Beranda Ilmu Islam Fiqih Niat Shalat Istikharah, Doa, Bacaan, Tata Cara dan Hasilnya

Niat Shalat Istikharah, Doa, Bacaan, Tata Cara dan Hasilnya

148
ilustrasi shalat istikharah (parhlo)

Shalat istikharah adalah shalat sunnah dalam rangka meminta petunjuk dan keberkahan kepada Allah. Bagaimana tata cara, niat shalat istikharah, doa, bacaan dan jawaban alias hasilnya? Berikut ini pembahasannya.

Dalam Fiqih Empat Madzhab, Syaikh Abdurrahman Al Juzairi menjelaskan, disunnahkan bagi setiap muslim untuk melakukan dua rakaat shalat istikharah saat hendak menentukan sesuatu. Terutama saat bimbang atau ragu ketika menentukan pilihan.

Syaikh Musthafa Al Bugha dalam Fiqih Manhaji mengatakan, shalat istikharah disunnahkan bagi seseorang yang mengharapkan suatu hal yang dibolehkan, tapi ia tidak tahu apakah itu baik baginya. Sedangkan Sayyid Sabiq dalam Fiqih Sunnah menerangkan, shalat ini disunnahkan ketika seseorang menghadapi suatu permasalahan sedangkan ia ragu-ragu mana yang terbaik.

Tata Cara Shalat Istikharah

Jadi masalah apa pun asalkan bukan perkara haram, disyariatkan untuk mengerjakan shalat sunnah ini dalam rangka minta petunjuk kepada Allah mana yang terbaik. Bukan hanya pilihan jodoh dan pekerjaan, meskipun dua hal ini yang paling populer.

Sayyid Sabiq menjelaskan, shalat istikharah boleh berupa shalat sunnah apa saja. Baik shalat sunnah rawatib, shalat sunnah tahiyatul masjid, maupun shalat sunnah lainnya. Yang penting, setelah shalat sunnah dua rakaat, ia berdoa kepada Allah dengan doa istikharah.

Hal ini sebagaimana hadits dalam Shahih Bukhari:

عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ رضى الله عنهما قَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم يُعَلِّمُنَا الاِسْتِخَارَةَ فِى الأُمُورِ كَمَا يُعَلِّمُنَا السُّورَةَ مِنَ الْقُرْآنِ يَقُولُ إِذَا هَمَّ أَحَدُكُمْ بِالأَمْرِ فَلْيَرْكَعْ رَكْعَتَيْنِ مِنْ غَيْرِ الْفَرِيضَةِ ثُمَّ لِيَقُلِ اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْتَخِيرُكَ بِعِلْمِكَ

Dari Jabir bin Abdullah radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mengajarkan kami cara mengerjakan shalat istikharah dalam segala urusan, sebagaimana beliau mengajarkan kami Surat Al Qur’an. Beliau bersabda: “Jika salah seorang di antara kalian hendak melakukan sesuatu, hendaklah terlebih dahulu mengerjakan shalat dua rakaat selain shalat fardlu, lalu berdoa: Ya Allah, sesungguhnya aku memohon pilihan kepada-Mu dengan ilmu-Mu… (dan seterusnya)…”

Berikut ini tata cara shalat istikharah secara praktis:

  • Niat shalat istikharah
  • Takbiratul ihram, diikuti dengan doa iftitah
  • Membaca surat Al Fatihah
  • Membaca surat dari Al Qur’an, diutamakan Surat Al Kafirun
  • Ruku’ dengan tuma’ninah
  • I’tidal dengan tuma’ninah
  • Sujud dengan tuma’ninah
  • Duduk di antara dua sujud dengan tuma’ninah
  • Sujud kedua dengan tuma’ninah
  • Berdiri lagi untuk menunaikan rakaat kedua
  • Membaca surat Al Fatihah
  • Membaca surat dari Al Qur’an, diutamakan Surat Al Ikhlas
  • Ruku’ dengan tuma’ninah
  • I’tidal dengan tuma’ninah
  • Sujud dengan tuma’ninah
  • Duduk di antara dua sujud dengan tuma’ninah
  • Sujud kedua dengan tuma’ninah
  • Tahiyat akhir dengan tuma’ninah
  • Salam

Lalu membaca doa istikharah yang telah diajarkan oleh Rasulullah. Syaikh Wahbah Az Zuhaili menjelaskan, disunnahkan sebelum dan sesudah doa tersebut untuk membaca hamdalah dan sholawat Nabi.

Niat Shalat Istikharah

Seluruh ulama sepakat bahwa niat tempatnya di hati. “Untuk keabsahan shalat, niat harus diiringi dengan takbiratul ihram,” terang Syaikh Mushtafa Al Bugha dalam Fiqih Manhaji, “Caranya, hati harus awas bahwa akan mengerjakan shalat ketika melafadzkan takbir, sembari mengingat shalat apa dan fardlu atau sunnah. Dalam hal ini tidak disyaratkan melafadzkan niat secara lisan.”

Seperti dijelaskan di atas, menurut Sayyid Sabiq, shalat sunnah apa pun yang dua rakaat bisa menjadi shalat istikharah. Baik shalat itu di siang hari maupun di malam hari. Asalkan, setelah selesai shalat berdoa dengan doa shalat istikharah yang diajarkan Rasulullah di atas.

Adapun jika shalatnya khusus diniati istikharah dan merasa perlu melafadzkannya, berikut ini lafadz niat shalat istikharah:

أُصَلِّيْ سُنَّةَ الاِسْتِخَارَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

(Ushollii sunnatal istikhooroti rok’ataini lillaahi ta’aalaa)

Artinya: Aku niat shalat sunnah istikharah dua raka’at karena Allah Ta’ala

niat shalat istikharah

Baca juga: Sholat Dhuha

Bacaan Shalat Istikharah

Menurut Sayyid Sabiq, tidak ada bacaan surat khusus dalam shalat ini. Setelah membaca surat Al Fatihah, boleh membaca surat apa pun.

Namun menurut Syaikh Wahbah az Zuhaili dalam Fiqih Islam wa Adillatuhu, disunnahkan membaca surat Al Kafirun setelah membaca surat Al Fatihah pada rakaat pertama dan disunnahkan membaca surat Al Ikhlas setelah membaca surat Al Fatihah pada rakaat kedua.

Sedangkan bacaan untuk tiap gerakan shalat bisa dibaca di artikel Bacaan Sholat.

Doa Istikharah

Berikut ini doa istikharah sebagaimana diriwayatkan Imam Bukhari dari Jabir bin Abdullah. Juga disertakan tulisan latin dan artinya dalam bahasa Indonesia.

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْتَخِيرُكَ بِعِلْمِكَ وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ ، وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيمِ ، فَإِنَّكَ تَقْدِرُ وَلاَ أَقْدِرُ وَتَعْلَمُ وَلاَ أَعْلَمُ وَأَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوبِ

اللَّهُمَّ إِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا الأَمْرَ خَيْرٌ لِى فِى دِينِى وَمَعَاشِى وَعَاقِبَةِ أَمْرِى فَاقْدُرْهُ لِى وَيَسِّرْهُ لِى ثُمَّ بَارِكْ لِى فِيهِ

وَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا الأَمْرَ شَرٌّ لِى فِى دِينِى وَمَعَاشِى وَعَاقِبَةِ أَمْرِى فَاصْرِفْهُ عَنِّى وَاصْرِفْنِى عَنْهُ ، وَاقْدُرْ لِى الْخَيْرَ حَيْثُ كَانَ ثُمَّ أَرْضِنِى

doa istikharah

1. Tulisan Latin Doa Istikharah

Alloohumma innii astakhiiruka bi’ilmika wa astaqdiruka biqudrotik, wa as-aluka min fadhlikal adhiim, fa innaka taqdiru wa laa aqdiru wa ta’lamu wa laa a’lamu wa anta ‘alaamul ghuyuub.

Alloohumma in kunta ta’lamu anna haadzal amro khoirun lii fii diinii wa ma’aasyii wa ‘aaqibati amrii faqdurhu lii wayassirhu lii tsumma baariklii fiih.

Wa in kunta ta’lamu anna haadzal amro syarrun lii fii diinii wa ma’aasyii wa ‘aaqibati amrii fashrifhu ‘annii washrifnii ‘anhu waqdur lil khoiro haitsu kaana tsumma ardlinii.

2. Arti Doa Istikharah

Ya Allah, sesungguhnya aku memohon pilihan kepada-Mu dengan ilmu-Mu, aku memohon kekuasaan-Mu (untuk menyelesaikan urusanku) dengan kodrat-Mu, dan aku memohon kepada-Mu sebagian karunia-Mu yang agung, karena sesungguhnya Engkau Mahakuasa sedangkan aku tidak berkuasa, Engkau Mahatahu sedangkan aku tidak tahu, dan Engkau Maha Mengetahui perkara yang gaib.

Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa urusan ini baik untukku, dalam agamaku, kehidupanku, dan akibatnya bagiku, maka takdirkanlah dan mudahkanlah urusan ini bagiku, kemudian berkahilah aku dalam urusan ini.

Dan jika Engkau mengetahui bahwa urusan ini buruk untuk diriku, dalam agamaku, kehidupanku, dan akibatnya bagiku, maka jauhkanlah urusan ini dariku, dan jauhkanlah aku dari urusan ini, dan takdirkanlah kebaikan untukku di mana pun, kemudian jadikanlah aku ridha menerimanya.

