Beranda Ilmu Islam Fiqih Tata Cara, Niat, Doa dan Keutamaan Sholat Tahajud Lengkap

Tata Cara, Niat, Doa dan Keutamaan Sholat Tahajud Lengkap

249
sholat tahajud
sholat tahajud (ummi-online.com)

Sholat tahajud adalah sholat yang sangat istimewa. Satu-satunya sholat sunnah yang perintahnya langsung disebutkan dalam Al Qur’an disertai dengan keutamaannya. Maka sholat sunnah apa yang bisa menandinginya?

Apa saja keutamaan sholat tahajud, bagaimana tata cara, niat dan doanya? Insya Allah akan dibahas secara lengkap dalam artikel ini.

Hukum Sholat Tahajud

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman dalam Al Qur’an mengenai sholat sunnah paling istimewa ini:

وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَى أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا

“Dan pada sebagian malam hari bertahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; Mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” (QS. Al Israa’: 79)

Awalnya, sholat ini wajib bagi kaum muslimin. Setelah turun perintah sholat lima waktu, sholat ini menjadi sunnah muakkadah (sunnah yang sangat dianjurkan) bagi kaum muslimin. Sedangkan khusus bagi Rasulullah, sholat ini hukumnya wajib sehingga beliau tidak pernah meninggalkannya.

Keutamaan Sholat Tahajud

Keutamaannya sangat luar biasa, yang membuat kita seharusnya termotivasi untuk membiasakan diri mengamalkannya.

1. Kedudukan Terpuji

Sebagaimana firman Allah dalam surat Al Isra ayat 79 di atas, siapa yang ahli sholat tahajud akan diangkat Allah ke tempat/kedudukan terpuji.

2. Kunci Masuk Surga

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Sebarkanlah salam, berilah makan (orang-orang yang membutuhkan), sambungkanlah silaturrahim, dan shalatlah pada malam hari ketika orang lain sedang tidur; niscaya kalian akan masuk surga dengan selamat.” (HR. Tirmidzi)

3. Sholat Sunnah Paling Utama

Tahajud yang juga disebut qiyamul lail atau sholat lail merupakan sholat sunnah yang paling utama. Sebagaimana sabda Rasulullah:

أَفْضَلُ الصَّلَاةِ بَعْدَ الْفَرِيضَةِ قِيَامُ اللَّيْلِ

“Sholat yang paling afdhol setelah sholat fardhu adalah sholat malam” (HR. An Nasa’i)

4. Kemuliaan dan Kewibawaan

Selain mendapatkan kedudukan mulia di akhirat kelak, orang-orang yang ahli shalat tahajud juga akan mendapatkan kedudukan yang mulia di dunia. Allah akan memberinya kemuliaan dan kewibawaan.

وَاعْلَمْ أَنَّ شَرَفَ الْـمُؤْمِنِ قِيَامُهُ بِاللَّيْلِ

“Dan ketahuilah, bahwa kemuliaan dan kewibawaan seorang mukmin itu ada pada shalat malamnya” (HR. Hakim; hasan)

5. Doanya Dikabulkan

Orang yang mengerjakan sholat tahajud kemudian berdoa, insya Allah doanya dikabulkan Allah. Apalagi jika ia melakukannya di sepertiga malam yang terakhir.

6. Kebiasaan Orang Shalih

Sholat ini merupakan kebiasaan orang-orang shalih terdahulu. Maka siapa yang saat ini senantiasa mengerjakannya, maka ia pun tercatat sebagai orang-orang yang shalih sebagaimana mereka.

“Biasakanlah dirimu untuk shalat malam karena hal itu tradisi orang-orang shalih sebelummu, mendekatkan diri kepada Allah, menghapus dosa, menolak penyakit, dan pencegah dari dosa.” (HR. Ahmad)

7. Penghapus dan Pencegah Dosa

Setiap orang pasti memiliki dosa. Dosa-dosa yang kecil bisa berguguran dengan menjalankan sholat sunnah ini sebagaimana hadits di atas.

Yang lebih istimewa lagi, tahajud juga bisa mencegah seseorang dari perbuatan dosa. Orang yang melazimkan tahajud akan mendapatkan taufiq dari Allah Subhanahu wa Ta’ala sehingga dirinya terjauhkan dari maksiat dan dosa.

8. Menolak Penyakit

Di antara keutamaan tahajud adalah menolak penyakit. Dengan izin Allah, orang-orang yang mengamalkan shalat sunnah ini akan dijaga kesehatannya dan dijauhkan dari penyakit. Keutamaan ini telah terbukti secara medis. Baca: Rahasia Shalat Tahajud

Waktu Sholat Tahajud

Tahajud adalah shalat sunnah yang dikerjakan setelah tidur. Waktunya terbentang mulai setelah isya’ hingga sebelum Subuh, dengan didahului tidur. Dan waktu paling utamanya adalah di sepertiga malam yang terakhir.

Tata Cara Sholat Tahajud

Tata cara sholat tahajud pada dasarnya sama dengan sholat sunnah pada umumnya. Sebelum sholat disyaratkan suci dari hadats kecil dan hadats besar; suci badan, pakaian dan tempat dari najis; menutup aurat; dan menghadap kiblat.

Sayyid Sabiq dalam Fiqih Sunnah menerangkan, hendaklah sebelum tidur berniat untuk bangun sholat tahajud sehingga jika ia tertinggal (tidak bisa bangun), tetap mendapat pahalanya.

