Beranda Ilmu Islam Fiqih Niat Shalat Istikharah, Doa, Bacaan, Tata Cara dan Hasilnya

Niat Shalat Istikharah, Doa, Bacaan, Tata Cara dan Hasilnya

52
ilustrasi shalat istikharah (parhlo)

Shalat istikharah adalah shalat sunnah dalam rangka meminta petunjuk dan keberkahan kepada Allah. Bagaimana tata cara, niat shalat istikharah, doa, bacaan dan jawaban alias hasilnya? Berikut ini pembahasannya.

Dalam Fiqih Empat Madzhab, Syaikh Abdurrahman Al Juzairi menjelaskan, disunnahkan bagi setiap muslim untuk melakukan dua rakaat shalat istikharah saat hendak menentukan sesuatu. Terutama saat bimbang atau ragu ketika menentukan pilihan.

Syaikh Musthafa Al Bugha dalam Fiqih Manhaji mengatakan, shalat istikharah disunnahkan bagi seseorang yang mengharapkan suatu hal yang dibolehkan, tapi ia tidak tahu apakah itu baik baginya. Sedangkan Sayyid Sabiq dalam Fiqih Sunnah menerangkan, shalat ini disunnahkan ketika seseorang menghadapi suatu permasalahan sedangkan ia ragu-ragu mana yang terbaik.

Tata Cara Shalat Istikharah

Jadi masalah apa pun asalkan bukan perkara haram, disyariatkan untuk mengerjakan shalat sunnah ini dalam rangka minta petunjuk kepada Allah mana yang terbaik. Bukan hanya pilihan jodoh dan pekerjaan, meskipun dua hal ini yang paling populer.

Sayyid Sabiq menjelaskan, shalat istikharah boleh berupa shalat sunnah apa saja. Baik shalat sunnah rawatib, shalat sunnah tahiyatul masjid, maupun shalat sunnah lainnya. Yang penting, setelah shalat sunnah dua rakaat, ia berdoa kepada Allah dengan doa istikharah.

Hal ini sebagaimana hadits dalam Shahih Bukhari:

عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ رضى الله عنهما قَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم يُعَلِّمُنَا الاِسْتِخَارَةَ فِى الأُمُورِ كَمَا يُعَلِّمُنَا السُّورَةَ مِنَ الْقُرْآنِ يَقُولُ إِذَا هَمَّ أَحَدُكُمْ بِالأَمْرِ فَلْيَرْكَعْ رَكْعَتَيْنِ مِنْ غَيْرِ الْفَرِيضَةِ ثُمَّ لِيَقُلِ اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْتَخِيرُكَ بِعِلْمِكَ

Dari Jabir bin Abdullah radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mengajarkan kami cara mengerjakan shalat istikharah dalam segala urusan, sebagaimana beliau mengajarkan kami Surat Al Qur’an. Beliau bersabda: “Jika salah seorang di antara kalian hendak melakukan sesuatu, hendaklah terlebih dahulu mengerjakan shalat dua rakaat selain shalat fardlu, lalu berdoa: Ya Allah, sesungguhnya aku memohon pilihan kepada-Mu dengan ilmu-Mu… (dan seterusnya)…”

Berikut ini tata cara shalat istikharah secara praktis:

  • Niat shalat istikharah
  • Takbiratul ihram, diikuti dengan doa iftitah
  • Membaca surat Al Fatihah
  • Membaca surat dari Al Qur’an, diutamakan Surat Al Kafirun
  • Ruku’ dengan tuma’ninah
  • I’tidal dengan tuma’ninah
  • Sujud dengan tuma’ninah
  • Duduk di antara dua sujud dengan tuma’ninah
  • Sujud kedua dengan tuma’ninah
  • Berdiri lagi untuk menunaikan rakaat kedua
  • Membaca surat Al Fatihah
  • Membaca surat dari Al Qur’an, diutamakan Surat Al Ikhlas
  • Ruku’ dengan tuma’ninah
  • I’tidal dengan tuma’ninah
  • Sujud dengan tuma’ninah
  • Duduk di antara dua sujud dengan tuma’ninah
  • Sujud kedua dengan tuma’ninah
  • Tahiyat akhir dengan tuma’ninah
  • Salam

Lalu membaca doa istikharah yang telah diajarkan oleh Rasulullah. Syaikh Wahbah Az Zuhaili menjelaskan, disunnahkan sebelum dan sesudah doa tersebut untuk membaca hamdalah dan sholawat Nabi.

