Home Tazkiyah Doa Doa Sholat Tahajud yang Diajarkan Rasulullah

Doa Sholat Tahajud yang Diajarkan Rasulullah

9216
4
doa sholat tahajud
ilustrasi doa sholat tahajud (imgrum.org)

Sholat tahajud adalah sholat sunnah yang paling utama. Selain itu, doa sholat tahajud juga mustajabah. Bagaimana doa sholat tahajud yang dicontohkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam? Berikut ini pembahasannya.

Waktu Sholat Tahajud

Sholat tahajud adalah shalat sunnah yang dikerjakan di sebagian waktu malam, diawali dengan tidur terlebih dulu. Waktunya terbentang setelah isya’ hingga sebelum Subuh. Dan waktu paling utamanya adalah di sepertiga malam yang terakhir.

Keutamaan Sholat Tahajud

1. Siapa yang ahli ahli tahajud akan diangkat Allah ke tempat/kedudukan terpuji sebagaimana firman-Nya dalam surat Al Isra’ ayat 79.

2. Kunci masuk surga. Sebagaimana sabda Nabi dalam riwayat Tirmidzi, “Sebarkanlah salam, berilah makan (orang-orang yang membutuhkan), sambungkanlah silaturrahim, dan shalatlah pada malam hari ketika orang lain sedang tidur; niscaya kalian akan masuk surga dengan selamat.”

3. Sholat sunnah yang paling utama. Sebagaimana sabda Rasulullah dalam riwayat An Nasa’i, “Sholat yang paling afdhol setelah sholat fardhu adalah sholat malam.”

4. Selain mendapatkan kedudukan mulia di akhirat kelak, orang-orang yang ahli tahajud juga akan mendapatkan kedudukan yang mulia di dunia. Allah akan memberinya kemuliaan dan kewibawaan.

5. Doanya dikabulkan Allah. Apalagi jika ia melakukannya di sepertiga malam yang terakhir.

6. Sholat tahajud merupakan kebiasaan orang-orang shalih terdahulu. Maka siapa yang saat ini senantiasa mengerjakannya, maka ia pun tercatat sebagai orang-orang yang shalih sebagaimana mereka.

7. Penghapus dan pencegah dosa.

Pembahasan lebih lengkap mengenai keutamaan dan tata cara sholat tahajud bisa dibaca di artikel sholat tahajud

Keutamaan Doa

Doa adalah perintah Allah

Doa adalah perintah Allah Subhanahu wa Ta’ala. Dia memerintahkan hamba-Nya untuk berdoa. Adapun orang yang tidak mau berdoa, ia termasuk orang yang sombong.

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

Dan Tuhanmu berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina” (QS. Al Mu’min: 60)

Doa adalah ibadah

Doa adalah ibadah kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Sebagaimana sabda Nabi:

الدُّعَاءُ هُوَ الْعِبَادَةُ

Doa itu adalah ibadah (HR. Tirmidzi, Abu Daud, Ibnu Majah dan Ahmad)

Ibnu Taimiyah rahimahullah dalam Tazkiyatun Nafs menjelaskan surat Al Baqarah ayat 186 bahwa ayat tersebut mengandung dua makna. Pertama, Allah memberi apa yang diminta oleh hambaNya dalam doa. Kedua, Allah memberi pahala atas doa dan ibadah hambaNya.

Allah mengabulkan doa hambaNya

Sebagaimana surat Al Mu’min di atas, dan juga firman-Nya:

أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ

Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepadaKu (QS. Al Baqarah: 186)

Allah memuliakan doa

Allah sangat memuliakan doa melebihi apa pun. Rasulullah bersabda:

لَيْسَ شَىْءٌ أَكْرَمَ عَلَى اللَّهِ تَعَالَى مِنَ الدُّعَاءِ

Tidak ada sesuatu yang lebih dimuliakan Allah Ta’ala daripada doa (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Doa bisa mengubah qadha’

Takdir ketentuan Allah (qadha’) tidak bisa diubah kecuali dengan doa. Sebagaimana sabda Rasulullah:

لاَ يَرُدُّ الْقَضَاءَ إِلاَّ الدُّعَاءُ وَلاَ يَزِيدُ فِى الْعُمُرِ إِلاَّ الْبِرُّ

Tidak ada yang bisa menolak qadha kecuali doa dan tidak ada yang bisa menambah umur kecuali perbuatan baik (HR. Tirmidzi)

Keutamaan Doa Sholat Tahajud

Seperti dijelaskan di awal pada bagian keutamaan sholat tahajud, doa orang yang sholat tajahud akan dikabulkan Allah. Apalagi jika waktu tahajudnya di sepertiga malam terakhir. Sebab waktu ini adalah waktu yang paling mustajabah untuk berdoa.

يَتَنَزَّلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الآخِرُ فَيَقُولُ مَنْ يَدْعُونِى فَأَسْتَجِيبَ لَهُ ، مَنْ يَسْأَلُنِى فَأُعْطِيَهُ ، مَنْ يَسْتَغْفِرُنِى فَأَغْفِرَ لَهُ

Rabb kita Tabaraka wa Ta’ala turun ke langit dunia pada setiap malam yaitu ketika sepertiga malam terakhir, (lalu) Dia berfirman, “Barang siapa berdoa kepada-Ku, niscaya akan Aku kabulkan, barang siapa meminta kepada-Ku, niscaya akan Aku berikan, dan barang siapa memohon ampun kepada-Ku, niscaya akan Aku ampuni.” (Muttafaq ‘alaih)

Jadi, selain keutamaan doa secara umum, doa sholat tahajud memiliki keutamaan khusus ini.