Baca juga: Sholat Tahajud

Shalat Istikharah Jodoh

Seperti di bagian awal pembahasan, istikharah merupakan shalat sunnah dalam rangka meminta petunjuk kebaikan kepada Allah dalam perkara mubah yang tidak diketahui atau meminta dipilihkan yang terbaik dari dua pilihan mubah. Termasuk dalam jodoh.

Caranya, lakukan shalat istikharah dua rakaat kemudian membaca doa di atas sembari memohon dipilihkan jodoh terbaik. Jika ada dua calon istri, saat membaca doa, maksudkan memohon petunjuk kepada Allah mana yang terbaik di antara dua calon tersebut. (Baca tulisan sebelumnya di KeluargaCinta)

Demikian pula ketika memohon petunjuk dalam hal lain. Misal memilih dua pekerjaan. Maka saat berdoa dengan doa istikharah, maksudkan dalam hati memohon petunjuk Allah mana yang terbaik di antara dua pilihan pekerjaan itu.

Pun saat memilih jurusan kuliah, misalnya. Saat berdoa dengan doa istikharah, maksudkan dalam hati memohon petunjuk Allah mana yang terbaik di antara dua pilihan jurusan tersebut.

Hasil Istikharah dan Keutamaan

Bagaimana mengetahui hasil istikharah bahwa kita dibimbing memilih A bukan B atau sebaliknya? Tidak seperti persangkaan sebagian orang bahwa jawaban shalat istikharah dikirim Allah dalam bentuk mimpi, sesungguhnya hasil istikharah adalah kemantapan hati. Yakni hati kita lebih condong ke pilihan mana yang terasa lebih baik untuk kita. Hati kita mantap memilih apa, itulah hasil istikharah kita. Tidak harus berupa mimpi.

Imam An Nawawi menjelaskan, “Setelah istikharah, seseorang harus mengerjakan apa yang dirasa baik untuknya. Di samping itu, hendaknya ia benar-benar bebas dari kehendak pribadi. Jadi jangan sampai ada perasaan ini pilihan terbaik, sebelum mengerjakan shalat istikharah. Karena jika demikian, sama halnya tidak istikharah atau kurang tawakkal pada pengetahuan dan kekuasaan Allah.

Dalam Fiqih Manhaji diterangkan, setelah shalat istikharah dan berdoa dengan doa istikharah, hendaklah ia memeriksa hatinya. “Apabila ia merasa dicerahkan Allah, ia dapat melanjutkan apa yang diniatkannya. Jika tidak, ya tidak,” tulis Syaikh Musthafa Al Bugha.

Syaikh Wahbah Az Zuhaili menasehatkan, jika pada shalat istikharah pertama belum mendapat petunjuk, maka ulangilah shalat itu hinga tujuh kali. Karena Ibnu Sunni meriwayatkan, “Hai Anas, jika engkau menginginkan sesuatu, maka mintalah petunjuk kepada Allah sebanyak tujuh kali. Setelah itu, lihatlah urusanmu mana yang masuk dalam hatimu pertama kali karena di situlah tempat kebaikan. Dan jika ada udzur hingga tidak sempat shalat istikharah, maka mintalah petunjuk dengan berdoa.”

Jadi shalat istikharah ini tidak dibatasai berapa kali dilakukan. Artinya, jika hari ini dua rakaat, kemudian besuk istikharah lagi dua raka’at, maka tidak masalah. Justru semakin bagus sebagai bentuk taqarrub kepada Allah dan memohon pertolonganNya.

Bahkan kalaupun kemantapan hati belum sempurna, namun Allah telah mentakdirkan salah satu pilihan terjadi usai shalat istikharah, inilah jawaban dan hasil istikharah. Sebagaimana doa istikharah, kita mohon ditakdirkan dan diberkahi. Keberkahan ini merupakan keutamaan shalat istikharah.

Demikian tata cara, niat shalat istikharah, doa, bacaan dan bagaimana bentuk hasil istikharah. Semoga bermanfaat. Wallahu a’lam bish shawab. [Muchlisin BK/BersamaDakwah]

148 KOMENTAR

  1. Bahkan kalaupun kemantapan hati belum sempurna, namun Allah telah mentakdirkan salah satu pilihan terjadi usai shalat istikharah, inilah jawaban dan hasil istikharah. Ini maksudnya gimana ya kak? Apa ada contohnya

    • Misalnya shalat istikharah minta petunjuk kepada Allah, mana yang lebih baik antara tetap bekerja di perusahaan sekarang atau keluar. Setelah istikharah ternyata perusahaan tersebut gulung tikar sehingga otomatis tidak bisa bekerja di perusahaan itu lagi. Nah insya Allah itu jawaban istikharah dan pilihan terbaik dari Allah.

      • Assalamualaikum,saya mau bertanya mohon di jawab.
        Saya kan hubungan sma mantan pacar sudah lumayan lama,dan hubungan saya sma mamtan saya hubungan jarak jauh ( LDR),nah mantan saya bilang ke tmn nya gak ada hati ke saya,tpi saya selalu membantu materi mantan saya,karna mantan saya masih kuliah blm kerja pula,beda sma saya yang udh lulus kuliah dan udh kerja.
        Nah pas mantan saya pulang ngasih kejutan ke saya,sesudah ngasih kejutan ke saya dia pulang lagi ke tempat kosan nya yang dia kuliah,
        Mantan saya selingkuh dan nge blok semua sosmed saya,
        Saya sholat istikharah, cuma hati saya tenang,kadang suka lupa sama mantan saya,sesudah sholat istikharah yang ke dua hati saya selalu inget dia trus
        Gmna menurut nya

        • Wa’alaikum salam warahmatullah. Ketenangan hati yang Allah turunkan setelah shalat istikharah, insya Allah adalah jawaban dariNya. Lupakan dia. Allah telah menunjukkan, ia bukan pasangan hidup yang baik karena belum menikah saja sudah selingkuh.

          Untuk membantu melupakan, jangan kontak lagi termasuk di medsos. Hindari hal yang bisa mengingatkan, termasuk barang pemberian atau kenangan.

          Semoga Allah memberi ganti yang lebih baik. Disegerakan menikah dan menjadi keluarga sakinah mawaddah wa rahmah.

          • Assalamu’alaikum pa ustadz saya mau bertanya tentang istikharah. Saya punya komitmen udah 11bulan keluarga saya juga sudah tau, selama 11bulan ini saya ngerasa sayang banget sama pasangan saya, tapi saya belum dikenalkan ke orangtuanya meskipun orangtuanya sudah tau saya hanya lewat foto saja. Saya selalu sabar menunggu, tapi waktunya belum ada untuk bertemu dengan keluarga nya selalu ada halangan. Kemudian sekarang teman sekolah saya ngontek lagi di WA awalnya saya pikir hanya silahturahmi dia ngajak kerumahnya bertemu kedua orangtuanya dan sampe sekarang mau hal apapun itu dipermudah jalannya, hanya saja saya dan temen saja ini LDR. Menurut ustadz saya harus pilih yg mana? Bagaimana menyikapi hal tersebut?

          • Wa’alaikum salam warahmatullah. Jika sudah merasa cocok dengan keduanya, pilih yang lebih dulu melamar agar bisa segera menikah sehingga menjadi cinta yang halal. Lakukan juga shalat istikharah, insya Allah akan diberikan jawaban terbaik dan diberkahiNya.

  2. Saya menyukai perempuan.
    Namun takut untuk mengungkapkan.tapi juga takut kehilangan.
    Sudah 3 tahun perasaan ini masih ada.apakah saya ungkapkan atau tidak.
    Setiap menyebut namanya hati selalu bergetar.

    • kak, kalau masalah yang kkak pertanyakan ini jugak banyak terjadi dengan lelaki lainnya. masalah wanita sudah sewajar nya untuk kita para lelaki memiliki rasa atau keinginan yang kuat untuk mendapatkannya, sampai kadang menggetarkan hati. dalam masalah ini kita hars bijak dalam memilih, selalu libatkan allah atas keinginan kita, bisa aja yang menurut kita baik belum tentu baik di mata allah atau sebaliknya.
      kakak menahan perasaan begitu justru baik bagi hubungan kakak dengan allah, sebab tidak ada ungakapan cinta yang terbaik selain menghalalkannya.
      sebab allah melarang keras bagi kita umat untuk mendekati zina.

      • Assalamualaikum kak, saya ingin bertanya..
        Jadi saya menyukai seorang lelaki lewat medsos namun belum pernah bertemu dengannya. Apakah boleh sholat istikharah untuk menanyakan apakah saya nanti akan bertemu dengannya atau tidak?
        Terimakasih, wassalam..

        • Wa’alaikum salam warahmatullah. Sebaiknya shalat istikharah dimaksudkan lebih dari itu. Bukan sekedar bertemu, tapi langsung minta kepada Allah apakah ia akan menjadi jodoh yang baik atau tidak. Jika baik, minta disegerakan menikah. Jika tidak baik, minta dijauhkan dan diganti dengan yang lebih baik.