Niat Shalat Istikharah

Seluruh ulama sepakat bahwa niat tempatnya di hati. “Untuk keabsahan shalat, niat harus diiringi dengan takbiratul ihram,” terang Syaikh Mushtafa Al Bugha dalam Fiqih Manhaji, “Caranya, hati harus awas bahwa akan mengerjakan shalat ketika melafadzkan takbir, sembari mengingat shalat apa dan fardlu atau sunnah. Dalam hal ini tidak disyaratkan melafadzkan niat secara lisan.”

Seperti dijelaskan di atas, menurut Sayyid Sabiq, shalat sunnah apa pun yang dua rakaat bisa menjadi shalat istikharah. Baik shalat itu di siang hari maupun di malam hari. Asalkan, setelah selesai shalat berdoa dengan doa shalat istikharah yang diajarkan Rasulullah di atas.

Adapun jika shalatnya khusus diniati istikharah dan merasa perlu melafadzkannya, berikut ini lafadz niat shalat istikharah:

أُصَلِّيْ سُنَّةَ الاِسْتِخَارَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

(Ushollii sunnatal istikhooroti rok’ataini lillaahi ta’aalaa)

Artinya: Aku niat shalat sunnah istikharah dua raka’at karena Allah Ta’ala

niat shalat istikharah

Baca juga: Sholat Dhuha

Bacaan Shalat Istikharah

Menurut Sayyid Sabiq, tidak ada bacaan surat khusus dalam shalat ini. Setelah membaca surat Al Fatihah, boleh membaca surat apa pun.

Namun menurut Syaikh Wahbah az Zuhaili dalam Fiqih Islam wa Adillatuhu, disunnahkan membaca surat Al Kafirun setelah membaca surat Al Fatihah pada rakaat pertama dan disunnahkan membaca surat Al Ikhlas setelah membaca surat Al Fatihah pada rakaat kedua.

Sedangkan bacaan untuk tiap gerakan shalat bisa dibaca di artikel Bacaan Sholat.

Doa Istikharah

Berikut ini doa istikharah sebagaimana diriwayatkan Imam Bukhari dari Jabir bin Abdullah. Juga disertakan tulisan latin dan artinya dalam bahasa Indonesia.

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْتَخِيرُكَ بِعِلْمِكَ وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ ، وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيمِ ، فَإِنَّكَ تَقْدِرُ وَلاَ أَقْدِرُ وَتَعْلَمُ وَلاَ أَعْلَمُ وَأَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوبِ

اللَّهُمَّ إِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا الأَمْرَ خَيْرٌ لِى فِى دِينِى وَمَعَاشِى وَعَاقِبَةِ أَمْرِى فَاقْدُرْهُ لِى وَيَسِّرْهُ لِى ثُمَّ بَارِكْ لِى فِيهِ

وَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا الأَمْرَ شَرٌّ لِى فِى دِينِى وَمَعَاشِى وَعَاقِبَةِ أَمْرِى فَاصْرِفْهُ عَنِّى وَاصْرِفْنِى عَنْهُ ، وَاقْدُرْ لِى الْخَيْرَ حَيْثُ كَانَ ثُمَّ أَرْضِنِى

doa istikharah

1. Tulisan Latin Doa Istikharah

Alloohumma innii astakhiiruka bi’ilmika wa astaqdiruka biqudrotik, wa as-aluka min fadhlikal adhiim, fa innaka taqdiru wa laa aqdiru wa ta’lamu wa laa a’lamu wa anta ‘alaamul ghuyuub.

Alloohumma in kunta ta’lamu anna haadzal amro khoirun lii fii diinii wa ma’aasyii wa ‘aaqibati amrii faqdurhu lii wayassirhu lii tsumma baariklii fiih.

Wa in kunta ta’lamu anna haadzal amro syarrun lii fii diinii wa ma’aasyii wa ‘aaqibati amrii fashrifhu ‘annii washrifnii ‘anhu waqdur lil khoiro haitsu kaana tsumma ardlinii.

2. Arti Doa Istikharah

Ya Allah, sesungguhnya aku memohon pilihan kepada-Mu dengan ilmu-Mu, aku memohon kekuasaan-Mu (untuk menyelesaikan urusanku) dengan kodrat-Mu, dan aku memohon kepada-Mu sebagian karunia-Mu yang agung, karena sesungguhnya Engkau Mahakuasa sedangkan aku tidak berkuasa, Engkau Mahatahu sedangkan aku tidak tahu, dan Engkau Maha Mengetahui perkara yang gaib.

Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa urusan ini baik untukku, dalam agamaku, kehidupanku, dan akibatnya bagiku, maka takdirkanlah dan mudahkanlah urusan ini bagiku, kemudian berkahilah aku dalam urusan ini.

Dan jika Engkau mengetahui bahwa urusan ini buruk untuk diriku, dalam agamaku, kehidupanku, dan akibatnya bagiku, maka jauhkanlah urusan ini dariku, dan jauhkanlah aku dari urusan ini, dan takdirkanlah kebaikan untukku di mana pun, kemudian jadikanlah aku ridha menerimanya.

Baca juga: Sholat Tahajud

Shalat Istikharah Jodoh

Seperti di bagian awal pembahasan, istikharah merupakan shalat sunnah dalam rangka meminta petunjuk kebaikan kepada Allah dalam perkara mubah yang tidak diketahui atau meminta dipilihkan yang terbaik dari dua pilihan mubah. Termasuk dalam jodoh.

Caranya, lakukan shalat istikharah dua rakaat kemudian membaca doa di atas sembari memohon dipilihkan jodoh terbaik. Jika ada dua calon istri, saat membaca doa, maksudkan memohon petunjuk kepada Allah mana yang terbaik di antara dua calon tersebut. (Baca tulisan sebelumnya di KeluargaCinta)

Demikian pula ketika memohon petunjuk dalam hal lain. Misal memilih dua pekerjaan. Maka saat berdoa dengan doa istikharah, maksudkan dalam hati memohon petunjuk Allah mana yang terbaik di antara dua pilihan pekerjaan itu.

Pun saat memilih jurusan kuliah, misalnya. Saat berdoa dengan doa istikharah, maksudkan dalam hati memohon petunjuk Allah mana yang terbaik di antara dua pilihan jurusan tersebut.

Hasil Istikharah dan Keutamaan

Bagaimana mengetahui hasil istikharah bahwa kita dibimbing memilih A bukan B atau sebaliknya? Tidak seperti persangkaan sebagian orang bahwa jawaban shalat istikharah dikirim Allah dalam bentuk mimpi, sesungguhnya hasil istikharah adalah kemantapan hati. Yakni hati kita lebih condong ke pilihan mana yang terasa lebih baik untuk kita. Hati kita mantap memilih apa, itulah hasil istikharah kita. Tidak harus berupa mimpi.

Imam An Nawawi menjelaskan, “Setelah istikharah, seseorang harus mengerjakan apa yang dirasa baik untuknya. Di samping itu, hendaknya ia benar-benar bebas dari kehendak pribadi. Jadi jangan sampai ada perasaan ini pilihan terbaik, sebelum mengerjakan shalat istikharah. Karena jika demikian, sama halnya tidak istikharah atau kurang tawakkal pada pengetahuan dan kekuasaan Allah.

Dalam Fiqih Manhaji diterangkan, setelah shalat istikharah dan berdoa dengan doa istikharah, hendaklah ia memeriksa hatinya. “Apabila ia merasa dicerahkan Allah, ia dapat melanjutkan apa yang diniatkannya. Jika tidak, ya tidak,” tulis Syaikh Musthafa Al Bugha.

Syaikh Wahbah Az Zuhaili menasehatkan, jika pada shalat istikharah pertama belum mendapat petunjuk, maka ulangilah shalat itu hinga tujuh kali. Karena Ibnu Sunni meriwayatkan, “Hai Anas, jika engkau menginginkan sesuatu, maka mintalah petunjuk kepada Allah sebanyak tujuh kali. Setelah itu, lihatlah urusanmu mana yang masuk dalam hatimu pertama kali karena di situlah tempat kebaikan. Dan jika ada udzur hingga tidak sempat shalat istikharah, maka mintalah petunjuk dengan berdoa.”

Jadi shalat istikharah ini tidak dibatasai berapa kali dilakukan. Artinya, jika hari ini dua rakaat, kemudian besuk istikharah lagi dua raka’at, maka tidak masalah. Justru semakin bagus sebagai bentuk taqarrub kepada Allah dan memohon pertolonganNya.

Bahkan kalaupun kemantapan hati belum sempurna, namun Allah telah mentakdirkan salah satu pilihan terjadi usai shalat istikharah, inilah jawaban dan hasil istikharah. Sebagaimana doa istikharah, kita mohon ditakdirkan dan diberkahi. Keberkahan ini merupakan keutamaan shalat istikharah.

