Beranda Dasar Islam Aqidah Arti Ar Rahim dan Contoh Pengamalan dalam Kehidupan Sehari-Hari

Arti Ar Rahim dan Contoh Pengamalan dalam Kehidupan Sehari-Hari

0
ar rahim

Salah satu asmaul husna adalah Ar Rahim. Apa dalil dan artinya, apa bedanya dengan Ar Rahman? Serta bagaimana contoh pengamalan Ar Rahim dalam kehidupan sehari-hari?

Ar Rahim Artinya Maha Penyayang

Ar Rahim (الرحيم) artinya Maha Penyayang. Allah Subhanahu wa Ta’ala mempunyai kasih sayang yang sangat mendalam untuk hamba-hamba-Nya yang beriman.

Asmaul husna kedua ini menunjukkan kasih sayang Allah secara khusus. Menurut Syekh Ali Jum’ah dalam Akidah Ahlus Sunnah wal Jama’ah, ar-rahim adalah bagian dari sifat dzat-Nya sekaligus bagian dari sifat perbuatan-Nya.

Bedanya dengan Ar-Rahman, Ar-Rahman adalah kasih sayang Allah untuk seluruh makhluk-Nya di dunia sedangkan Ar-Rahim adalah kasih sayang Allah untuk hamba-hamba-Nya yang beriman di akhirat nanti.

Perbandingan rahmat Allah antara asmaul husna Ar-Rahman dan Ar-Rahim ini mencapai 1 berbanding 99. Rahmat yang Allah berikan kepada seluruh makhluk termasuk manusia, jin, binatang, dan tumbuhan di dunia ini seluruhnya hanya satu bagian. Sedangkan 99 bagian lainnya akan Allah berikan kepada hamba-hamba-Nya yang beriman di akhirat kelak.

إِنَّ لِلَّهِ مِائَةَ رَحْمَةٍ أَنْزَلَ مِنْهَا رَحْمَةً وَاحِدَةً بَيْنَ الْجِنِّ وَالإِنْسِ وَالْبَهَائِمِ وَالْهَوَامِّ فَبِهَا يَتَعَاطَفُونَ وَبِهَا يَتَرَاحَمُونَ وَبِهَا تَعْطِفُ الْوَحْشُ عَلَى وَلَدِهَا وَأَخَّرَ اللَّهُ تِسْعًا وَتِسْعِينَ رَحْمَةً يَرْحَمُ بِهَا عِبَادَهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ

Sesungguhnya Allah memiliki 100 rahmat. Satu rahmat di antaranya Dia turunkan kepada jin, manusia, hewan, dan tumbuhan. Dengan rahmat itulah mereka saling berbelas kasih dan menyayangi. Dengannya pula binatang liar mengasihi anaknya. Dan Allah mengakhirkan 99 rahmat untuk Dia curahkan kepada hamba-hamba-Nya pada hari kiamat. (HR. Muslim)

Baca juga: Al Hakim Artinya dan Contohnya

Dalil Asmaul Husna Ar Rahim

Dalil asmaul husna Ar Rahim dalam Al-Qur’an sangat banyak. Umumnya, bergandengan dengan Ar-Rahman. Di setiap awal surat selalu ada nama ini dalam basmalah, kecuali Surat At Taubah.

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. (QS. Al Fatihah: 1)

Basmalah yang di dalamnya ada Ar-Rahman dan Ar-Rahim ini juga merupakan kalimat thayyibah yang paling sering kita baca karena sunnah membacanya dalam mengawali segala aktivitas kebaikan.

وَإِلَهُكُمْ إِلَهٌ وَاحِدٌ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الرَّحْمَنُ الرَّحِيمُ

Dan Tuhanmu adalah Tuhan Yang Maha Esa; tidak ada Tuhan melainkan Dia Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. (QS. Al Baqarah: 163)

هُوَ الَّذِي يُصَلِّي عَلَيْكُمْ وَمَلَائِكَتُهُ لِيُخْرِجَكُمْ مِنَ الظُّلُمَاتِ إِلَى النُّورِ وَكَانَ بِالْمُؤْمِنِينَ رَحِيمًا

Dialah yang memberi rahmat kepadamu dan malaikat-Nya (memohonkan ampunan untukmu), supaya Dia mengeluarkan kamu dari kegelapan kepada cahaya (yang terang). Dan adalah Dia Maha Penyayang kepada orang-orang yang beriman. (QS. Al Ahzab: 43)

Baca juga: Contoh Perilaku Terpuji Al Malik

Contoh Meneladani Ar Rahim dalam Kehidupan Sehari-hari

Ibnu Katsir menjelaskan dalam Tafsirnya bahwa nama Ar-Rahman hanya khusus bagi Allah Subhanahu wa Ta’ala semata, tiada selain-Nya yang berhak menyandang nama ini.

Berbeda dengan Ar-Rahman yang manusia takkan bisa memiliki sifat tersebut, manusia lebih mudah mengamalkan Ar-Rahim. Sebab, Ar-Rahim adalah kasih sayang kepada orang-orang tertentu, khususnya orang-orang yang baik.

Allah Subhanahu wa Ta’ala mensifati Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dengan Ar-Rahim sebagaimana firman-Nya:

لَقَدْ جَاءَكُمْ رَسُولٌ مِنْ أَنْفُسِكُمْ عَزِيزٌ عَلَيْهِ مَا عَنِتُّمْ حَرِيصٌ عَلَيْكُمْ بِالْمُؤْمِنِينَ رَءُوفٌ رَحِيمٌ

Sungguh telah datang kepadamu seorang rasul dari kaummu sendiri, berat terasa olehnya penderitaanmu, sangat menginginkan (keimanan dan keselamatan) bagimu, amat belas kasih lagi penyayang terhadap orang-orang mukmin. (QS. At Taubah: 128)

Lalu bagaimana kita mengamalkan asmaul husna Ar-Rahim dalam kehidupan sehari-hari? Berikut ini contoh pengamalan Ar Rahim:

  1. Mencintai sesama muslim
  2. Mencintai saudara seiman sebagaimana mencintai diri sendiri
  3. Menyayangi keluarga
  4. Menyayangi kerabat, teman, dan tetangga
  5. Suka membantu, terutama jika ada kerabat atau teman yang membutuhkan bantuan
  6. Suka menolong kerabat, teman, dan tetangga yang membutuhkan pertolongan
  7. Menyambung silaturahmi kepada kerabat dan teman
  8. Selalu berpikir positif kepada sesama muslim
  9. Suka memaafkan
  10. Tidak hasad kepada sesama muslim

Demikian asmaul husna Ar Rahim, mulai dari artinya hingga contoh pengamalan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat dan membuat kita memiliki sifat penyayang kepada umat. Wallahu a’lam bish shawab. [Muchlisin BK/BersamaDakwah]

SILAKAN BERI TANGGAPAN

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini