Beranda Ilmu Islam Fiqih Pukul Berapa Waktu Terbaik Shalat Dhuha?

Pukul Berapa Waktu Terbaik Shalat Dhuha?

80
waktu shalat dhuha
ilustrasi shoalat dhuha (Pinterest)

Shalat dhuha memiliki banyak keutamaan. Siapa yang shalat dhuha dua rakaat sebanding dengan 360 sedekah. Siapa yang shalat dhuha empat rakaat, ia akan dicukupi rezeki hingga sore hari.

Tata cara sholat Dhuha telah dijelaskan sebelumnya. Lalu, pukul berapa waktu terbaik shalat dhuha?

Waktu shalat dhuha terbentang sejak matahari naik hingga condong ke barat. Artinya, di Indonesia, waktu shalat dhuha terbentang selama beberapa jam sejak 20 menit setelah matahari terbit hingga 15 menit sebelum masuk waktu dhuhur.

Adapun waktu terbaik shalat dhuha, sedikitnya ada dua hadits yang menyebutkannya:

أَنَّ زَيْدَ بْنَ أَرْقَمَ رَأَى قَوْمًا يُصَلُّونَ مِنَ الضُّحَى فَقَالَ أَمَا لَقَدْ عَلِمُوا أَنَّ الصَّلاَةَ فِى غَيْرِ هَذِهِ السَّاعَةِ أَفْضَلُ. إِنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ صَلاَةُ الأَوَّابِينَ حِينَ تَرْمَضُ الْفِصَالُ

Zaid bin Arqam melihat orang-orang melaksanakan shalat Dhuha (di awal pagi). Ia pun berkata, “Tidakkah mereka mengetahui bahwa shalat di selain waktu ini lebih utama. Sesungguhnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, ‘Shalat orang-orang awwabin (orang yang taat; kembali pada Allah) adalah ketika anak unta mulai kepanasan’” (HR. Muslim)

أَنَّ زَيْدَ بْنَ أَرْقَمَ رَأَى قَوْماً يُصَلُّونَ فِى مَسْجِدِ قُبَاءٍ مِنَ الضُّحَى فَقَالَ أَمَا لَقَدْ عَلِمُوا أَنَّ الصَّلاَةَ فِى غَيْرِ هَذِه السَّاعَةِ أَفْضَلُ إِنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ إِنَّ صَلاَةَ الأَوَّابِينَ حِينَ تَرْمَضُ الْفِصَالُ

Zaid bin Arqam melihat orang-orang melaksanakan shalat Dhuha di masjid Quba. Ia lantas mengatakan, “Tidakkah mereka mengetahui bahwa shalat di selain waktu ini lebih utama. Sesungguhnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, ‘Shalat orang-orang awwabin adalah ketika anak unta mulai kepanasan’” (HR. Ahmad dan Baihaqi)

Dalam Fikih Manhaji Imam Syafi’i dijelaskan bahwa waktu terbaik itu ditandai dengan padang pasir terasa panas dan anak unta beranjak.

Baca tulisan tentang shalat dhuha lainnya:

Syaikh Musthafa Al Bugha dan empat ulama lainnya dalam Nuzhatul Muttaqin menjelaskan: “Waktu shalat dhuha dimulai sejak matahari beranjak tinggi sampai matahari mendekati posisi tengah. Tapi, yang paling utama adalah saat matahari meninggi dan sudah terasa panas.”

Pukul berapakah yang dimaksud? Berdasarkan penjelasan itu, waktu terbaik shalat Dhuha adalah sekitar pukul 9 WIB untuk DKI Jakarta, pukul 8.30 WIB untuk Surabaya. Sedangkan daerah lainnya menyesuaikan, bisa melihat jadwal shalat yang telah banyak tersedia baik cetak maupun online.

Wallahu a’lam bish shawab. [Muchlisin BK/bersamadakwah]

80 KOMENTAR

  1. kalo di palembang jam berapa?
    soalny sy sering jam 7 lewat udah sholat dhuha gitu 🙂 …
    nahh brati sy salah donk 🙁 ..

    tp, sy prnah dgn tausyah kalo sholat dhuha udah bsa dmulai jam 7 🙁 … Kasih jadwal sholatnya , plis!! syukron!!!

  2. kalau orang bekerja dan hanya punya waktu istirahat jam 12, terus Dhuha dilakukan sebelum kerja jam 06.50, gimana hukumnya ya?, Mohon infonya, mksh

  3. waktu 9 pagi di Jakarta itu lebih utama sedangkan selain di waktu itu tidak mengapa asal sesuai ketentuan rentang waktu dhuha..

    Jika salah mohon diperbaiki penjelasan singkat saya 🙂

  4. Setau saya islam adalah agama yang memudahkan umatnya untuk beribadah. menurut saya jika kita memiliki waktu pukul 7.00 untuk shalat dhuha ya laksanakan, kan kalau jam 9 adalah waktu terbaik , bukan berarti waktu selain jam 9 tidak baik kan ? akan lebih tidak baik lagi apabila kita tidak meluangkan waktu untuk shalat dhuha meskipun ibadah sunnah. semoga bermanfaat 🙂

  5. saya biasa m’gunakan aplikasi waktu adzan yg menunjukkan kapan waktu terbit matahari melalui smartphone, klw waktu terbit matahari hari jam 6.21 d’tambah 15 menit sesuai dgn p’jelasan d’ats b’arti 6.36 saya shalat dhuha’y..

  6. kalo sholat duha dilaksanakan jm 11 mendekati sholat dzuhuur boleh atau tidak . kan seperti yang dijlaskan sholat duha dilaksanakan ketika matahari terbiy sampai sblum dzuhur.