Demikian tata cara, niat shalat istikharah, doa, bacaan dan bagaimana bentuk hasil istikharah. Semoga bermanfaat. Wallahu a’lam bish shawab. [Muchlisin BK/BersamaDakwah]

52 KOMENTAR

  1. Bahkan kalaupun kemantapan hati belum sempurna, namun Allah telah mentakdirkan salah satu pilihan terjadi usai shalat istikharah, inilah jawaban dan hasil istikharah. Ini maksudnya gimana ya kak? Apa ada contohnya

    • Misalnya shalat istikharah minta petunjuk kepada Allah, mana yang lebih baik antara tetap bekerja di perusahaan sekarang atau keluar. Setelah istikharah ternyata perusahaan tersebut gulung tikar sehingga otomatis tidak bisa bekerja di perusahaan itu lagi. Nah insya Allah itu jawaban istikharah dan pilihan terbaik dari Allah.

  2. Saya menyukai perempuan.
    Namun takut untuk mengungkapkan.tapi juga takut kehilangan.
    Sudah 3 tahun perasaan ini masih ada.apakah saya ungkapkan atau tidak.
    Setiap menyebut namanya hati selalu bergetar.

    • kak, kalau masalah yang kkak pertanyakan ini jugak banyak terjadi dengan lelaki lainnya. masalah wanita sudah sewajar nya untuk kita para lelaki memiliki rasa atau keinginan yang kuat untuk mendapatkannya, sampai kadang menggetarkan hati. dalam masalah ini kita hars bijak dalam memilih, selalu libatkan allah atas keinginan kita, bisa aja yang menurut kita baik belum tentu baik di mata allah atau sebaliknya.
      kakak menahan perasaan begitu justru baik bagi hubungan kakak dengan allah, sebab tidak ada ungakapan cinta yang terbaik selain menghalalkannya.
      sebab allah melarang keras bagi kita umat untuk mendekati zina.

  3. kak, kalau masalah yang kkak pertanyakan ini jugak banyak terjadi dengan lelaki lainnya. masalah wanita sudah sewajar nya untuk kita para lelaki memiliki rasa atau keinginan yang kuat untuk mendapatkannya, sampai kadang menggetarkan hati. dalam masalah ini kita hars bijak dalam memilih, selalu libatkan allah atas keinginan kita, bisa aja yang menurut kita baik belum tentu baik di mata allah atau sebaliknya.
    kakak menahan perasaan begitu justru baik bagi hubungan kakak dengan allah, sebab tidak ada ungakapan cinta yang terbaik selain menghalalkannya.
    sebab allah melarang keras bagi kita umat untuk mendekati zina. insyaallah allah istiqomah kan hati kkak untuk menjauhi daripada segala maksiat yang dapat mengundang murka allah.

  4. assalamualaikum kak. saya mau tanya jwbn atas shalat istikharah itu melewati apa ya, dan jika belum terlihat siapa jodoh kita apakah harus di ulang2 shalatnya smpai ketemu jwbnnya

    • Wa’alaikum salam warahmatullah. Jawaban shalat istikharah umumnya melalui hati, yakni timbulnya kemantapan untuk memutuskan atau memilih. Bisa juga melalui peristiwa yang dihadirkan Allah sesuai dengan apa yang ia minta.

    • Ya para ulama menasehatkan untuk mengulang doa hingga kmantapan hati itu muncul. Di artiekel di atas disampaikan sampai diuang 7 kali. Ada yang meambahkan agar ketika berdoa ditambah doa agar Alloh memberi isyarat yang mudah difahami baik itu dgn kemantapan hati atau isyarat yang lain. Krn bisa jadi Alloh sdh memberi petunjuk namun kita sebagai manusia kurang peka atau krang pandai membaca petunjuk.

    • Assalamualaikum ka, maaf mau tanya ilmu saya masih dangkal.. shalat istikharah itu dianjurkan saat sebelum / sesudah shalat wajib / sunnah lainnya ya ka? Atau ada anjuran lain? Trimakasih sebelumnya

  5. assalamu’alaikum, mau tanya kak, apa shalat istikhoroh hanya bisa dilakukan di malam hari. dan jika benar apa harus tidur setelahnya agar dapat mimpi sebagai jawaban?? terimakasih.