Doa Sholat Tahajud

Bagaimana doa sholat tahajud yang dicontohkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam?

Pertama, dari riwayat Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhu:

اَللّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ نُوْرُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ قَيِّمُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ رَبُّ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، أَنْتَ الْحَقُّ، وَوَعْدُكَ الْحَقُّ، وَقَوْلُكَ الْحَقُّ، وَلِقَاؤُكَ الْحَقُّ، وَالْجَنَّةُ حَقٌّ، وَالنَّارُ حَقٌّ، وَالسَّاعَةُ حَقٌّ،

اَللّهُمَّ لَكَ أَسْلَمْتُ، وَبِكَ آمَنْتُ، وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ، وَإِلَيْكَ أَنَبْتُ، وَبِكَ خَاصَمْتُ، وَإِلَيْكَ حَاكَمْتُ. فَاغْفِرْ لِيْ مَا قَدَّمْتُ وَمَا أَخَّرْتُ، وَمَا أَسْرَرْتُ وَمَا أَعْلَنْتُ، أَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَأَنْتَ الْمُؤَخِّرُ، أَنْتَ إِلٰهِيْ لاَ إِلٰهَ إِلاَّ أَنْتَ

Ya Allah, hanya milik-Mu segala puji, Engkau cahaya langit dan bumi serta siapa saja yang ada di sana. Hanya milikMu segala puji, Engkau yang mengatur langit dan bumi serta siapa saja yang ada di sana. Hanya milikMu segala puji, Engkau pencipta langit dan bumi serta siapa saja yang ada di sana. Engkau Maha benar, janji-Mu benar, firman-Mu benar, pertemuan dengan-Mu benar. Surga itu benar, neraka itu benar, dan kiamat itu benar.

Ya Allah, hanya kepada-Mu aku pasrah diri, hanya kepada-Mu aku beriman, hanya kepada-Mu aku bertawakkal, hanya kepada-Mu aku bertaubat, hanya dengan petunjuk-Mu aku berdebat, hanya kepada-Mu aku memohon keputusan, karena itu, ampunilah aku atas dosaku yang telah lewat dan yang akan datang, yang kulakukan sembunyi-sembunyi maupun yang kulakukan terang-terangan. Engkau yang paling awal dan yang paling akhir. Engkau Tuhanku. Tiada tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau. (HR. Muslim, Ibnu Majah dan Ahmad)

Kedua, dari riwayat Aisyah radhiyallahu ‘anha:

اللَّهُمَّ رَبَّ جِبْرِيلَ وَمِيكَائِيلَ وَإِسْرَافِيلَ فَاطِرَ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِ عَالِمَ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ أَنْتَ تَحْكُمُ بَيْنَ عِبَادِكَ فِيمَا كَانُوا فِيهِ يَخْتَلِفُونَ، اهْدِنِي لِمَا اخْتُلِفَ فِيهِ مِنَ الْحَقِّ بِإِذْنِكَ إِنَّكَ أَنْتَ تَهْدِي مَنْ تَشَاءُ إِلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِيمٍ

Ya Allah, Tuhannya Jibril, Mikail, dan Israfil. Pencipta langit dan bumi. Yang mengetahui yang gaib dan yang nampak. Engkau yang memutuskan diantara hamba-Mu terhadap apa yang mereka perselisihkan. Berilah petunjuk kepadaku untuk menggapai kebenaran yang diperselisihan dengan izin-Mu. Sesungguhnya Engkau memberi petunjuk kepada siapa saja yang Engkau kehendaki menuju jalan yang lurus. (HR. Muslim, Tirmidzi dan Abu Daud)

Doa tersebut dibaca Rasulullah saat mengawali sholat tahajud, yakni dibaca sebagai doa iftitah.

Bagaimana dengan doa lainnya? Tentu saja diperbolehkan. Khususnya setelah selesai sholat tahajud, setiap muslim dipersilakan untuk memperbanyak doa baik untuk kebaikan dunia maupun kebaikan akhirat. Seperti dijelaskan di atas, doa pada sepertiga malam terakhir dikabulkan Allah demikian pula permintaan akan dipenuhi, permohonan ampun akan diampuni dan taubat akan diterima. Wallahu a’lam bish shawab. [Muchlisin BK/BersamaDakwah]

Maraji’:

  • Fiqih Sunnah karya Sayyid Sabiq
  • Fiqih Islam wa Adillatuhu karya Prof. Dr. Wahbah Az Zuhaili
  • Tazkiyatun Nafs karya Ibnu Taimiyah
  • Al Adzkar karya Imam Nawawi
  • Doa & Dzikir Sehari-Hari Menurut Al Qur’an dan Sunnah karya Abduh Zulfidar Akaha

4 KOMENTAR

  1. Doa sholat tahajud yang pertama panjang sekali. Perlu waktu lama nih kalo mau menghafalnya. Btw, artinya bagus sekali. Makasih

  2. bolehkah sholat tahajud dikerjakan berjamaah suami istri dan setelah sholat, suami sebagai imam memimpin doa dengan diamini istri?

SILAHKAN BERI TANGGAPAN mohon perhatikan kesopanan

Please enter your comment!
Please enter your name here