  3. kak, kalau masalah yang kkak pertanyakan ini jugak banyak terjadi dengan lelaki lainnya. masalah wanita sudah sewajar nya untuk kita para lelaki memiliki rasa atau keinginan yang kuat untuk mendapatkannya, sampai kadang menggetarkan hati. dalam masalah ini kita hars bijak dalam memilih, selalu libatkan allah atas keinginan kita, bisa aja yang menurut kita baik belum tentu baik di mata allah atau sebaliknya.
    kakak menahan perasaan begitu justru baik bagi hubungan kakak dengan allah, sebab tidak ada ungakapan cinta yang terbaik selain menghalalkannya.
    sebab allah melarang keras bagi kita umat untuk mendekati zina. insyaallah allah istiqomah kan hati kkak untuk menjauhi daripada segala maksiat yang dapat mengundang murka allah.

  4. assalamualaikum kak. saya mau tanya jwbn atas shalat istikharah itu melewati apa ya, dan jika belum terlihat siapa jodoh kita apakah harus di ulang2 shalatnya smpai ketemu jwbnnya

    • Wa’alaikum salam warahmatullah. Jawaban shalat istikharah umumnya melalui hati, yakni timbulnya kemantapan untuk memutuskan atau memilih. Bisa juga melalui peristiwa yang dihadirkan Allah sesuai dengan apa yang ia minta.

      • Iya mbk. Benar lo tentang shalat istikharah ini. Allah Maha Besar,Allah Maha Penyayang..terutama bagi umatnya yg benar2 berdoa memhon petunjuk kepada Nya. Sy pernah,dkat sm cow,dan cow itu selalu maksa biat ketemuan. Maklum krn lwt aplk jodoh online. Stlah 2 bln chatan. Sy memberanikan diri utk ngajak ketemuan dluan. Dan dia menyambut baik hari itu. Hari itu juga sy ketemuan. Yg dibhs biasa aja,bhs kerja. Mgkn dia syok liat sy yg jelek(ga sesuai sm selera nya dia) ya memaklumi itu. Note: sblm ketemu 2/3 hari sblmnya sy shalat istikharah dam tahajud. Bsknya dia mulai berubah ga tegur sapa wa sm sy,bhkan chat sy yg ren mlm pn ga dibaca (awalnya sy kira dia sibuk,dan yg ngechat jg pst bkn sy sj). Trus dia sllu aktif stts wa nya..akhirnya pas ultah sy 2 hari stlh pertemuan dia ngucapin ultah ke sy,dan iti terakhir kalinya dia aktif chat sy. Notabennya,dia mmg dr awal ga serius sm sy,hny sekedar basa basi aja sih sbnrnya,cmn dgn dia pura2 perhatian dan ngechat dgn emoticon yg love gt (rada alay si mnrt sy),sy jd baper aja..tp yasudah mgkn mmg ga jodoh. Dan sbnrnya wkt pertemuan kita pertama kali,dia sibuk mainin hp nya,dan sy ada lirik sedikit,dia chatan dgn yg namanya ( si dia/ love) dr situ sy sdh duga,dia mmg hny main2 sm sy sj. Bukan mau berteman apalagi smpe serius..bersyukur begini cara Allah menegur sy klo dia bukan yg terbaik sm sy. Dan alhamdulilah skrg msh tahap pdkt sm seseorang dia sngt beda 180 drjt dgn laki2 yg sy temui. Ya mudah2an dia lah yg sy cari dalam doa sy. Amin..ya Rabb

    • Ya para ulama menasehatkan untuk mengulang doa hingga kmantapan hati itu muncul. Di artiekel di atas disampaikan sampai diuang 7 kali. Ada yang meambahkan agar ketika berdoa ditambah doa agar Alloh memberi isyarat yang mudah difahami baik itu dgn kemantapan hati atau isyarat yang lain. Krn bisa jadi Alloh sdh memberi petunjuk namun kita sebagai manusia kurang peka atau krang pandai membaca petunjuk.

    • Assalamualaikum ka, maaf mau tanya ilmu saya masih dangkal.. shalat istikharah itu dianjurkan saat sebelum / sesudah shalat wajib / sunnah lainnya ya ka? Atau ada anjuran lain? Trimakasih sebelumnya

      • Wa’alaikum salam warahmatullah. Shalat istikharah bisa dikerjakan baik siang maupun malam, di luar waktu yang dilarang sholat. Sehingga bisa dikerjakan setelah shalat Maghrib ataupun setelah isya hingga sebelum Subuh. Bisa juga dikerjakan di waktu dhuha, bisa pula setelah dzuhur hingga sebelum ashar.

          • Wa’alaikum salam warahmatullah. Jika bisa, doa shalat istikharah pakai bahasa Arab lebih bagus. Karena demikianlah yang dicontohkan Rasulullah. Jika tidak bisa membaca bahasa Arab, boleh pakai bahasa Indonesia.

  5. assalamu’alaikum, mau tanya kak, apa shalat istikhoroh hanya bisa dilakukan di malam hari. dan jika benar apa harus tidur setelahnya agar dapat mimpi sebagai jawaban?? terimakasih.

    • Wa’alaikum salam warahmatullah. Shalat istikharah bisa dilakukan di malam hari maupun siang hari. Setelah istikharah tidak selalu mendapatkan mimpi sebagai jawabannya. Yang paling umum adalah hadirnya kemantapan hati atau dimudahkan dan ditaqdirkan dengan suatu pilihan.

      • Assalamualaikum
        Kak..bagaimana jika tidak ada pilihan,misalnya sdh mantap dan yakin,Kpda seseorang, tetapi ingin meminta petunjuk dari ALLAH
        Karena sy stiap mw tidur sholat hajad lalu istiqarah, kemudian seseorang itu hadir dlm mimpi sy, dan di dlm mimpi antara sy dan dia sprti sedang bersenda gurau bersama teman² nya yg sy tdk kenal, apakah berarti itu petunjuk, krn sdh 2x dia hadir dlm mimpi sy
        Jujur memang sy bimbang, krn kami jg tdk mw adanya kegagalan dmasa silam, mengingat kmbali kami yg jarang bertemu mskipun msh 1 kelurahan,diapun terkesan cuex, tp sayang
        Krna kami smpat putus 5 bln, dan kini kembali lagi

        • Wa’alaikum salam warahmatullah. Boleh shalat istikharah baik ada pilihan atau meminta petunjuk ya dan tidak. Insya Allah apa yang diistikharahkan akan diberkahi Allah.

          Jika sudah istikharah dan ada kemantapan hati (insya Allah mimpi itu menunjukkan hal baik dan memantapkan), silakan pernikahannya disegerakan dan semoga diberkahi Allah menjadi keluarga sakinah mawaddah wa rahmah.

          • Assalamualaikum.. Wr.. Wb
            Apakah ini suatu petunjuk dari ALLAH stlh istiqarah,, /hasil
            Krn skrng ini kami malah lostcontak, tdk prnh ada lg komunikasi, mskipun msh ada pertemanan WA nya,, Fb
            Mengingat sblmnya ada chatingan yg bahas kcemburuan masing2..
            Walaikumsallam

          • assalamualikum pak ustad saya mau bertanya, kadang hati saya suka gundah kalo pacar saya sedang berkerja, bagaimana cara mengatasi kegundahan nya yah pak ustad? hati saya gundah karna saya takut dia macem2 di bklng saya tp saya juga ga mau pak ustad merasakan kegundahan seperti itu di dalam hati saya

          • Wa’alaikum salam warahmatullah. Segera menikah. Insya Allah hati lebih tenang. Pacaran bikin gundah karena tidak diridhai Allah dan tidak ada ikatan sah yang terikat hak kewajiban.

    • assalamu alaikum pak mau tanya bolekah sholat istiharoq di sepertiga malam ,,, apakah boleh langsung sambung dengan sholat tahajud ,,, dan sy mau bertanya lagi pak ,,, bolehkah kita meminta jodoh untuk orang untuk 1 orang sja ,,, orang yang paling kita cintai ,,,

      • Wa’alaikum salam warahmatullah. Boleh setelah shalat istikharah kemudian shalat tahajud.
        Boleh meminta jodoh dengan menyebut nama 1 orang. Karena semua doa yang baik itu dibolehkan.

    • Assalamualaikum..
      Saya inging bertanya sebelumnya saya sudah punua pasangan hidup bahkan rencana untuk menikah tapi dsatu sisi pasangan saya mempermainkan saya dengan sikap dan wataknya yang tidak mau berubah lbih baik.. Apakah dalam solat istikharah nih saya sebut namanya atau minta yang terbaik klo memang tidak jodoh..
      Mohon jawabannya kaka

    • Assalamualaikum, ustd. Saya punya pacar, dalam islam tidak ada yang namanya pacaran saya tau. Ditempat kerja saya ada seorang pria santri yang bilang suka dgn saya, dan ingin dekat dengan saya, ingin serius, ttpi dia meminta jika saya berkenan mau menunggu dia selama 6tahun lamanya, ia masih ingin belajar agama, ingin meneruskan pesantrennya. Disisi lain ada pacar saya, yg sudah saya kenal lebih lama, lebih tau sifat2nya. Sedangkan saya menginginkn pria yg tau bnyak agama seperti si santri. tp saya tidak yakin jika selama 6thn itu dia tdk akan berpaling dr saya, sedangkan pd pacar saya yakin, karna saya tau dia orangnya seperti apa.

      • Wa’alaikum salam warahmatullah. Alhamdulillah sudah paham tentang larangan pacaran. Semoga dimudahkan untuk segera menikah.

        Mengenai menunggu selama enam tahun, jika memang siap, dipersilakan. Tapi jika pacar bersegera melamar dan menikahi, ini lebih baik daripada tidak yakin bisa menunggu enam tahun. Sebaiknya shalat istikharah untuk mendapatkan yang terbaik dari Allah.