    • Wa’alaikum salam warahmatullah. Shalat istikharah bisa dilakukan di malam hari maupun siang hari. Setelah istikharah tidak selalu mendapatkan mimpi sebagai jawabannya. Yang paling umum adalah hadirnya kemantapan hati atau dimudahkan dan ditaqdirkan dengan suatu pilihan.

      • Assalamualaikum
        Kak..bagaimana jika tidak ada pilihan,misalnya sdh mantap dan yakin,Kpda seseorang, tetapi ingin meminta petunjuk dari ALLAH
        Karena sy stiap mw tidur sholat hajad lalu istiqarah, kemudian seseorang itu hadir dlm mimpi sy, dan di dlm mimpi antara sy dan dia sprti sedang bersenda gurau bersama teman² nya yg sy tdk kenal, apakah berarti itu petunjuk, krn sdh 2x dia hadir dlm mimpi sy
        Jujur memang sy bimbang, krn kami jg tdk mw adanya kegagalan dmasa silam, mengingat kmbali kami yg jarang bertemu mskipun msh 1 kelurahan,diapun terkesan cuex, tp sayang
        Krna kami smpat putus 5 bln, dan kini kembali lagi

        • Wa’alaikum salam warahmatullah. Boleh shalat istikharah baik ada pilihan atau meminta petunjuk ya dan tidak. Insya Allah apa yang diistikharahkan akan diberkahi Allah.

          Jika sudah istikharah dan ada kemantapan hati (insya Allah mimpi itu menunjukkan hal baik dan memantapkan), silakan pernikahannya disegerakan dan semoga diberkahi Allah menjadi keluarga sakinah mawaddah wa rahmah.

          • Assalamualaikum.. Wr.. Wb
            Apakah ini suatu petunjuk dari ALLAH stlh istiqarah,, /hasil
            Krn skrng ini kami malah lostcontak, tdk prnh ada lg komunikasi, mskipun msh ada pertemanan WA nya,, Fb
            Mengingat sblmnya ada chatingan yg bahas kcemburuan masing2..
            Walaikumsallam

    • assalamu alaikum pak mau tanya bolekah sholat istiharoq di sepertiga malam ,,, apakah boleh langsung sambung dengan sholat tahajud ,,, dan sy mau bertanya lagi pak ,,, bolehkah kita meminta jodoh untuk orang untuk 1 orang sja ,,, orang yang paling kita cintai ,,,

  6. Assalamualaikum, terimakasih atas artikel bermanfaat ini. Oh iya, saya pernah minta petunjuk melalui istikharah ini, saya minta petunjuk, apakah saya harus melanjutkan kuliah atau tidak. Saya saat itu masih berstatus maba. Saya mendapati mimpi sebanyak tiga kali tentang saya pulang ke rumah, dan tiap hari selalu ada keinginan untuk pulang. Namun, saya menghiraukan hal tersebut dan tetap melanjutkan kuliah, hasilnya? Di semester dua saya tidak bisa mengambil full 24 SKS karena ada jam bentrok dan sudah tidak ada lagi jam pengganti, dan saya pernah sakit saat UTS yang menyebabkan saya kehilangan nilai UTS saya. Dan di semester tiga ini, saya hanya bisa mengambil 15 SKS karena ada mata kuliah yang tidak lulus. Apakah itu tandanya saya harus pulang dari tanah rantau ke tanah kelahiran saya? Mohon jawabannya. Terimakasih banyak. Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarokatuh.

    • Wa’alaikum salam warahmatullah. Apakah Kak Fahrur Rosi kuliahnya dibiayai orangtua? Jika iya, hubungi orangtua dan ceritakan tentang shalat istikharah hingga apa yang dialami saat ini. Ambil langkah sesuai dengan ridha orangtua, mengingat istikharahnya sudah setahun lalu dan masih ditakdirkan Allah untuk kuliah hingga saat ini.

      • Alhamdulilah saya kuliahnya full beasiswa, jadi orangtua sama sekali tidak mengirimkan uang. Saya sudah mencoba menceritakan hal tersebut ke orangtua saya, akan tetapi ayah saya menolak dan marah pada saya, bahkan ayah saya mengatakan pada saya bahwa anggap saja beliau sudah mati. Ibu saya mengijinkan saya, namun ayah saya marah seperti itu pada saya. Saya sudah tidak melanjutkan sholat istikharah saya karena hal tersebut. Bagaimana yang harus saya lakukan selanjutnya? Terimakasih

        • Kita tidak bisa memastikan apakah mimpi waktu itu benar-benar jawaban shalat istikharah mengingat sampai saat ini Kak Fahrur Rosi masih dimudahkan untuk kuliah. Sedangkan berbakti kepada kedua orangtua dan mendapat ridho mereka adalah kepastian untuk mendapat ridho Allah. Karenanya, minta ridho pada orangtua. Jika ridho mereka harus kuliah dan tidak bisa ditawar, penuhilah melanjutkan kuliah. Insya Allah barakah dan diridhoi Allah.