Syaikh Wahbah Az Zuhaili dalam Fiqih Islam wa Adilatuhu menjelaskan, sebelum memulai sholat tahajud, disunnahkan untuk memakai siwak. Juga disunnahkan mengawalinya dengan dua rakaat ringan.

Sholat tahajud dikerjakan dua rakaat salam, dua rakaat salam. Para ulama berbeda pendapat mengenai batasan jumlah rakaatnya. Rasulullah terkadang melaksanakan 11 rakaat termasuk witir dan terkadang 13 rakaat termasuk witir.

Secara ringkas, tata caranya sama dengan sholat sunnah dua rakaat pada umumnya, yaitu:

  • Niat
  • Takbiratul ihram, diikuti dengan doa iftitah
  • Membaca surat Al Fatihah
  • Membaca surat atau ayat Al Qur’an. Rasulullah biasa membaca surat yang panjang-panjang.
  • Ruku’ dengan tuma’ninah
  • I’tidal dengan tuma’ninah
  • Sujud dengan tuma’ninah
  • Duduk di antara dua sujud dengan tuma’ninah
  • Sujud kedua dengan tuma’ninah
  • Berdiri lagi untuk menunaikan rakaat kedua
  • Membaca surat Al Fatihah
  • Membaca surat atau ayat Al Qur’an. Rasulullah biasa membaca surat yang panjang.
  • Ruku’ dengan tuma’ninah
  • I’tidal dengan tuma’ninah
  • Sujud dengan tuma’ninah
  • Duduk di antara dua sujud dengan tuma’ninah
  • Sujud kedua dengan tuma’ninah
  • Tahiyat akhir dengan tuma’ninah
  • Salam

Demikian diulangi hingga empat kali salam (delapan rakaat). Kemudian berdoa. Dan setelah itu ditutup dengan sholat witir.

Baca juga: sholat dhuha

Niat Sholat Tahajud

Semua ulama sepakat bahwa tempat niat adalah hati. Melafalkan niat bukanlah suatu syarat. Artinya, tidak harus melafalkan niat. Namun menurut jumhur ulama selain madzhab Maliki, hukumnya sunnah dalam rangka membantu hati menghadirkan niat.

Sedangkan dalam madzhab Maliki, yang terbaik adalah tidak melafalkan niat karena tidak ada contohnya dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.

Dalam madzhab Syafi’i, niat sholat tahajud dilafalkan sebagai berikut:

niat sholat tahajud
Usholli sunnatat tahajudi rok’ataini lillahi ta’aalaa

“Aku niat sholat sunnah Tahajud dua rakaat karena Allah Ta’ala”

Doa Sholat Tahajud

Doa setelah sholat tahajud insya Allah dikabulkan oleh-Nya. Terlebih jika dikerjakan di sepertiga malam yang terakhir, waktu paling istijabah untuk berdoa.

يَنْزِلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الآخِرُ يَقُولُ مَنْ يَدْعُونِى فَأَسْتَجِيبَ لَهُ مَنْ يَسْأَلُنِى فَأُعْطِيَهُ مَنْ يَسْتَغْفِرُنِى فَأَغْفِرَ لَهُ

“Rabb kita Tabaraka wa Ta’ala turun setiap malam ke langit dunia ketika masih tersisa sepertiga malam terakhir, lalu Dia berfirman: “Barangsiapa yang memohon ampun kepada-Ku, niscaya Aku mengampuninya. Barangsiapa yang memohon (sesuatu) kepada-Ku, niscaya Aku akan memberinya. Dan barangsiapa yang berdoa kepada-Ku, niscaya Aku akan mengabulkannya.” (HR. Bukhari)

Maka apa pun permintaan seorang hamba, mohonkanlah kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Baik kebutuhan dunia maupun kebutuhan akhirat. Terutama meminta ampun kepada Allah Subhanahhu wa Ta’ala karena bacaan paling utama di sepertiga malam terakhir adalah istighfar.

Rasulullah juga mengajarkan doa khusus untuk sholat tahajud. Yakni doa sholat tahajud yang dibaca sebagai doa iftitah:

Pertama, dari riwayat Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhu:

doa sholat tahajud

اَللّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ نُوْرُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ قَيِّمُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ رَبُّ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، أَنْتَ الْحَقُّ، وَوَعْدُكَ الْحَقُّ، وَقَوْلُكَ الْحَقُّ، وَلِقَاؤُكَ الْحَقُّ، وَالْجَنَّةُ حَقٌّ، وَالنَّارُ حَقٌّ، وَالسَّاعَةُ حَقٌّ،

اَللّهُمَّ لَكَ أَسْلَمْتُ، وَبِكَ آمَنْتُ، وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ، وَإِلَيْكَ أَنَبْتُ، وَبِكَ خَاصَمْتُ، وَإِلَيْكَ حَاكَمْتُ. فَاغْفِرْ لِيْ مَا قَدَّمْتُ وَمَا أَخَّرْتُ، وَمَا أَسْرَرْتُ وَمَا أَعْلَنْتُ، أَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَأَنْتَ الْمُؤَخِّرُ، أَنْتَ إِلٰهِيْ لاَ إِلٰهَ إِلاَّ أَنْتَ

Ya Allah, hanya milik-Mu segala puji, Engkau cahaya langit dan bumi serta siapa saja yang ada di sana. Hanya milikMu segala puji, Engkau yang mengatur langit dan bumi serta siapa saja yang ada di sana. Hanya milikMu segala puji, Engkau pencipta langit dan bumi serta siapa saja yang ada di sana. Engkau Maha benar, janji-Mu benar, firman-Mu benar, pertemuan dengan-Mu benar. Surga itu benar, neraka itu benar, dan kiamat itu benar.