  7. berita seperti ini yg ahrus sering di ekspos…biar seluruh muslim pada ingat akan hak dan kewajiban…..tidak sebaliknya…….terimakasih sangat2 bermanfaata salam

  8. aslm wrwb,alhamdullilah media dumay tidak selamamya negatif,bisa berbagi ilmu/share moga berkah ilmu yg disampaikan(shalat duha)Amiiin

  9. Komentar:
    Setuju dengan kang Mahendra, Islam adalah agama yg tidak mempersulit umatnya untuk melaksanakan ibadah selama itu tidak melenceng dari syariat agama islam yang diajarkan.

  10. Sejak 2 tahun lalu saya mengerti keutamaan sholat dhuha dan berusaha untuk selalu mengerjakannya sebelum memulai pekerjaan di kantor,hati jadi tenang ..alhamdulilah..

  11. Jadi kalau sekitar pukul 7 tidak apa2 kan? sebelum pergi kerja maksud saya, karena saya pergi kerja pukul 8,dan kalau dikantor saya hanya kurang yakin dengan kebersihan air kamar mandinya jika dipakai wudhu.

  12. yg tinggal di negara sub tropis?
    musim dingin kan ngga ada panas….ya tinggal dilihat kebiasaan jika ada panas itu jam berapa, tinggal disesuaikan saja….gak susah dan gak nyusahin kan….

  13. dari sekian banyak artikel di sosmed.kita tergerak membaca ini.artinya allah membantu kita untuk kembali ke jalan nya..masih ingat akan ada nya allah.saya hamba yg sedang dalam kesulitan tenang rasanya baca artikel semua ini dan komentar saudara se iman.semoga manfaat dan kita menjadi jauh lebih baik.amin.

  14. Yang sy dengar dr beberapa ustadz, tidak mengapa justru kita lebih baik menjalan kan solat sunnah, sperti solat sunnah rawatib dhuha dll karna itu akan menutupi solat2 kita yg bolong. Tapi tentu saja bukan berarti kita jd meninggalkan solat fardu ya..

  15. adanya BUAH disebabkan karena adanya POHON begitu juga masalah Sholat..
    pahala sholat sunah akan sia-sia dengan meninggal Sholat yang Wajib.
    ilustrasinya meninggalkan sekali solat wajib bolongnya seperti lapangan bola..
    ditambal dengan sholat sunah dengan tambalannya seperti bola di lapangan.

    • na’am ..sebab ummat islam sejati itu selalu mengerjakan perkara yang sunnah karena mereka tau jika perkara sunnah dikerjakan dapat pahala, sedang jika tak dikerjakan maka akan merugi. kemudian perkara sunnah juga sebagai pelengkap perkara wajib yang mana bisa jadi saat kita mengerjakan sesuatu yang wajib belum sempurna, maka akan disempurnakan dengan perkara sunnah tadi

  16. Yang melaksanakan jam 07 baguss, Yang melaaksanakanjam 09 jg baik… Pokonya sampe jam 10.30.. itu waktu utamanya…. Ada yng lebih afdhol lg Sholat dhuha rakaat1 bacaan nya Alfatihah 10 x suratnya Ayat Qursi 10x. ke2. Alfatihah 10x suratnya At takasyur 10x. Rakaat ke 3 Alfatiha 10x surat nya Al Falaq dan Al Ikhlas 10x. terakhir Alfatihah 10x suratnya An Nas 10.x . Tiap Ruku dan Sujud baca TASBIH NYA 10, 10…. MAlalikay akan menjaga dr pg hingga sore adrta keberkahan yg melimpah. In Syaa Allah……

  17. Mksih, mau tnya ni.
    Tadi pagi mau sholat duha jam stngh 8 trus ada tmn blng blm boleh, kata.x ada waktu pagi yg dimna kita gak boleh sholat. Jdi wktu.x itu kpn ya??

    • Mbak Liani tinggal di daerah mana? Waktu sholat dhuha dimulai sejak matahari meninggi (kira-kira 15 atau 20 menit setelah matahari terbit). Jika di daerah Mbak Liani terbit pukul 07:00, maka jam 07:20 sudah boleh sholat dhuha. Wallahu a’lam bish shawab.

  18. Terima kasih atas penyampaiannya untuk waktu yang lebih baik melaksanakan Sholat Dhuha dari segala aktifitas di dunia, dari Sholat Dhuha Allah telah memberikan janjinya, agar kita tau Allah maha segalanya dibanding apa yang kita inginkan di dunia.

  19. ya allah saya berdosa dong krn sholat duhaa saya kerjakan selalu jam 6 soalnya jam setenah 7 sudah berangkat kerja istirahat jam 12 siang apa saya salah mengerjakan duhaa jam 6

    • jika belum mengetahui hukumnya. maka tak mengapa. tetapi setelah sudah tau waktu kapan saja dilakukan maka laksanakanlah, selain itu waktu kita laksanakaan tidak lama juga kok. hanya lima menit dan saya rasa kerjaan bukanlah alasan yang baik untuk jadi penyebab kita laksanakan sholat dhuha dengan waktu awal,

  20. Maaf ya sobat..
    Mgkin anda perlu belajar dulu dan memahami waktu sholat duha.. Yg pada umumnya adalah setelah matahari terbit ditambah 15mnit insya Allah kurg lbih..
    Sampai sebelum dhuhur dikurangi 15mnt. Insya Allah..

  21. selamat pagi para saudara semua.. untuk di jakarta
    saya selalu melakukan shalat duha pukul 07.58 apakah salah?
    MOHON PENJELASANNYA
    TERIMAKASIH

    WASALAM

SILAHKAN BERI TANGGAPAN mohon perhatikan kesopanan

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.