  7. Assalamualaikum, saya mau bertanya. Apakah dalam solat istikhoroh jika kita bimbang akan 2 hal mislkan seperti pekerjaan dan jodoh. Apakah bisa kita lakukan dlm 1 solat 2 doa ? Atau harus melakukan 1 doa 1 solat ?
    Mohon utk pentujuknya.. terimakasih

    • Wa’alaikum salam warahmatullah. Boleh satu doa, boleh dua doa. Dalam hati dimaksudkan apa yang diminta (dua-duanya). Jika yang satu sudah mendapat jawaban/solusi dan satunya belum, shalat istikharah berikutnya cukup dengan satu doa yang belum mendapat jawaban/solusi.

  8. Assalamu’alaikum
    Saya punya calon pendamping Hidup dan kami saling berkomitmen menikah 2021 nanti karn saya ada kontrak kerja di malaysia hingga 2021 nanti dan dia pun masih melanjutkan kuliah nya.
    Kami tidak pernah berkomunikasi Hanya satu kali pembicaraan sm ibu saya dan itu pun dia menghubungi ibu saya lwt telfon karna jarak antara madura dan jawa, tapi hati sudah yakin bhw dia adalah ikhwan yg shalih tpi kadang hati juga bimbang takut iya berpindah kelain hati krn kelamaan menunggu.
    Pertanyaan nya apakah saya harus ttp istikharah atau hanya berjuang dalam doa.??

    • Wa’alaikum salam warahmatullah. Jika menunaikan shalat istikharah, insya Allah apa yang terjadi setelah itu akan lebih diberkahi Allah. Karenanya para sahabat, khususnya Jabir yang meriwayatkan hadits di atas, sering menunaikan shalat ini.

  9. Assalamualaikum Wr Wb
    Pak saya memiliki pacar 2,5thn kami bersama..ada putus nyambung nya. Kami terakhir berpisah karena salah paham dan hati pun pudar mungkin karena letih…entah kenapa rasa itu dikembalikan lagi padahal saya tdk mencari2 tau ttg dia. Tp rindu dan sayang pun kembali. Namun dia sudah dalam lamaran orang namun hitungan tanggal lbh dari 3 bulan…selama ini saya menjalankan tahajud saja..
    Pertanyaan saya apakah berdosa saya memohon pada allah wanita yg sedang dilamar orang lain (saya memohon karena saya mengetahui dia masih sangat mencintai saya)
    Dan yg k2 apakah saya perlu solat istikharah?? Jika iya kapan waktu terbaik melaksanakan solat tetsebut.

    Terima kasih
    Semoga Allah sll memberi nikmat dunia akhirat u/ bpk

    Wassalamualaikum wr wb

  10. Assalamualaikum ka, saya mau bertanya, saya sudah menjalani hubungan 6 tahun atau berpacaran. Saya dan pasangan saya sudah berkomitmen akan akan menunggu dia untuk lulus kuliah dan melamar saya. Disisi lain yg mengganggu pikiran dan hati saya ada seorang pria yang benar-benar ingin datang dan menghalalkan saya. Saya mau menerima tapi saya sudah berjanji dengan pasangan saya dan berjanji menunggu dia, karena saya takut mengecewakan hati nya, karena saya dgn keluarga saya sudah banyak memakan jasanya. Minta pendapat nya dong ka

    • Assalamualaikum saya sudah salt istikharah dan jawabannya ,a,tapi saya di suruh orang tua ,b,apa boleh saya memilih,b,dan Allah meridhoi?

    • Assalamualaikum wr wb , saya ingin menyampaikan hal yang sudah saya alami setelah sholat istikharah, waktu itu saya sedang putus cinta tapi saya putus karna saya tidak mau berbuat dosa lebih sedangkan mau minta halal pacar saya masih status pelajar maka pada saat itu saya galau saya putus tapi saya masih cinta saya berdoa semoga suatu saat saya masih berjodoh dengan dia karna saya menunggu agak lama saya lakukan lah sholat istikharah ini dengan meminta petunjuk apakah benar dia akan melamar saya setelah lulus nanti dan saya tidur di dalam mimpi saya sesosok mantan muncul di mimpi saya dan sepertinya di mimpi itu dia menginginkan saya kembali kedia , mohon respon nya apakah ini benar benar jawaban dari allah?