        • Saya sudah lakukan istiqoroh ustad. Setelah istiqoroh saya merasa yakin dengan si santri, tapi setelahnya saya juga bermimpi bahwa orang tua saya tidak setuju dengan saya yg harus menunggu 6tahun, bagai mana ustad mana jawaban yg benar, kecenderungan hati atau mimpi. Apa saya harus istiqoroh lagi sampai benar2 yakin

          • Jika orangtua masih ada, tanyakan langsung kepada beliau. Sampaikan juga kalau setelah shalat istikharah hati lebih mantap dengan santri tersebut. Jawaban orangtua dalam kondisi terjaga lebih kuat daripada jawaban saat mimpi.

            Jika jawaban orangtua sama dengan jawabannya dalam mimpi, silakan shalat istikharah lagi.

  6. Assalamualaikum, terimakasih atas artikel bermanfaat ini. Oh iya, saya pernah minta petunjuk melalui istikharah ini, saya minta petunjuk, apakah saya harus melanjutkan kuliah atau tidak. Saya saat itu masih berstatus maba. Saya mendapati mimpi sebanyak tiga kali tentang saya pulang ke rumah, dan tiap hari selalu ada keinginan untuk pulang. Namun, saya menghiraukan hal tersebut dan tetap melanjutkan kuliah, hasilnya? Di semester dua saya tidak bisa mengambil full 24 SKS karena ada jam bentrok dan sudah tidak ada lagi jam pengganti, dan saya pernah sakit saat UTS yang menyebabkan saya kehilangan nilai UTS saya. Dan di semester tiga ini, saya hanya bisa mengambil 15 SKS karena ada mata kuliah yang tidak lulus. Apakah itu tandanya saya harus pulang dari tanah rantau ke tanah kelahiran saya? Mohon jawabannya. Terimakasih banyak. Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarokatuh.

    • Wa’alaikum salam warahmatullah. Apakah Kak Fahrur Rosi kuliahnya dibiayai orangtua? Jika iya, hubungi orangtua dan ceritakan tentang shalat istikharah hingga apa yang dialami saat ini. Ambil langkah sesuai dengan ridha orangtua, mengingat istikharahnya sudah setahun lalu dan masih ditakdirkan Allah untuk kuliah hingga saat ini.

      • Alhamdulilah saya kuliahnya full beasiswa, jadi orangtua sama sekali tidak mengirimkan uang. Saya sudah mencoba menceritakan hal tersebut ke orangtua saya, akan tetapi ayah saya menolak dan marah pada saya, bahkan ayah saya mengatakan pada saya bahwa anggap saja beliau sudah mati. Ibu saya mengijinkan saya, namun ayah saya marah seperti itu pada saya. Saya sudah tidak melanjutkan sholat istikharah saya karena hal tersebut. Bagaimana yang harus saya lakukan selanjutnya? Terimakasih

        • Kita tidak bisa memastikan apakah mimpi waktu itu benar-benar jawaban shalat istikharah mengingat sampai saat ini Kak Fahrur Rosi masih dimudahkan untuk kuliah. Sedangkan berbakti kepada kedua orangtua dan mendapat ridho mereka adalah kepastian untuk mendapat ridho Allah. Karenanya, minta ridho pada orangtua. Jika ridho mereka harus kuliah dan tidak bisa ditawar, penuhilah melanjutkan kuliah. Insya Allah barakah dan diridhoi Allah.

          • Kisahnya sama seperti saya yg masih bimbang tapi keputusan orang tua saya nyuruh pulng kerumah terus karna harus bekerja saja sedangkan saya kuliah dapat beasiswa full gratis sampai lulus sangat di sayangkan sekali kalau berhenti tapi kalau orang tua tidak meridhoi bagaimana caranya bisa menyikapinya saya bingung harus berhenti atau tetep melanjutkan kuliah

  7. Assalamualaikum, saya mau bertanya. Apakah dalam solat istikhoroh jika kita bimbang akan 2 hal mislkan seperti pekerjaan dan jodoh. Apakah bisa kita lakukan dlm 1 solat 2 doa ? Atau harus melakukan 1 doa 1 solat ?
    Mohon utk pentujuknya.. terimakasih

    • Wa’alaikum salam warahmatullah. Boleh satu doa, boleh dua doa. Dalam hati dimaksudkan apa yang diminta (dua-duanya). Jika yang satu sudah mendapat jawaban/solusi dan satunya belum, shalat istikharah berikutnya cukup dengan satu doa yang belum mendapat jawaban/solusi.

  8. Assalamu’alaikum
    Saya punya calon pendamping Hidup dan kami saling berkomitmen menikah 2021 nanti karn saya ada kontrak kerja di malaysia hingga 2021 nanti dan dia pun masih melanjutkan kuliah nya.
    Kami tidak pernah berkomunikasi Hanya satu kali pembicaraan sm ibu saya dan itu pun dia menghubungi ibu saya lwt telfon karna jarak antara madura dan jawa, tapi hati sudah yakin bhw dia adalah ikhwan yg shalih tpi kadang hati juga bimbang takut iya berpindah kelain hati krn kelamaan menunggu.
    Pertanyaan nya apakah saya harus ttp istikharah atau hanya berjuang dalam doa.??

    • Wa’alaikum salam warahmatullah. Jika menunaikan shalat istikharah, insya Allah apa yang terjadi setelah itu akan lebih diberkahi Allah. Karenanya para sahabat, khususnya Jabir yang meriwayatkan hadits di atas, sering menunaikan shalat ini.

  9. Assalamualaikum Wr Wb
    Pak saya memiliki pacar 2,5thn kami bersama..ada putus nyambung nya. Kami terakhir berpisah karena salah paham dan hati pun pudar mungkin karena letih…entah kenapa rasa itu dikembalikan lagi padahal saya tdk mencari2 tau ttg dia. Tp rindu dan sayang pun kembali. Namun dia sudah dalam lamaran orang namun hitungan tanggal lbh dari 3 bulan…selama ini saya menjalankan tahajud saja..
    Pertanyaan saya apakah berdosa saya memohon pada allah wanita yg sedang dilamar orang lain (saya memohon karena saya mengetahui dia masih sangat mencintai saya)
    Dan yg k2 apakah saya perlu solat istikharah?? Jika iya kapan waktu terbaik melaksanakan solat tetsebut.

    Terima kasih
    Semoga Allah sll memberi nikmat dunia akhirat u/ bpk

    Wassalamualaikum wr wb

    • Wa’alaikum salam warahmatullahi wabarakatuh.
      Tidak haram berdoa seperti itu karena dia belum menikah. Namun jika dia sudah menikah, relakan dia.
      Silakan shalat istikharah jika niatnya untuk menikah, tapi jika sekedar pacaran tidak perlu karena shalat itu hanya untuk kebaikan.

  10. Assalamualaikum ka, saya mau bertanya, saya sudah menjalani hubungan 6 tahun atau berpacaran. Saya dan pasangan saya sudah berkomitmen akan akan menunggu dia untuk lulus kuliah dan melamar saya. Disisi lain yg mengganggu pikiran dan hati saya ada seorang pria yang benar-benar ingin datang dan menghalalkan saya. Saya mau menerima tapi saya sudah berjanji dengan pasangan saya dan berjanji menunggu dia, karena saya takut mengecewakan hati nya, karena saya dgn keluarga saya sudah banyak memakan jasanya. Minta pendapat nya dong ka

    • Assalamualaikum saya sudah salt istikharah dan jawabannya ,a,tapi saya di suruh orang tua ,b,apa boleh saya memilih,b,dan Allah meridhoi?

      • Wa’alaikum salam warahmatullah. Boleh. Karena perintah orangtua telah pasti sedangkan tafsiran atas hasil shalat istikharah tersebut belum pasti. Allah meridhai anak yang berbakti kepada orangtuanya.

    • Assalamualaikum wr wb , saya ingin menyampaikan hal yang sudah saya alami setelah sholat istikharah, waktu itu saya sedang putus cinta tapi saya putus karna saya tidak mau berbuat dosa lebih sedangkan mau minta halal pacar saya masih status pelajar maka pada saat itu saya galau saya putus tapi saya masih cinta saya berdoa semoga suatu saat saya masih berjodoh dengan dia karna saya menunggu agak lama saya lakukan lah sholat istikharah ini dengan meminta petunjuk apakah benar dia akan melamar saya setelah lulus nanti dan saya tidur di dalam mimpi saya sesosok mantan muncul di mimpi saya dan sepertinya di mimpi itu dia menginginkan saya kembali kedia , mohon respon nya apakah ini benar benar jawaban dari allah?

      • Wa’alaikum salam wr wb. Alhamdulillah jika sudah berkomitmen untuk menghindari dosa. Semoga dimudahkan dan diberkahi Allah.

        Terkait shalat istikharah tersebut, jika dalam waktu dekat laki-laki dalam mimpi tersebut melamar, diterima saja.

    • Wa’alaikum salam warahmatullah. Silakan shalat istikharah. Jika setelah istikharah hatinya mantap menerima lamaran pria tersebut, sampaikan saja kepada yang ditunggu bahwa ada yang melamar dan hasil istikharahnya menerima pria tersebut. Sampaikan sebaik-baiknya, ditemani keluarga, semoga dia bisa menerima dengan lapang dada.