Ya Allah, hanya kepada-Mu aku pasrah diri, hanya kepada-Mu aku beriman, hanya kepada-Mu aku bertawakkal, hanya kepada-Mu aku bertaubat, hanya dengan petunjuk-Mu aku berdebat, hanya kepada-Mu aku memohon keputusan, karena itu, ampunilah aku atas dosaku yang telah lewat dan yang akan datang, yang kulakukan sembunyi-sembunyi maupun yang kulakukan terang-terangan. Engkau yang paling awal dan yang paling akhir. Engkau Tuhanku. Tiada tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau. (HR. Muslim, Ibnu Majah dan Ahmad)

Kedua, dari riwayat Aisyah radhiyallahu ‘anha:

Doa sholat tahajud dan artinya

اللَّهُمَّ رَبَّ جِبْرِيلَ وَمِيكَائِيلَ وَإِسْرَافِيلَ فَاطِرَ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِ عَالِمَ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ أَنْتَ تَحْكُمُ بَيْنَ عِبَادِكَ فِيمَا كَانُوا فِيهِ يَخْتَلِفُونَ، اهْدِنِي لِمَا اخْتُلِفَ فِيهِ مِنَ الْحَقِّ بِإِذْنِكَ إِنَّكَ أَنْتَ تَهْدِي مَنْ تَشَاءُ إِلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِيمٍ

Ya Allah, Tuhannya Jibril, Mikail, dan Israfil. Pencipta langit dan bumi. Yang mengetahui yang gaib dan yang nampak. Engkau yang memutuskan diantara hamba-Mu terhadap apa yang mereka perselisihkan. Berilah petunjuk kepadaku untuk menggapai kebenaran yang diperselisihan dengan izin-Mu. Sesungguhnya Engkau memberi petunjuk kepada siapa saja yang Engkau kehendaki menuju jalan yang lurus. (HR. Muslim, Tirmidzi dan Abu Daud)

Doa tersebut dibaca Rasulullah saat mengawali sholat tahajud, yakni dibaca sebagai doa iftitah.

Adapun doa setelah sholat tahajud, kita bebas berdoa dengan segala doa yang baik. Terutama doa dari Al Quran dan Hadits. Boleh juga doa kita sendiri, bahkan yang berbahasa Indonesia juga tidak dilarang.

Motivasi Sholat Tahajud

Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu mengatakan, “Keutamaan sholat malam dibanding sholat di siang hari seperti keutamaan sedekah secara sembunyi-sembunyi dibanding sedekah terang-terangan.”

Aisyah radhiyallahu ‘anha berkata, “Hendaklah kalian mengerjakan qiyamullail karena Rasulullah tidak pernah meninggalkannya. Jika beliau sakit, maka beliau mengerjakannya sambil duduk.”

Abu Dzar Al Ghifari radhiyallahu ‘anhu berkata, “Rajinlah mengerjakan sholat tahajud di kegelapan malam untuk menghadapi sepi dan gelapnya di alam kubur.”

Sa’id bin Musayyab rahimahullah mengatakan, “Sungguh orang yang bangun malam lalu menunaikan sholat tahajud, Allah akan memberikan kepadanya wajah yang berseri hingga dicintai oleh setiap muslim.”

Yahya bin Muadz rahimahullah mengatakan, “Kami tidak pernah mendapati keutamaan yang lebih utama daripada sholat malam.”

Tsabit Al Banani rahimahullah mengatakan, “Seseorang tak bisa disebut sebagai ahli ibadah meskipun ia mengerjakan berbagai amal kebajikan sampai ia mengerjakan dua perkara yakni sholat tahajud di malam hari dan puasa sunnah di siang hari. Karena keduanya merupakan darah daging baginya.”

Menjelang wafat, Amir bin Qais menangis. Ketika ditanya apa sebabnya, ia menjawab: “Aku menangis bukan karena takut mati dan bukan karena tamak terhadap dunia. Aku menangis karena merasa kurang puasa dan sholat malam.”

Semoga kita semua dimudahkan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala untuk membiasakan sholat tahajud serta merasakan kenikmatan sholat malam ini. Semoga Dia juga menganugerahkan kepada kita ridho dan rahmatNya serta menganugerahkan kita keutamaan-keutamaan sholat yang sangat luar biasa ini. [Muchlisin BK/BersamaDakwah]

249 KOMENTAR

  1. Sholat tahajud harus tidur dulu ya? Bagaimana kalau sholat sebelum tidur karena khawatir tidak bisa bangun di akhir malam?

    • Iya. Kalau sholat sebelum tidur tidak disebut tahajud namun tetap termasuk bagian dari qiyamul lail. Karena qiyamul lail bukan hanya tahajud. Bahkan Syaikh Abdurrahman Al Juzairi dalam Fiqih Empat Madzhab menyebutkan, kalaupun seseorang hanya sholat witir satu rakaat setelah isya’, itu sudah termasuk qiyamul lail. Wallahu a’lam bish shawab.