  11. Assalamualaikum saya sudah salt istikharah dan jawabannya ,a,tapi saya di suruh orang tua ,b,apa boleh saya memilih,b,dan Allah meridhoi?

  12. Assalamualaikum…. maaf mw mnt pencerahan nya….. saudara saya sering bertengkar dg suaminya cz sering selingkuh…. saudara saya bingung dan ingin bercerai… apakah untuk mnt petunjuk ini bz dg solat istihoroh taoh…. antara bercerai atau tidak… mohon infox

  13. Sebelumnya saya ingin bercerita. Saya ingin menikah, suatu malam setelah sholat tahajud saya nazar ke Allah tolong datangkan jodohku , jika esok ada yg datang maka aku mau menikah dg dia. Siangnya datanglah seorang lelaki, kami berkenalan dan dia sudah datang ke rumah menemui ortu. Ortu setuju, saya meyakinkan diri dan akhirnya setuju. Tapi ternyata kedepannya cobaannya sangat rumit, lelaki itu masih terikat pekerjaan dan belum diperbolehkan menikah hingga 4th kedepan, sedangkan usia saya sudah 27th. Sebenarnya saya mantap melanjutkan, tapi saya tidak tahu apakah yg saya lakukan ini benar. Saya ingin mencoba salat istikharah.

  14. Assalamualaikum Ustadz, mohon bantuannya
    dulu saya pernah dekat dengan seorang laki-laki selama 4 tahun, lalu pada tahun 2018 kami memutuskan untuk jalan masing-masing, pada tahun 2019 terkadang dia masih menghubungi saya untuk menanyakan kabar.
    saya mendengar darinya, dia sedang menjalin suatu hubungan serius dengan seorang wanita kemungkinan akan berlanjut ke pernikahan.
    namun dia bercerita bahwa dia masih merasa ragu atas keputusannya tersebut, saya menyarankan dia untuk sholat istiqoroh untuk meminta petunjuk dari Allah.
    beberapa hari terakhir ini saya juga melakukan sholat istiqoroh Pak Ustadz, karena saya merasa selama setahun terakhir saya kesulitan untuk dekat dengan laki-laki lain walaupun niat nya bukan untuk pacaran tetapi untuk menikah, saya merasa belum bertemu dengan yang lebih baik dari lelaki yang saya ceritakan diatas.
    setelah sholat saya bermimpi, teman saya memberitahukan bahwa dia telah menikah dengan orang lain, di mimpi tersebut saya tidak melihat secara langsung pernikahannya.
    apakah mimpi tersebut merupakan petunjuk Pak Ustadz?
    karena saya belum merasakan kemantapan pilihan dan ketentraman hati, apakah saya harus menunggu dia atau tidak.
    terima kasih Pak Ustadz
    wassalamualaikum

  15. Assalamu’alaikum kak
    Kan saya mau shalat istikharah ya
    Naa kita klo pengen mintak sesuatu misalkan bimbang dalam hal jodoh apakah kita perlu berdo’a sesuai apa yg kita ingibkan??dan kapan waktunya??

  16. Assalamualaikum kak
    Mau nanya
    Saya kan sedang menjalani hubungan kurang lebih 4tahunan dengan seorang laki-laki dan orang tersebut adalah tetangga saya
    Dan hubungan kami ini tidak direstui oleh keluarga saya karena ibu saya lebih memilih untuk menikah kan saya dengan pilihannya
    Dan orang tersebut sudah berumur
    Sebelum saya sholat istikharah ibu saya memang sudah tidak suka dengan keluarga si laki-laki tersebut dan sampai saat ini saya sudah sholat istikharah ibu saya masih saja tidak merestui hubungan kami ini
    Padahal kami sudah berniat untuk menikah tapi ibu saya masih saja tidak merestui
    Pertanyaan saya adalah apakah itu adalah pertanda bahwa si laki-laki tersebut bukanlah jodoh saya?