  11. Assalamualaikum saya sudah salt istikharah dan jawabannya ,a,tapi saya di suruh orang tua ,b,apa boleh saya memilih,b,dan Allah meridhoi?

    • Mohon maaf …saya ingin bertanya.
      Jika kita sudah sholat istikharah dan hati condong pada pilihan kita tp kedua orang tua tidak merestui apa yg harus kita lakukan?
      Tetap menjalani tanpa restu?atau mengakhiri Krn ridho orang tua adlah ridho Allah?
      Mohon tanggapannya.. terimakasih

      • Komunikasikan dulu dengan orangtua dan banyak berdoa, semoga orangtua juga mendukung.
        Namun jika sudah diikhtiarkan orangtua tetap tidak merestui, jangan dilanjutkan karena tidak sah wanita menikah tanpa ijin walinya. Mengikuti ridho orangtua lebih utama karena lebih pasti sedangkan tafsir atas hasil istikharah kadang tidak pasti.

  12. Assalamualaikum…. maaf mw mnt pencerahan nya….. saudara saya sering bertengkar dg suaminya cz sering selingkuh…. saudara saya bingung dan ingin bercerai… apakah untuk mnt petunjuk ini bz dg solat istihoroh taoh…. antara bercerai atau tidak… mohon infox

  13. Sebelumnya saya ingin bercerita. Saya ingin menikah, suatu malam setelah sholat tahajud saya nazar ke Allah tolong datangkan jodohku , jika esok ada yg datang maka aku mau menikah dg dia. Siangnya datanglah seorang lelaki, kami berkenalan dan dia sudah datang ke rumah menemui ortu. Ortu setuju, saya meyakinkan diri dan akhirnya setuju. Tapi ternyata kedepannya cobaannya sangat rumit, lelaki itu masih terikat pekerjaan dan belum diperbolehkan menikah hingga 4th kedepan, sedangkan usia saya sudah 27th. Sebenarnya saya mantap melanjutkan, tapi saya tidak tahu apakah yg saya lakukan ini benar. Saya ingin mencoba salat istikharah.

  14. Assalamualaikum Ustadz, mohon bantuannya
    dulu saya pernah dekat dengan seorang laki-laki selama 4 tahun, lalu pada tahun 2018 kami memutuskan untuk jalan masing-masing, pada tahun 2019 terkadang dia masih menghubungi saya untuk menanyakan kabar.
    saya mendengar darinya, dia sedang menjalin suatu hubungan serius dengan seorang wanita kemungkinan akan berlanjut ke pernikahan.
    namun dia bercerita bahwa dia masih merasa ragu atas keputusannya tersebut, saya menyarankan dia untuk sholat istiqoroh untuk meminta petunjuk dari Allah.
    beberapa hari terakhir ini saya juga melakukan sholat istiqoroh Pak Ustadz, karena saya merasa selama setahun terakhir saya kesulitan untuk dekat dengan laki-laki lain walaupun niat nya bukan untuk pacaran tetapi untuk menikah, saya merasa belum bertemu dengan yang lebih baik dari lelaki yang saya ceritakan diatas.
    setelah sholat saya bermimpi, teman saya memberitahukan bahwa dia telah menikah dengan orang lain, di mimpi tersebut saya tidak melihat secara langsung pernikahannya.
    apakah mimpi tersebut merupakan petunjuk Pak Ustadz?
    karena saya belum merasakan kemantapan pilihan dan ketentraman hati, apakah saya harus menunggu dia atau tidak.
    terima kasih Pak Ustadz
    wassalamualaikum

  15. Assalamu’alaikum kak
    Kan saya mau shalat istikharah ya
    Naa kita klo pengen mintak sesuatu misalkan bimbang dalam hal jodoh apakah kita perlu berdo’a sesuai apa yg kita ingibkan??dan kapan waktunya??

  16. Assalamualaikum kak
    Mau nanya
    Saya kan sedang menjalani hubungan kurang lebih 4tahunan dengan seorang laki-laki dan orang tersebut adalah tetangga saya
    Dan hubungan kami ini tidak direstui oleh keluarga saya karena ibu saya lebih memilih untuk menikah kan saya dengan pilihannya
    Dan orang tersebut sudah berumur
    Sebelum saya sholat istikharah ibu saya memang sudah tidak suka dengan keluarga si laki-laki tersebut dan sampai saat ini saya sudah sholat istikharah ibu saya masih saja tidak merestui hubungan kami ini
    Padahal kami sudah berniat untuk menikah tapi ibu saya masih saja tidak merestui
    Pertanyaan saya adalah apakah itu adalah pertanda bahwa si laki-laki tersebut bukanlah jodoh saya?

    • Wa’alaikum salam warahmatullah. Teruskan shalat istikharah dan sholat tahajud, minta yang terbaik kepada Allah. Juga dekati orangtua, sampaikan sebaik-baiknya dan minta restunya. Jika orangtua masih tetap tidak merestui, itu pertanda bukan jodoh.

  17. Asalammualaikum warohmathallisabatukatu-..
    Mau nannya pak ustad, jd shlat istiqoroh d lakukan malam hari setelah shlat fardu kira” sdh tdur dlu apa bisa lnjut stlah isa

  18. Assaalaamualaikum
    Saya punya masalah saya mempunyai hubungan dengan lelaki yang sudah memiliki istri dan kami sudah menjalani hubungan ini 5thun karna dari awal aq gak tau dia dah punya istri……..
    Kami saling cyang dia ingin kan aqu jadi istri kedua nya tapi aqu gak bisa dan gak mau karna orang tua qu gak akan setuju……..
    Jadi aqu harus buat apa sekarang ntuk memutuskannya…..
    Makasih

  19. Assaalaamualaikum
    Saya punya masalah saya mempunyai hubungan dengan lelaki yang sudah memiliki istri dan kami sudah menjalani hubungan ini 5thun karna dari awal aq gak tau dia dah punya istri……..
    Kami saling cyang dia ingin kan aqu jadi istri kedua nya tapi aqu gak bisa dan gak mau karna orang tua qu gak akan setuju……..
    Jadi aqu harus buat apa sekarang ntuk memutuskannya…..
    Makasih

  20. Assalamualaikum warohmatullohiwabarokatuh,
    Saya mempunyai masalah dengan hati saya,saya sudah tunangan dengan seseorang dan akan merencanakan pernikahan,tetapi akhir-akhir ini saya bimbang karena ada seorang lelaki yang dulunya teman sma saya muncul dan menyatakan cinta kepada saya dan berniat untuk menikahi saya,keluarganya juga baik terhadap saya,,bagaimana saranya yah..jujur saya bingung..kedua lelaki itu baik dan saya bingung menentukan mana yang terbaik untuk saya..

    • Wa’alaikum salam warahmatullah. Jika bingung, sebaiknya shalat istikharah. Minta petunjuk kepada Allah mana yang baik. Namun jika laki-laki pertama sudah melamar sedangkan laki-laki kedua baru ngomong tanpa keseriusan, lebih baik bersegera menikah dengan laki-laki pertama. Tetap disertai istikharah ya.

  21. Assalamualaikum ustad
    waktu yg baik disaat sholat istaqarah di siang hari itu pukul berapa ya ustad?
    terimakasih sebelumnya🙏😇

  22. Assalamualaikum ustadz
    Saya saat ini mengalami bimbang saya di jodohkan oleh orang tua saya sedangkan saya punya pilihan untuk pendamping hidup,dan saat ini saya lebih berat hati trhadap pilihan saya di banding calon yang akn d jodohan dgn saya

  23. Assalamualaikum pak saya punya masalah saya dia ajak nikah sama pacar saya tapi orang tua saya tidak merestui terus pacar saya ngajak nikah tanpa restu orang tua saya dia baik orang tua saya tidak menyukainya hanya karna dia pekerja kebun kalau saya mau sama dia saya tidak di anggap anak lagi saya harus bagai mana ikut atau tidak?

  24. Assalammualaikum,
    Tentang jawaban istikharah dari baca Al Quran yang dibuka sesuai kemauan kita, lalu dibaca, dan setelah itu mencari huruf Shohih dan Khataq itu bagaimana kak

  25. Assalamualaikum, maaf sy mau tanya. Apakah dg sholat istiqoroh sy bs dpt jwbn. Utk melihat apakah sy msh msh berjodoh dg suami yg seringkali berselingkuh. Krn ini yg kesekian kalinya sampai tdk memberi nafkah lbh dr 3 bln dan tdk prnh pulang. Tp dia malah plg ke rmh ortunya, tnp kabar berita.

  26. Bapak/ibu. Saya ingin bertanya. Permasalahan saya adalah: Saya mencintai seorang perempuan dan dia sudah mempunyai pacar tentunya. Sebelumnya saya pernah menjalin hubungan/pacaran sewaktu sekolah bersamanya. Pertanyaan nya, apakah bisa saya meminta/berdoa dalam shalat istiqaroh untuk meminta petunjuk bahwa dia berjodoh atau tidak dengan saya. Sekian dan mohon atas informasinya. Terima kasih

    • Bisa. Silakan shalat istikharah. Selama ia belum menikah, masih ada kemungkinan ia jodoh. Jika hasil istikharah hati mantap menikah dengannya, segera lamar. Semoga menjadi keluarga sakinah mawaddah wa rahmah.