      • Tahajud dilakukan pada waktu setelah Isya smp dgn sblm Shubuh, itu artinya tidur bukan syarat mutlak. Mengapa dianjurkan 1/3 terakhir malam, krn biasanya orang tdr setelah Isya. Maka sblm Shubuh datang bisa melakukan Tahajud terlebih dahulu. Dan ketika Ramadhan masuk, maka Tahajud digantikan dgn Tarawih.

        • Tahajud itu syaratnya harus tidur dulu, kalo sebelum tidur namanya sholat malam atau sholat witir.. itulah keistimewaan tahajud, makanya Fadillah ya banyak, untuk mendapatkannya di sepertiga malam harus benar” niat karena Allah…

        • Tidur adalah syarat mutlak/syarat sah sholat tahajud, bila tidak tidur dulu maka itu bukan sholat tahajud. Dan lalu tahajid dan tarawih itu berbeda. Tahajud adalah sholat sunnah yang paling utama sedangkan tarawih adalah sholat sunah yang hanya ada waktu bulan ramadhan. Maaf mas seharusnya anda tidak harus memaksakan menjawab pertanyaan yang diluar batas otak anda. Jangan asal menjawab pertanyaan, apalagi tentang agama. Anda bisa menyesatkan dan bisa membuat orang lain dalam bahaya. Dan itu membuat anda berdosa, termasuk orang² yang dzolim. Perbanyak lagi mas ya ilmu agamanya supaya tidak menyesatkan saudaranya yang lain seperti kejadian ini. Amin.

      • Maaf saya mau tanya, saya kurang paham sholat tahajud, kalau sdh dilakukan 8 rakaat, apakah sholat witir harus dikerjakan jg setelah sholat tahajud?

        • Nabi muhamad saw melakukan sholat witir setelah sholat tahajud. Anjurannya lebih bagus sholat witir setelah sholat tahajud namun bila tidak dilakukan engga apa – apa

  2. Suka kalau bersamadakwah membahas ibadah seperti sholat tahajud dan sholat dhuha. Kalau kebanyakan politik jadi panas. Maaf ye

    • Terima kasih masukannya. Mohon doanya agar BersamaDakwah semakin banyak konten seperti sholat tahajud ini, dan kalaupun ada berita politik semoga itu mengedukasi umat karena Islam itu syamil mutakamil, menyeluruh dan sempurna. Sebagaimana AL Quran juga mengatur kepemimpinan dan politik.

  3. Seorang pemimpin politik yg tidak tunaikan solat ini TIDAK LAYAK sebagai pemimpin kerana…. dgn solat ini akan meringankan beban tanggungjawabnya. Allah SWT akan sentiasa bantu kpd pemimpin yg jaga solat sunnah ini.

  4. Tuma’ninah apakah yang diam /berhenti anggota badan termasuk mulutnya ? Ataukah hanya anggota badan. Sedangkan mulutnya masih baca2 doa..misalnya doa saat duduk diantara sujud ?
    Mohon penjelasan

  5. Trimakasih atas ulasannya..sy bbrpa kali terbangun u’ tunaikan shlt tahajud tp sbg gantinya sy ga bisa ikut shlt subuh berjamaah di madjid akbt terlambat bangun..adakah solusinya bagi saya???

    • Assalamualikum akh edi
      Solusi terbaik mungkin dengan cara kita atur waktu tahajudnya.
      Misal subuh jam 05.45, nah kita bisa shalat tahajud di jam 04.00
      Setelah shalat bisa di isi dengan amalan2 sprti dzikir,tadarus dll sambil menunggu waktu subuh.

    • Betul akhi… shalat sunnah tahajjudnya sepertiga malam terakhir saja biar sesudahnya langsung ikut shalat shubuh berjamaah.

  6. Assalmualaikum….Maaf boleh tanya apakah sholat witir bisa dikerjakan setelah sholat isya.lalu sholat tahajud atau sholat isya kemudian bangun disepertiga malam lalu sholat tahajud 2 rokaat kemudian sholat lagi (witir)3 rokaat.mohon pencerahannya terima kasih.wassalamualaikum..

    • Wa’alaikum salam warahmatullah.

      Sebaiknya sholat witir hanya sekali. Sebab menurut para ulama, makruh mengerjakan witir dua kali berdasarkan sabda Rasulullah:

      لاَ وِتْرَانِ فِي لَيْلَةٍ

      “Tidak ada dua witir dalam satu malam.” (Hr. Tirmidzi, Abu Daud dan Ahmad; shahih)

      Jika telah witir sebelum tidur, tidak perlu witir lagi setelah selesai sholat tahajud.

      Wallahu a’lam bish shawab.

  7. Assalamu’alaikum. Mau nanya. Misalkan ingin shalat tahajud 11 rakaat, apakah caranya dengan shalat 2 rakaat sebanyak 5 kali ditambah 1 rakaat sebagai witir atau shalat 2 rakaat sebanyak 4 kali ditambah 3 rakaat sebagai witir

  8. Assalamu’alaikum. Mau nanya. Misalkan ingin shalat tahajud 11 rakaat, apakah caranya dengan shalat 2 rakaat sebanyak 5 kali ditambah 1 rakaat sebagai witir atau shalat 2 rakaat sebanyak 4 kali ditambah 3 rakaat sebagai witir

    • Wa’alaikum salam warahmatullah.
      Yang biasa dikerjakan Rasulullah, sholat tahajud 8 rakaat (2 rakaat salam sebanyak 4 kali) kemudian sholat witir 3 rakaat. Wallahu a’lam bish shawab.