  17. Asalammualaikum warohmathallisabatukatu-..
    Mau nannya pak ustad, jd shlat istiqoroh d lakukan malam hari setelah shlat fardu kira” sdh tdur dlu apa bisa lnjut stlah isa

  18. Assaalaamualaikum
    Saya punya masalah saya mempunyai hubungan dengan lelaki yang sudah memiliki istri dan kami sudah menjalani hubungan ini 5thun karna dari awal aq gak tau dia dah punya istri……..
    Kami saling cyang dia ingin kan aqu jadi istri kedua nya tapi aqu gak bisa dan gak mau karna orang tua qu gak akan setuju……..
    Jadi aqu harus buat apa sekarang ntuk memutuskannya…..
    Makasih

  19. Assaalaamualaikum
    Saya punya masalah saya mempunyai hubungan dengan lelaki yang sudah memiliki istri dan kami sudah menjalani hubungan ini 5thun karna dari awal aq gak tau dia dah punya istri……..
    Kami saling cyang dia ingin kan aqu jadi istri kedua nya tapi aqu gak bisa dan gak mau karna orang tua qu gak akan setuju……..
    Jadi aqu harus buat apa sekarang ntuk memutuskannya…..
    Makasih

  20. Assalamualaikum warohmatullohiwabarokatuh,
    Saya mempunyai masalah dengan hati saya,saya sudah tunangan dengan seseorang dan akan merencanakan pernikahan,tetapi akhir-akhir ini saya bimbang karena ada seorang lelaki yang dulunya teman sma saya muncul dan menyatakan cinta kepada saya dan berniat untuk menikahi saya,keluarganya juga baik terhadap saya,,bagaimana saranya yah..jujur saya bingung..kedua lelaki itu baik dan saya bingung menentukan mana yang terbaik untuk saya..

  21. Assalamualaikum ustad
    waktu yg baik disaat sholat istaqarah di siang hari itu pukul berapa ya ustad?
    terimakasih sebelumnya🙏😇

  22. Assalamualaikum ustadz
    Saya saat ini mengalami bimbang saya di jodohkan oleh orang tua saya sedangkan saya punya pilihan untuk pendamping hidup,dan saat ini saya lebih berat hati trhadap pilihan saya di banding calon yang akn d jodohan dgn saya

  23. Assalamualaikum pak saya punya masalah saya dia ajak nikah sama pacar saya tapi orang tua saya tidak merestui terus pacar saya ngajak nikah tanpa restu orang tua saya dia baik orang tua saya tidak menyukainya hanya karna dia pekerja kebun kalau saya mau sama dia saya tidak di anggap anak lagi saya harus bagai mana ikut atau tidak?

  24. Assalammualaikum,
    Tentang jawaban istikharah dari baca Al Quran yang dibuka sesuai kemauan kita, lalu dibaca, dan setelah itu mencari huruf Shohih dan Khataq itu bagaimana kak

  25. Assalamualaikum, maaf sy mau tanya. Apakah dg sholat istiqoroh sy bs dpt jwbn. Utk melihat apakah sy msh msh berjodoh dg suami yg seringkali berselingkuh. Krn ini yg kesekian kalinya sampai tdk memberi nafkah lbh dr 3 bln dan tdk prnh pulang. Tp dia malah plg ke rmh ortunya, tnp kabar berita.

  26. Bapak/ibu. Saya ingin bertanya. Permasalahan saya adalah: Saya mencintai seorang perempuan dan dia sudah mempunyai pacar tentunya. Sebelumnya saya pernah menjalin hubungan/pacaran sewaktu sekolah bersamanya. Pertanyaan nya, apakah bisa saya meminta/berdoa dalam shalat istiqaroh untuk meminta petunjuk bahwa dia berjodoh atau tidak dengan saya. Sekian dan mohon atas informasinya. Terima kasih

  27. Assalamu’alaikum mau tnyk saya sedang menjalaninya taaruf dengan seorang ikhwan dan ikhwan tersebut sdh nadzor dngn org tua saya, setelah nadzor orang tua saya ikut untuk ikhtiarij ikhwan tersebut katakan lah sholat mlm, setelah beberapa hari org tua saya sholat mlm beliau mendapatkan petunjuk mimpi dngan d datangkan ny ikhwan tersebut tpi wajah nya tidak terlalu kelihatan ( agak burem) , maksudnya tanda tersebut apa mohon bantu jawab,
    Terima kasih 🙏

  28. Maaf kalo misalnya kita sudah solat istikharah lalu tak bermimpi apapun dan perasaan dalam hati masih bimbang apa yg harus dilakukan?

SILAHKAN BERI TANGGAPAN mohon perhatikan kesopanan

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.