    • Asalamuikum pak.
      Saya ingin sholat istikharoh saya sedang trlilit hutang yg banyak apakah bisa.
      Mohon responya pak makasih

      • Wa’alaikum salam warahmatullah. Sebaiknya mengamalkan Sholat Hajat lalu dalam doanya (ada di artikel itu) memaksudkan hajatnya untuk bebas dari hutang tersebut. Amalkan pula Sholat Tahajud dan Sholat Dhuha karena salah satu keutamaannya adalah memperlancar rezeki. Semoga hutangnya segera lunas.

  27. Assalamu’alaikum mau tnyk saya sedang menjalaninya taaruf dengan seorang ikhwan dan ikhwan tersebut sdh nadzor dngn org tua saya, setelah nadzor orang tua saya ikut untuk ikhtiarij ikhwan tersebut katakan lah sholat mlm, setelah beberapa hari org tua saya sholat mlm beliau mendapatkan petunjuk mimpi dngan d datangkan ny ikhwan tersebut tpi wajah nya tidak terlalu kelihatan ( agak burem) , maksudnya tanda tersebut apa mohon bantu jawab,
    Terima kasih 🙏

  28. Maaf kalo misalnya kita sudah solat istikharah lalu tak bermimpi apapun dan perasaan dalam hati masih bimbang apa yg harus dilakukan?

  29. Assalamualaikum wr.wb
    Setahun yang lalu saya ketemu wanita (sebut A) dan saya istikharah kan dia namun merasa belum ada jawaban.
    Lalu tahun ini ada wanita lain (sebut B) datang dengan maksud ingin menikah dengan saya dan saya pun istikharah kan si B.
    Dalam perjalananya sampai sekarang si A dan si B sama2 ingin serius menikah dengan saya. Hingga keduanya saya istikharah kan lagi dan keduanya pernah hadir dalam mimpi saya.
    Dalam pilihan hati saya lebih cenderung ke A, tapi si B sudah dekat juga dengan keluarga saya. Apa yang harus saya lakukan? Mohon nasihat nya

    • Wa’alaikum salam wr wb.
      Jika setelah shalat istikharah hati lebih cenderung ke A dan keluarga juga mendukung, sebaiknya menikah dengan A. Semoga diberkahi Allah dan dijadikan keluarga sakinah mawaddah wa rahmah.

  30. Assalamualaikum
    Saya sudah sholat istikharah ,dan saya berdoa beri petunjuk di antara 2 pilihan lelaki
    Lelaki pertama dia sudah membawa keluarga untuk silaturahmi kepada keluarga saya,tapi dia sllu mengabaikan saya
    Dan saya lebih condong ke lelaki ke 2 karna dia sllu ada buat saya.
    Tapi setelah saya menjalankan istikharah, lelaki pertama banyak perubahan ny,dia lebih peduli dengan saya,,
    Apa dia jawaban dari doa saya,tapi tetap hati saya pada pilihan ke 2,,saya harus bagaimana

    • Wa’alaikum salam warahmatullah. Jika lelaki pertama sudah membawa keluarganya (apalagi kalau sudah lamaran) dan berubah lebih baik setelah shalat istikharah, insya Allah itu jawabannya. Sedangkan lelaki kedua belum serius, baru sebatas bicara.

  31. Assalamualaikum Pak kalo misalnya saya di ajak nikah sama orang yang dekat lumayan lama sama saya. Trus bagai mana apakah bisa memakai metode shkat in untuk meyakinkan hati karna saya ga punya 2 pilihan laki laki pak

    • Wa’alaikum salam warahmatullah. Bisa. Setelah shalat istikharah, insya Allah akan hadir kemantapan hati atau justru keraguan. Bisa juga langsung dimudahkan lamaran dan pernikahannya.

  32. Assalamualaikum
    pak saya mau nanya saya kan masih ragu sama pilihan saya yg sekarang walaupun saya udah sholat meminta yg terbaik buat calon sayanya tapi hati saya masih belum yakin cara mengatasinya harus dengan cara apa lgi yah pak😊

  33. Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarakatuh.
    Maaf sebelumnya pak, saya sekarang sedang merasa bingung dan putus asa. Karena, formasi cpns untuk jurusan saya langka sekali. Jika ada, itupun jauh dan beberapa ada di kementerian. Saya sudah diperingatkan ibu saya untuk tidak ikut di kementerian. Masalahny, sampe sekarang belum ada formasi untuk jurusan saya di daerah saya. Ibu saya pengennya yang deket-deket aja. Saya ingin sekali ikut seleksi. Namun bingung, antara ikut kementerian dengan resiko penempatan di seluruh wilayah RI atau menunggu di daerah saya dengan resiko tidak ikut tahun ini. Padahal saya ambisi banget pak mau ikut seleksi nanti. Saya ingin sekali mewujudkan keinginan ibu saya dan biar gak nyusahin lagi. Boleh meminta petunjuk Allah SWT untuk pilihan terbaik pak? Cukup do’a diatas aja atau kita tambah dengan do’a versi sendiri bahasa indonesia? Terima kasih

    • Wa’alaikum salam warahmatullahi wabarakatuh.
      Alhamdulillah niatnya untuk berbakti kepada ibu dan mentaati beliau merupakan kebaikan tersendiri yang semoga Allah berkahi.

      Silakan shalat istikharah, juga terus komunikasi dengan ibu mengenai pilihan yang beliau ridhai. Bisa jadi Allah sedang menyiapkan yang terbaik yang kadang tak terduga. Doanya lebih utama doa seperti yang Rasulullah ajarkan pada hadits di atas. Dalam hati dimaksudkan apa yang dituju, mana yang terbaik menurut Allah.

  34. Saya seorang penyanyi panggung,jauh dari kata sholeha saya janda anak 1,saya menjalin hubungan dgn seorang TNI kurang lebih 5 thn dan laki laki itu juga duda.
    Keluarganya tdk merestui hub kami,karena masalalu saya,karena kesalahan saya😥
    Pacar saya sudh mencoba menjelaskan tentang inti permasalahan,tp mereka msh keras kepala dan tdk mau memberi restu.
    Lalu apa yg harus saya lakukan karena saya bnr” tulus sma dia.sakit bgt rasanya..
    Smoga dgn saya melakukan sholat istiharooh mereka mau menerima saya jg anak saya,dan merestui hub kami amin.

  35. Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatu , saya mau tanya apa solat istikharah boleh di lakukan di setiap selesai solat fardhu? Apa cuma boleh di siang atau malam hari saja

    • Wa’alaikum salam warahmatullah. Shalat istikharah boleh dikerjakan setelah Dzuhur, Maghrib dan Isya’. Tidak boleh dikerjakan sesudah shalat Ashar dan sesudah shalat Subuh.

  36. Assalamualaikum, ketika kita sholat istikharah minta petunjuk dia itu seseorang yang baik atau tidak pantas kah untuk memintanya? Jika dalam dunia nyata di kejar semakin menjauh akan ku kejar dalam doa, bismillahirrahmanirrahim,semoga Allah mengkabulkan doa saya🤲🤲

  37. Assalamualaikum,
    Pak saya ingin menanyakan, kenapa saya bermimpi seseorang yang sama sekali saya tidak kenal tapi saya tau orangya siapa. Jadi singkat cerita saya dikenalkan dgn slah satu org, (tidak kenal langsung) dikenalkan melalui media sosial,saya hanya menfollownya krena penasaran saja siapa orangnya (karena kebetulan akunnya diprivetkan)
    Setelah bberap minggu saya memimpikan dia dan ini ke 3 kalinyaa. Hati saya juga tergiang giang namanya, yg anehnya padahal saya tak kenal dia siapa,dan dia juga tak kenal saya siapa. Kami hanya berteman dimedia sosial saja. Mohon tanggapannya pak. Wassalam .terimakasih 🙂

  38. Assalamualikum wr.wb
    Saya mau bertanya, apakah saya boleh berdoa dan memohon kepada allah agar lelaki yang saya sayangi itu jodoh saya ?
    Dan kami itu sma sama sayang tapi belakangan ini hati saya takut akan kehilangan dia
    Pak ustad apa yang harus saya lakukan ?

    • Wa’alaikum salam warahmatullahi wabarakatuh. Boleh berdoa demikian. Minta kepada Allah agar disegerakan menikah. Dan menyegerakan menikah itu merupakan solusi agar hati tidak lagi takut kehilangan.

  39. Mohon maaf.
    Jika pelaksanaan sholat istikharoh bisa dilakukan kapan saja kecuali waktu yg dilarang untuk sholat sunnah, apakah bisa dilakukan sehari lebih dari sekali?
    Semisal sholat di pagi/siang hari, selanjutnya malam setelah tahajjud.
    Mohon penjelasannya, pak..

  40. Assalamu’alaikum ustad saya ingin bertanya apakah do’a istikharah tersebut harus dalam bahasa arab? Atau boleh dalam bahasa indonesia

  41. Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Apakah setelah sholat kita belum mendapatkan kemantapan, kita ulangi sampai tujuh kali, apakah pengulangan tersebut bisa pada hari yang sama? Karena mengingat waktu yang sudah mendesak atau deadline..? Mohon pencerahannya.. Terima kasih
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

    • Wa’alaikum salam warahmatullah. Jika belum mendapatkan ketenangan hati, sebaiknya shalat istikharah lagi. Bahkan kalau perlu tujuh kali seperti dijelaskan Syaikh Wahbah Az Zuhaili. Sebaiknya di hari yang berbeda, sehingga dilaksanakan tujuh hari. Semoga Allah memberikan yang terbaik.