      • Assalamu’alaikum mau nanya,kalo misalkan kita belom tidur apa kita boleh melakukan sholat tahajud di karna kan kita gabisa tdr

        • Wa’alaikum salam warahmatullah. Sholat tahajud disunnahkan setelah tidur malam karena tahajjud terkait dengan hajada (tidur malam). Namun ada pula sebagian ulama yang berpendapat boleh sebelum tidur. Wallahu a’lam bish shawab.

  9. Maaf saya mau nanya. Saya baru tidur sekitar 15/20menit lalu dibangunkan disuruh makan. Stlah makan itu saya ingin melakukan solat tahajud apa kah tidak masalah?? Baru tidur sbentar??tapi saya tidur sudah merasa terlelap??

  10. Subhanallah,, trima kasih akhi, ukhti, untuk ilmu dan pembahasannya… Sangat bermanfaat dan membantu.. Semoga Allah senantiasa memberikan rahmat serta keselamatan dunia akhirat untuk seluruh kaum muslimin dan muslimat… Amin…

  11. assalamualaikum..
    trma ksh atas pencerahan,,
    sy mau tanya,bagaimana yg benar shalat tahajud 2rakaat lalu bertasbih,berdoa memohon sm allah kmudian lanjut shalat tahajud lagi dn berdoa kmbli,tahajud lg bgtu sterusnya baru witir.
    apa shalat tahajud 2 rakaat,tahajud 2 rakaat,tahajud 2rakaat,tahajud 2 rakaat, bertasbih,berdoa,shalawat dan baru wittir???

  12. Assalamualaikum….saya baru pertama sholat..tapi bingung
    Doa untuk sholat tahajud..semoga ini bisa merubah hidup saya yg lebih baik…mohon pencerahannya

    • Wa’alaikum salam warahmatullah.
      Doa sholat tahajud yang biasa dibaca Rasulullah saat iftitah bisa dibaca di artikel http://bersamadakwah.net/doa-sholat-tahajud
      Doa tersebut tidak wajib sehingga bagi yang kesulitan, bisa baca doa iftitah sebagaimana biasanya yang dihafal.

      Adapun doa setelah selesai sholat, karena sudah di luar sholat, boleh menggunakan bahasa Indonesia. Wallahu a’lam bish shawab.

  13. Assalammualaikum

    #”Iya. Kalau sholat sebelum tidur tidak disebut tahajud namun tetap termasuk bagian dari qiyamul lail. Karena qiyamul lail bukan hanya tahajud”

    Kalau tidak disebut tahajud, lalu niatnya bagaimana? Apa masih boleh diniatkan dengan solat tahajud?

    Sebab saya biasanya tidur lewat, sebelum tidur saya solat tahajud…nanti subuh bangun lagi…

    • Wa’alaikum salam warahmatullah.

      Bisa sholat hajat atau sholat sunnah mutlaq, lalu ditutup dengan sholat witir..
      Sholat malam yang umum dikerjakan sahabat (misalnya Abu Bakar Ash Shiddiq radhiyallahu ‘anhu) sebelum tidur adalah sholat witir.

      Wallahu a’lam bish shawab.

  14. doa tahajud tsb mksdnya sebagai pengganti iftitah? Atau dibaca stlh sholat tahajudny?? Mohon penjelasanny… Terim ksh

  15. Saya ingin sholat tahajjud,tp msh bingung niatnya di lafalkn secara lisan atau dalam hati..?terus waktu membaca do’a alfatihah dan surath an-nas misalnya,apakah dilafalkn secara lisan atau di dlm hati..?mohon penjelasannya.terima kasih.

    • Alhamdulillah… semoga Allah memudahkan Pak Rudi. Niat baiknya sudah berpahala, insya Allah. Untuk niat, boleh dalam hati, boleh dilafalkan. Karena para ulama berbeda pendapat.

      Jika sholat tahajud berjamaah, Surat Al Fatihah dan surat lainnya dibaca keras (jahr) oleh imam. Jika sholat sendirian, boleh dibaca sebatas kita sendiri yang mendengar. Wallahu a’lam bish shawab.

      • Assallamuallaikum maaf sy mau tanya apakah sholat sunat bisa dilakukan secara berjamaah? Misal solat tahajud, dhuha dsb? Terimakasih… Wasalam

  16. Assalamu’alaikum
    Terimakasih atas ilmu nya, sangat bermafaat .
    Semoga kita selalu diberikan kemudahan dalam mengerjakan sholat tahajud.

  17. saya mau tanya ibu saya datang bulan tidak berhenti-berhenti smpai udah beberapa bulan dia ingin sholat apakah di terima sholatnya? mhon di balas ya

  18. Mau tanya, saya baru beberapa hari melaksakan shalat tahajud, shalat tahajut yang dikerjakan 2 rakaat itu 1 x salam seperti shalat subuh atau 2 x salam?

  19. Assalamualaikum maaf aku mau nanya saya sholat tahajud tp tdk sholat witir apakah sholat tahajud nya sah makasih

  20. mau tanya,saat melaksanakan solat tahajud setelah membaca faihah,apa harus membaca ayat tertetu atau ayat apa aja bisa,,,soalnya ada suatu buku yang menjelaska setelah fatihah itu harus membaca ayat yang sudah ditentu kan,mohon penjelasan,trimakasih,

  21. Aslamualaikum ana mau bertnya apakah bacaan surat saat shalat tahajud harus dikeraskan atau dgn suara pelan sja???

    • Wa’alaikum salam warahmatullah.

