahan admin

  8. Kalo menurut saya sih itu sah sah aja kok…karena saya jg mempraktekkan hal yg sama, miring ke kanan dua-duanya, dan alhasil tambah mesra aja tuh…kalo istri di blkg suami, ya masak istrinya yg meluk suami, kan filosofinya suami itu berkewajiban mlindungi istri dan memberi kenyamanan. Kalo saling berhadapan malah biasanya kayak jd sesak nafas, karena saling berhimpitan, kecuali kalo posisi bercinta, beda lagi critanya

  9. Mhn maaf … Mngkin yang dimaksud penulis… Posisi suami berada disamping kiri istri…jadi ketika suami dan istri sm2 tdr miring ke kanan… Posisi istri didepan suami dan suami memeluk istri dri blakang…akan trcpta posisi yg romantis..beda hal nya ketika suami dan istri sling memblakangi……syukron.

  10. Komentar berbeda itu wajar.Sy cenderung suami melindungi Istri biar gampang gitu. Sy setuju kata Novita lain urusan kalo suami istri saling membelakangi. Kenapa hayo…. Capek… bang seharian bebenah rumah sementara suami habis lembur kerjaan. ok silahkan komen.

  11. Jgn berdebat perkara agama kalau pemahaman kt tentang agama hanya sedikit…berdebat tentang perkara agama akan mengakibatkan kerasnya hati dan jauh dr petunjuk ALLAH SWT,,,tak ada sunnah yg membawa mudharat kecuali hanya mendatangkan manfaat dan kebaikan bagi setiap yg mengamalkannya….
    Hadist Rasulullah SAW “BARANG SIAPA YG MENGIKUTI SUNNAHKU,SUNGGUH IA MENCINTAIKU,DAN BARANG SIAPA YG MENCINTAIKU,MAKA IA AKAN BERSAMAKU DI DALAM SURGANYA ALLAH SWT”…insya ALLAH bermanfaat dan kt semua senantiasa dalam tuntunan dan ridho ALLAH SWT…amin ya Robbal alamin

  12. Ane sih ambil intinya aje gan Sholat subuh jgn ampe ketinggalan jgn cuma tidurnya yg diperdebatkan hehe pissss

  13. gitu aja kok repot…disini banyak yg gak paham maksud kata dan tulisan yg sdh begitu detailnya…komentator emang lbh pinter…

SILAHKAN BERI TANGGAPAN mohon perhatikan kesopanan

Please enter your comment!
Please enter your name here