  42. Assalamualaikum kak, mau tanya nih
    Untuk bacaan do’a2 solat istikharah tersebut kan agak panjang ya, saya juga baru tau do’a nya. Nah itu saya boleh baca di HP aja atau harus dihafalkan ya? Mohon jawabannya. Terima kasih

  43. Assalamualaikum .. mohon bantu jawabannya .. jika sya ingin tau siapa jodoh sya tpi saya dlm berumah tangga n selain tu saya selalu bingung apakah saya hrus terus atau tidak dengan suami sya,,, karna saya ada mslah sama suami saya ,, suami saya suda boongi saya dgn chat an diam* dr saya n beri perhatian jg hadiah sedangkan sifat n skap dy sma saya istri nya brubah .. gimana menurut klian ..

    • Wa’alaikum salam warahmatullah. Sebaiknya diusahakan dulu untuk mempertahankan keluarga. Banyak berdoa minta kepada Allah agar suami dibimbingNya. Amalkan Sholat Hajat. Juga komunikasikan dengan suami dan ingatkan beliau agar kembali ke jalan yang benar.

      Semoga Allah menjadikan keluarga Bu Mufida sakinah mawaddah wa rahmah.

  44. Assalamualaikum.
    Saya mau tanya, saya berhubungan dengan seorang laki-laki selama 4thn, tapi kami belum pernah ketemu sama sekali. Kami hanya berhubungan lewat wa dan tlpn. Awal kami menjalin hubungan saya dan pasangan berikrak terhadap yang maha kuasa, semenjak itu kita saling menyayangi. katanya sudah melakukan istikhoroh, dan jwban nya selalu yakin sama saya.
    tapi setelah 4thn ini baru ketahuan bahwa dia sudah menikah dan punya anak, ketika ditanya knpa berbohong dia jwb krn saking sayangnya trhadap saya.
    Minta sarannya harus gmna yaah? Apakah dgn sholat istikhoroh bisa langsung ada jwbn ny kak?
    Terimakasih

    • Wa’alaikum salam warahmatullah. Laki-laki yang berbohong soal statusnya yang sebenarnya sudah menikah tapi mengatakan masih bujang, ia juga bisa berbohong dalam hal lainnya. Apalagi jika kebohongan itu untuk alasan membangun hubungan yang tidak halal.

      Hubungan yang halal antara laki-laki dan perempuan adalah dengan menikah. Masalahnya, ia sudah menikah. Sehingga kalau Mbak Al dan dia menikah, kemungkinannya dua. Pertama, Mbak Al akan jadi istri kedua dan hidup bersama dalam poligami. Kedua, ia akan bercerai dengan istrinya demi menikahi Mbak Al.

      Apakah siap dengan dua kemungkinan ini? Dengan shalat istikharah, insya Allah akan diberiNya jawaban terbaik. Misalnya ditunjukkan Allah bahwa dia bukan jodoh yang baik, atau dimudahkan mengalami salah satu dari dua kemungkinan di atas.

  45. Asalamuallaikum …
    Saya mau bertanya, jika saya melakukan shalat istikhara dalam 1 itu 7kali apakah boleh ??? Dan apakah akan ada petunjuk dari shalat istikhara tersebut ??? Mohon berikan jawab atas pertanyaan saya. Terimakasih.
    Wassalamualaikum

    • Wa’alaikum salam warahmatullah. Jika belum mendapatkan jawaban saat shalat istikharah pertama, sebaiknya diulangi hingga tujuh kali, selama tujuh hari. Insya Allah ada petunjuk atau jawaban terbaik dari Allah.

  46. Ka saya mau tanya kalau waktu yang pas buat sholat istikharah siang atau malam,terus apakah kita boleh meminta jodoh yang baik sedangkan saya belum bisa jdi yg terbaik????

    • Shalat istikharah bisa siang (waktu dhuha dan setelah dzuhur sebelum ashar), bisa malam (setelah Maghrib sampai sebelum Subuh).

      Boleh meminta jodoh terbaik, sambil berusaha menjadi lebih baik agar pantas mendapatkannya.

      • Assalamualaikum warrahmatullah, akhi saya ingin bertanya.. Apakah tidak mengapa shalat istikharah di lakukan di 1/3 malam? Seperti waktu nya shalat tahajud? Wassalamualaikum.

  47. assalamualaikum, kak sy mau nanya, sebelumnya sy sdh punya calon suami yg inshaallah bbrp bulan lagi ingin melamar sy, kami jg udah kenal lama sekitar 3thn, tapi entah knp sy masih merasa ragu kepadanya karna banyak hal, mis: pekerjaan dan masa lalunya yg sulit sy terima. terkadang sy luluh dgn perjuangan nya tp kadang muncul jg perasaan utk mencari yg lebih baik lagi, apakah sy harus shalat istikharah agar mendapatkan jawabannya?

  48. Kak saya mau nanya ,sya kan udah nikah tapi suami aku itu selalu ninggalin engga pernah ada waktu sama aku karna selalu bertengkar lalu hampir sering lah kalau bertengkar pasti selalu ngucap pisah cerai gitu, lalu aku shlat istikharah minta petunjuk kira2 rumah tangga aku di lanjutin apa tidak nah setelah itu saya mimpi temen SMA aku kak yang ada di samping aku ,jd kesimpulannya apa jawabannnya kak?

    • Teruskan shalat istikharah, sampai hati menjadi mantap memilih atau Allah menghadirkan kondisi terbaik (misal mengubah suami menjadi lebih baik sehingga Kak Rahmawati lebih sayang kepadanya dan tidak terpikir untuk berpisah).

  49. Assalamualaikum
    Saya mau bertanya.. Teman2 pekerjaan saya menjodohkan saya dengan seseorang tetapi saya awalnya biasa aja namun skrg2 memiliki perasaan yg lebih.. Nah tetapi saya tdk tahu perasaan seseorang itu gmna terhadap saya, teman2 saya bilang tikung terus di sepertiga malam nah saya paham shalat istikharah itu tetapi saya tdk paham saat berdoa itu klu meminta jodoh yg terbaik harus sebut nama nya jg setahu saya dan teman2 ya
    Sebaiknya gmna ya minta doa dan menyebut nama seseorang itu diperbolehkan atau tidak, jika di perbolehkan contoh nya bagaimana?
    Coba jelasin ya akang atau tteh nuhun
    Wa’alaikum salam

    • Wa’alaikum salam warahmatullah. Doa shalat istikharah terbaik adalah seperti yang diajarkan Rasulullah pada artikel di atas. Saat membaca doa itu, khususnya saat membaca “anna haadzal amra” dalam hati memaksudkan dia laki-laki tersebut. Apakah laki-laki tersebut baik atau tidak.

      Semoga Allah memberikan yang terbaik untuk Kak Nia.

  50. Assalammu’alaykum warohmatullahhi wabarokatuuh.
    Ustadz..mohon maaf sebelumnya..saya mau cerita dulu dan nanti akam ada pertanyaan.
    Begini ustadz..saya sdh punya kelg..menikah sdh 17 thn. Pd suatu saat saya selingkuh dgn mantan saya walaupun sebenarnya hanya ada mslh kecil di kelg saya. Hubungan dgn mantan sdh jauh..dan kami berniat utk menikah. Apakah saya boleh melakukan shalat istikharah sdgnkan posisi saya berdosa dan bersalah kepada istri & kelg saya. Saya mau membantu mantan krn dia skrg sdg susah. Mohon pencerahannya ustadz.
    Syukron
    Wassalammu’alaykum warohmatullahhi wabarokatuuh

    • Wa’alaikum salam warahmatullahi wabarakatuh. Zina adalah dosa besar dan tidak cukup ditebus dengan menikah. Harus bertaubat dengan sungguh-sungguh, taubatan nasuha. Selain memperbanyak istighfar, amalkan Sholat Taubat. Semoga Allah memberikan ampunan.

      Kedua, terkait rencana menikahinya, itu lebih baik daripada masih dekat dengannya dalam kondisi tidak halal. Poligami diperbolehkan dalam Islam, tapi perlu dilakukan dengan cara yang baik agar tidak timbul kemudharatan yang lebih besar. Sebaiknya komunikasikan dengan istri sebaik-baiknya.

      Ketiga, shalat istikharah boleh dilakukan siapa saja meskipun ia berdosa. Jika hasilnya hati mantap untuk poligami, lakukan poin dua tersebut. Jika hasilnya ternyata tidak menikahi wanita tersebut, maka ia harus dijauhi, jangan mendekatinya lagi.

  51. Assalamualaikum ustats, seseorang sebutlah mau datang melamar tapi banyak sekali yg saya pertimbangkan ustast, saya shalat istikharah tapi setelah saya shalat saya langsung bermimpi bukan dia yg saya temani d mimpiku ustast malah orang lain..kira kira gimana itu

    • Wa’alaikum salam warahmatullah. Ulangi shalat istikharah lagi, jika mimpinya sama sampai tiga kali berturut-turut, insya Allah orang dalam mimpi itu yang akan menjadi jodoh Kak Rina. Tapi kalau tidak dan hati mantap menerima lamaran laki-laki itu, itulah jawabannya. Semoga Allah memberikan jodoh terbaik.