      Jika sholat tahajud berjamaah, Surat Al Fatihah dan surat lainnya dibaca keras (jahr) oleh imam. Jika sholat sendirian, boleh dibaca jahr namun tidak sampai mengganggu orang lain, bisa juga sebatas kita sendiri yang mendengar. Wallahu a’lam bish shawab.

  22. bagaimana jika sholat tahajud,sholat hajat,dan sholat istiqhoroh di lakukan secara bersamaan??
    urutannya bagaimana??
    di kerjakan pada waktu apa??
    terima kasih

    • Jika ingin mengerjakan sholat tahajud, sholat hajat dan sholat istikhoroh berurutan, yang memungkinkan adalah waktu malam. Yang paling utama, sepertiga malam terkahir. Urutannya tidak masalah, namun sebaiknya diakhiri dengan sholat witir. Wallahu a’lam bish shawab.

  23. Kalo sholat tahajud di akhiri witir itu gimana maksudnya, kita sholat tahjud dulu terus baca doa tahajud terus dzikir baru Witir, atau beres salam tahajud langsung niat Witir baru baca doa tahajud terus witir, mohon pemcerahannya unstad

    • Boleh sholat tahajud kemudian berdoa lalu sholat witir dan setelah itu berdoa lagi.
      Boleh pula sholat tahajud kemudian witir setelah itu baru berdoa. Wallahu a’lam bish shawab.

  24. Baru tahu Fadilah dari shalat tahajjud, soalnya dikitab-kitab salaf gak diterangkan secara terperinci. Aswajasalaf.com

  25. Ass.wr.wb. mau nanya pak. Ini mengenai sholat tahajud, ap boleh ya di laksanakang sampy 40 raka’at??? Dan pertnyaang ke2 kami dziqir yg mana yg bagus di baca pak ? Mhn pencerahanya

    • Wa’alaikum salam warahmatullahi wabarakatuh.
      Rasulullah biasa mengerjakan sholat tahajud delapan rakaat dan sholat witir tiga rakaat. Namun menurut jumhur ulama, itu bukan batasan. Sehingga boleh menambah jumlah rakaat sholat tahajud.

      Tidak ada dzikir khusus yang diwajibkan. Namun ada dua doa iftitah dalam sholat tahajud sebagaimana diriwayatkan Imam Musim dari Ibnu Abbas dan satunya dari Aisyah. Bisa dibaca di doa sholat tahajud.

      Wallahu a’lam bish shawab.

  26. Di postingan yg lain saya melihat di sarankan membaca ayat pendek,dan di bagian ahir hanya tahhiyat awal setelah itu salam,,apa betul seperti itu mohon pencerahan..

  27. Assalamualaikum, saya mau tanya d buku risalah yg saya bca tata cara sholat tahajud pada saat ruku’ dan sujud dibaca tasbih 3 kali itu benar ga. . ??

  28. Asallamualaikum

    Maap mau tanya saya masih bingung dengan bacaan doa solat tahajud,lebih baiknya gimana dibaca setelah salam atau setelah selesai solat dengan membaca doa selamat.

  29. asallamualaikum wr.wb maaf pak saya mau bertanya.. apakah boleh jika kita tidak membaca doa iftitah tahajud, Namun kita mengganti nya dengan membaca iftitah shalat wajib??

  30. Sollat tahazud hendak lah tidur dulu karena klo kita belum tidur itu sama halnya seperti soholat biasa saja

    • Termasuk sholat malam (qiyamul lail) juga. Yang lebih sempurna, seperti diterangkan Sayyid Sabiq dalam Fiqih Sunnah, tidur dulu dan di tengah malam atau akhir malam bangun untuk melakukan sholat tahajud ini. Sehingga keutamaannya banyak, tidak hanya mendapat keutamaan sholat tahajud tapi juga keutamaan ittiba’ (mengikuti sunnah Rasul). Wallahu a’lam bish shawab.

  31. Allahuakbar ternyata shalat tahajud bisa menghapuskan penyakit,Ya Allah kenapa saya baru tau sekarang astaghfirullah ‘alazim

  32. Sholat tahajud kan dimulai dari sesudah isya dan sebelum subuh kan harus tidur dulu ni kalo kira2 pembagian jamnya mulai dari 1/1 1/2 1/3 itu jam berapa aja iya?

  33. Assallamuallaikum ?
    Mau tanya ?
    Sholat tahajud sama sholat hajat beda kah ?
    Yg sholat sujud nya lama itu hajat apa tahajud ?

  34. Assalamualaikum warahmahtullahi wabarakatu..
    Mau nanya setelah melaksanakan shalat tahajut, apakah wajib shalat witir lagi??? Jazakallahu khairan

    • Wa’alaikum salam warahmatullahi wabarakatuh.
      Jika sudah sholat witir (misalnya waktu Ramadhan witirnya berjamaah setelah tarawih), tidak perlu witir lagi setelah sholat tahajud. Sholat Witir hanya sekali dalam satu malam.

  35. Assalamu’alaikum, maaf mau bertanya …
    Jika sebelum sholat isya ketiduran kemudian terbangun tengah malam apakah boleh sholat tahajud setelah sholat isya?