  52. Assalamualaikum pak ustadz, saya ingin meminta pendapat, sebelum itu saya adalah seorang lelaki yg menurut saya pendosa. Saya mengakui telah melakukan dosa dosa besar. Dan sekarang saya merasakan kalau saya semakin kesini makin sulit untuk mendapatkan panggilan untuk melaksanakan praktek kerja guna menyelesaikan syarat kelulusan kuliah saya. Saya sebelumnya sudah diterima di suatu perusahaan dan sedang menunggu tiket untuk berangkat tetapi setiap bulannya ketika tiba jadwal untuk berangkat seringkali ada masalah atau kendala dan terjadi kemunduran. Sudah 10 bulan lamanya saya menunggu.
    Saya ingin melaksanakan sholat istikharah untuk meminta petunjuk apakah saya harus tetap menunggu atau mencari perusahaan lain guna menyelesaikan kuliah saya tetapi saya adalah seorang hamba yg penuh dosa. Bagaimana sebaiknya
    Terimakasih

    • Wa’alaikum salam warahmatullah. Allah Maha Pengampun. Sebesar apa pun dosa seorang hamba, ampunan Allah lebih besar dari itu. Asalkan hamba itu mau bertaubat, pasti akan diampuni-Nya.

      Jadi jangan merasa tidak pantas untuk beribadah, termasuk mengamalkan shalat istikharah ini. Untuk lebih baiknya, bertaubat sungguh-sungguh dan perbanyak istighfar dulu, amalkan pula < href="https://bersamadakwah.net/sholat-taubat/">Sholat Taubat. Insya Allah akan diampuni-Nya, dan dilancarkan praktek kerja serta kuliahnya. Semoga dimudahkan Allah dan diberkahi.

  53. Assalamualaikum, maaf pak saya mau tanya.saya lagi ada kasus anatra perceraian atau melanjutkan hubungan suami istri dengan suami saya ,tapi saya sudah g srek .dibilang sayang y masih secara pernah pacaran 4 tahun n nikah 2 tahunan ini.saya ngerasa ga nyaman lagi dikarenakan suami saya itu kasar banget kalau marah pun selalu ngatain saya pakai sgla macam binatang kluar bahkn kotoran,mengancam mau bunuh diri lah ,jarang mau sholat,mau merusak baranglah yg ada dirumah.jdi saya dengan suami saya merasa tertekan .dan setelah dikumpulkan atau diriungkan dengan kluarag suami syaa hingga nenek n lake dia kumpul .kesepakatan kita tunggu 3 hari kalau gak ada perubahan ya keputusan ada di saya .misalkan cerai atau lanjut.
    Disamping itu setelah ada keributan ini saya pnya teman kampus yg benar” rajin ibadah n temann sya ini mencurahkan isi hatinya ke sya n dia tau klw sya sudah menikah.dia hnya lht saya sprti beda TDK seperti wanita lainny dikelas.trs n Dy kira rmh tngga sya baik” sja trnyta rmh tangga saya udh sering cekcok n hmpir klimaknya ni suami saya mngancam bunuh sya.
    N tmn kmpus sya pun support sya n sllu ongtin sya mnta ptunjuk n perlindungan Allah…jangan lupa minta SMA Allah..dan entah knp saya stia LG SMA dia itu sya merasa tenang dan nyaman aja ,bahkan g pernah emosi ,adem aj hati n dia sangat dapat mengayomi sya ,mengayomi baik n lembut srta BSA bimbing saya.
    Jd sayaminta ptunjuk dalam shlt istikharah saya ini diberi petunjuk apkah tetap dengan suami saya yg bgni atau SMA tmn kampus saya..kalau ingat dia pun hati tenang tidak tergesah”..saya bingung..tp stlah sholat istikharah hati syaa bener” tenang banget n ksui sya tu sprti tk ad prsaan appun syg atau apm..hanya tenang keinget teman kampus saya.

    Jd saya mesti gimana y pak,apakah hrs mengulang shlot saya lagi?

    Trmksh mohon dpt dibantu

    • Wa’alaikum salam warahmatullah. Apakah sewaktu pacaran, suami juga berlaku lembut seperti teman kuliah tersebut? Jika iya, demikianlah cara laki-laki mendekati wanita yang belum halal baginya dan tidak ada jaminan setelah menikah dia akan sama seperti itu.

      Di sisi wanita, ketika ia ada masalah dengan suaminya, seringkali ia butuh pelarian. Sehingga laki-laki yang memberi perhatian kepadanya akan dengan mudah masuk ke dalam hatinya. Dan syetan memanfaatkan kesempatan seperti ini sehingga kadang terjadi interaksi yang tidak halal.

      Silakan ulangi shalat istikharahnya, minimal sampai tujuh kali. Lalu perhatikan apa yang terjadi dan rasakan hati condong ke mana. Jika memang suami sulit berubah. Namun sebaiknya, seiring shalat istikharah itu, perbanyak doa agar suami kembali baik dan menjadi keluarga sakinah mawaddah wa rahmah. Cerai adalah jalan terakhir jika benar-benar tidak ada harapan perubahan.

  54. Assalamualaikum, gimana kalo ada lelaki yg baru sekali bahkan mungkin belum kenal, berniat baik (kerumah dan ngomong sm ortu) sedangkan diri ini menolaknya, karena hati ini merasa sudah ada pilihan sendiri, walaupun pilihan sendiri tadi belum pasti juga, bagaimana pendapatnya? Salahkah menolak niatan baik seseorang (belum tau niatnya benar benar baik atau tidak karna hanya sekedar kenal disosmed?)

  55. Assalamualaikum. Saya punya pacar dan saya hubungan saya dgn pacar saya sudah hampir 1 tahun. Bahkan saya dn pacar saya punya niat baik utk segera menikah. Tetapi ditengah tengah ibunya mulai ikut campur dalam hubungan saya dgn pacar saya dikarenakan saya dgn pacar saya sering bertengkar. Tapi sekarang pacar saya mau dijodohkan dgn orang tuanya. Tapi pacar saya gak mau dijodohkan dan masih berusaha untuk tidak melepaskan saya. Yg mau saya tanyakan apakah saya harus melepaskan atau tetap bertahan disaat saya dan pacar masih ada prasaan satu sama lain?

  56. Assalamu alaikum.
    Sebelumnya, perkenankan saya untuk bertanya…
    Pertanyaannya adalah : Hal apakah yang perlu di persiapkan untuk melaksanakan Shalat Istikharah?

    Mohon maaf ya kak, mungkin saya akan menceritakan tentang alasan atau masalah yang saya hadapi, sehingga saya merasa harus melaksanakan Shalat Istikharah untuk menentukan sebuah pilihan. Dan semoga menjadi hal yang bisa membantu kakak untuk memberikan jawaban kedapa saya.

    Jadi saya seorang Mahasiswa semester 3 di STAIN Majene, Sulawesi Barat. Saya lolos di jurusan Tadris Bahasa Inggris yang tentunya adalah pelajaran yang paling memusingkan dan sangat susah untuk saya. Sehingga metode kuliah saya dipicu oleh kecintaan saya terhadap jurusan saya, yang mengakibatkan saya meresa malas dan jarang untuk masuk kuliah (Sebenarnyasih panjang kak kalau mau di ceritakan hehehehe). Dan sekaarang saya saya pusing memilih untuk berhenti atau melanjutkan perkuliahan. Pilihan yang sangat susah bagi saya karna beberapa pertimbangan yaitu:

    A. Hal yg mendorong saya untuk tetap melanjutkan pendidikan.

    1. Ingin membahagiakan orang tua;
    2. Karna adanya dorongan yang kuat dari sang kakak laki-laki saya (seangkatan dengan saya).
    3. Saya merasa malu dan agak takut untuk berhenti dari pendidikan. Sebab hanya belajar yang bisa saya lakukan.
    4. Saya mendapat Beasiswa BIDIKMISI

    B. Hal yang memicu saya untuk berhenti dari pendidikan.

    1. Saya merasa bahwa potensi dan kualitas saya dalam jurusan saya sangat kurang (kakak saya selalu bilang kalau aku bisa pindah jurusan kalau mau. Tapi saya merasa mulai mencintai jurusan saya sih. Tapi hal itu tidak membuat saya lebih rajin untuk menghadiri pertemuan di kampus. Saya merasa semakin malas dan terus malas). Kalau anak milenial sekarang ini, cocoknya bilang ” Entah apa yang meraaukiku”.
    2. Saya takut ketemu dosen yang benar-benar sudah memberikan saya kesempatan untuk memperbaiki nilai dengan cara lebih rajin. Tapi saya lalai dalam Amanah itu.
    3. Saya punya rencana lain, yaitu: “Saya mau berhenti kuliah di semester 3, untuk mencari kerja dan membuat inspestasi atau lansung membeli motor dan yang saya butuhkan di kampus (selama 2 tahun). Nah setelah itu, saya kembali lagi untuk memulai berkuliah sebagai MaBa (Mahasiswa baru). Yang seharusnya saya sudah semeater delapan malah jadi mengulang gitu. Jadi saya bingung.
    4. Saya juga memiliki beberapa rencana yang mendorong saya merasa perlu untuk berhenti kuliah.

    Jadi begitu ceritanya kak, semoga saya bisa di bantu ya. Hehehehe…
    Sebelumnya “Terima kasih banget sih sama ilmunya dan sangat bermanfaat insya’allah. Aamiin.

    Assalamu alaikum kak.
    Sartono.

SILAHKAN BERI TANGGAPAN mohon perhatikan kesopanan

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.