  36. Assalamualaikum..

    Mohon bantu doa ustad, agar saya bisa Istiqomah untuk melakukan sholat tahajud,
    Agar terhindar dari perbuatan yg tercela, agar terselesaikan dari urusan hutang, agar bisa menunaikan ibadah haji ke baitullah.

    Amin.

  37. assalamualaikum, saya mau tanya pak ustad. kalau kita belum ada tidur trus kita mau sholat tahajud apakah bisa di katakan sholat tahajud pak ustad?

    • Wa’alaikum salam warahmatullah. Sebagian besar ulama mengatakan itu belum termasuk sholat tahajud, namun sebagian lain mengatakan termasuk. Jika memang khawatir tidak bisa bangun tengah malam atau akhir malam untuk sholat tahajud, sebaiknya shalat witir sebelum tidur sebagaimana yang diamalkan oleh Abu Bakar ash shidiq radhiyallahu ‘anhu.

  38. Assalamualaikum..
    Sya Mau nnya Blh g shlt tahajud nya 2 rakaat ,trus smbung shlt witir ,kli bsa gmna cranya?

  39. Komentar:assalamualaikum, punten mau tanya klo msalnya kita ktduran stlah salat magrib blm slat isya. Trus bngun jam 11 malam dan salat isya apa bsa stelahnya slat tahajud.

  40. ass. wr.wb.
    apakah sholat tahajud memiliki ayat khusus dan wajib setelah doa alfatihah.
    atau bebas menggunakan ayat ala saja yg pebting. dari dalam kitab suci alqur an.
    mohon oenjelasan nya ustad

  41. ass. wr.wb.
    apakah sholat tahajud memiliki ayat khusus dan wajib setelah doa alfatihah.
    atau bebas menggunakan ayat ala saja yg pebting. dari dalam kitab suci alqur an.
    mohon oenjelasan nya ustad

    • Wa’alaikum salam warahmatullahi wabarakatuh.
      Dalam sholat tahajud, setelah membaca surat Al Fatihah boleh membaca surat apa pun dari Al Quran. Ada pun Rasulullah, beliau biasa membaca surat-surat yang panjang. Pernah dalam satu rakaat beliau membaca Surat Al Baqarah, Surat An Nisa’ dan Surat Ali Imran.

  42. Assalamu’alaikum tengku
    Mohon maaf sebelumnya,saya mintak izin untuk copi artikel nya,karena saya susah mengingat,ingatan saya sudah lemah tengku…
    Mohon izinnya tengku..

  43. Subhanallah,semoga kita selalu menjadi orang Istiqomah dalam menjalan kan perintah Allah dan Sunnah Rasulullah

  44. ass. wr.wb mau nanya, kalau ketika melaksanakan shalat tahajud tidak pakai iftitah sah kah shalatnya ? makasih

    • Wa’alaikum salam warahmatullah. Bisa dikerjakan langsung tiga rakaat sekali salam seperti shalat Maghrib tapi tanpa tahiyat awal.
      Bisa juga dikerjakan dua rakaat salam, setelah itu satu rakaat salam.

  45. Assalamualaikum pak apa bedanya sholat istikharah dengan sholat tahajud? Jika di sholat istikharah berbeda dengan yg kita harapkan apa saya boleh sholat tahajud agar di kabulkan permintaan saya?
    Wassalamualaikum

    • Wa’alaikum salam warahmatullah. Shalat istikharah disyariatkan jika kita hendak menentukan pilihan di antara dua alternatif atau lebih. Sedangkan shalat tahajud adalah shalat sunnah utama yang disebutkan dalam Al Quran dan tidak pernah ditinggalkan Rasulullah, yang membuat hamba lebih dekat kepada Allah dan doa-doanya dikabulkanNya.

      Sebaiknya jika telah mendapat kemantapan hati setelah istikharah, ikuti kemantapan hati itu. Jika tidak sesuai dengan harapan dan masih ragu, berarti belum mendapatkan jawaban dan kemantapan hati dari shalat istikharah tersebut. Bisa dilanjutkan istikharahnya sambil juga mengerjakan sholat tahajud seraya memohon dimudahkan Allah Subhanahu wa Ta’ala.

      Adapun jika tidak ragu memilih, hanya punya satu harapan, bisa langsung berdoa dengan sholat tahajud atau sholat hajat. Wallahu a’lam bish shawab.

  46. Assalamualikum saya mau nanya bagaimana hukum nya jika setelah solat tahajud lalu kita mengerjakan solat hajjat, itu boleh tidak? Mohon di jawab, trimakaasih

  47. Kalau tidak tidur tapi menunggu sampe sepertiga malam jam 1 itu apakah boleh sholat tahajud kan di komen banyak yang bilang harus tidur dulu saya belum mengerti mohon di jawab

    • Kalau sholat tahajud berjamaah, niatnya menyesuaikan posisi sebagai imam atau sebagai makmum. Jika sebagai imam, niatkan jadi imam. Jika sebagai makmum, niatkan menjadi makmum.

  48. Assalamualaikum pa ustadz,saya mau nanya shalat tahajud tu blh ga ya dikerjain 2 atw 4 rakakatt.trs setelah selesai shlt qt diwajibkan ga zikir setelah tu berdoa.mohin penjelasannya

    • Wa’alaikum salam warahmatullah. Sholat tahajud bisa dikerjakan dua rakaat dan ini yang paling minimal. Jika ada waktu dan ingin menambah lagi, ditambah dua rakaat jadi empat rakaat, itu lebih baik. Rasululah biasa mengerjakan delapan rakaat. Setelah sholat, tidak harus berzikir dan berdoa. Namun jika berdoa, itu bagus sekali karena di waktu itu doa-doa lebih dikabulkan Allah. Wallahu a’lam bish shawab.

  49. Assalamualaikum pak mau bertanya sholat saya sering bolong apakah boleh saja sholat tahajud tetapi tidak sholat lima waktu, lalu apakah di wajibkan setelah sholat tahajud harus sholat witir? Terimakasih wassalamualaikum

    • Wa’alaikum salam warahmatullah. Setelah sholat tahajud tidak wajib sholat witir. Namun lebih utama jika sholat sunnah di malam hari diakhiri dengan sholat witir.

  50. Assalamualaikum..
    Mohon izin saya berbagi cerita ..
    Jujur saya memang sering meninggalkan sholat, dan bahkan, saya juga sering melaksanakan sholat jika saya mengikuti kompetisi atau tes bagi karir saya. Tapi tidak pernah lulus, dan suatu ketika saya mendapatkan musibah yg mengharuskan saya, untuk meninggalkan hal tersebut, sangat susah sekali, karna saking berat nya, saya selalu menangis setiap hari dalam satu bulanan, walaupun saya sudah tahu ,saya harus meninggalkan ini sejak dua tahun yg lalu . Dan akhirnya saya berniat sholat takhajud, awalnya sebelum tidur, saya hidupkan alarm jam satu malam, saya berubah fikiran, karna saya sangat yakin, saya akan terbangun dg sendirinya jika memang ini benar jalan dari allah swt, saya tidur jam sepuluh malam, dan terbangun jam satu malam tepat.. saya bahagia sekali, dari niat saya saja allah mengabulkan nya, apalagi saya melaksanakan niat saya, setelah itu, saya semakin yakin memang benar adanya, saya sholat isya terlebih dahulu, dan lanjut dua rakaat tahajud, dan istikharah.. dan berdoa mohon petunjuk..setelah itu saya melanjutkan tidur, dan saya DI beri petunjuk malam itu juga melalui mimpi dan kemantapan hati saya. Berkat orang tua saya juga. Saya bisa meninggalkan hal tersebut , sampai sekarang sudah tujuh bulan lamanya saya telah melupakan semua. Dan saya memang membuktikan sendiri , doa saya DI dikabulkan, walaupun saya sering meninggalkan sholat. Dan sekarang saya mau melakukan sholat tahajud lagi.. saya mau mengikuti tes untuk karir saya, semoga allah juga mengabulkan doa saya dan doa orang tua saya, dan memantapkan hati saya untuk terus melaksanakan sholat malam . Amin ya allah.. maaf saya hanya mau berbagi. Maaf jika ada salah kata. Wassalam 🙂

  51. saya mau tanya misal saya tidur jam 7 atau jam 8 dan saya bangun jam 9 atau 10, intinya tdr 2-3 jaman itu saya harus tdr lagi untuk melakukan sholat tahajud? karena saya biasanya sholat tahajud jam 1-2

  52. Boleh tidak misalkan sebelum tidur kita wudhu aga pas shalat tahajud tidak perlu wudhu di karenakan posisi kamar mandi diluar dan jauh ,lebih ke takut sih

    • Tidur merupakan pembatal wudhu. Jadi jika ingin sholat tahajud setelah tidur, harus berwudhu dulu. Jika takut ada orang jahat atau semisalnya, bisa disiasati menyediakan air wudhu di kamar atau di tempat yang dekat.

      • Mas klo hbs smbayang magrib dan isyakan harus tdr klo ga tdur smpe jam 1 baru shoalt tahajud tu kan hampir sma dengan solat sunah 2rakaat itu ga pke slam yah langsung nerdiri lgi klo sdh 1 kli smbayang lanjutkan lgi kah gtu yah

    • Mohon maaf, saya bantu jawab.
      Sebagian ulama berpendapat bahwa Tidur itu membatalkan wudhu.
      Jadi sebaiknya Setelah bangun tidur, wudhu dahulu sebelum sholat Tahajud
      Terima kasih

  53. Muchlisin bk saya mau bljr mas tpi msh ga ngerti tata cara.a dan waktu sholat.a udh itu harus habis isya dan magrib yah
    Dan tata cara.a klo bsa jelas kan donk klo diatas agk bingung

    • Waktu sholat tahajud malam hari, setelah isya, khususnya setelah tidur. Dikerjakan di sepertiga malam terakhir (sekitar jam 2 atau jam 3) lebih utama.

      Caranya sama dengan sholat dua rakaat lainnya. Yang membedakan adalah niat. Jika ingin lebih sempurna, doa iftitahnya seperti pada artikel di atas.

  54. Maaf sebelumnya solat tahajud itu kan lebih afdol dikerjakan di sepertiga malam ya? Kira”sepertiga malam itu jm berapa ya trimakasih

  55. Mau tanya dong..klo solat tahajud jam 2an dan belum tdur itu gmna ? Gppa kah ? Soal’a sya sering tdk bsa tdur mlm,kdang smpe subuh mata msih melek.

    • Para ulama sepakat, seluruh sholat sunnah di malam hari termasuk qiyamul lail (mendirikan malam, shalat malam) entah didahului tidur atau tidak. Sedangkan untuk tahajud, banyak ulama menjelaskan perlu tidur dulu karena dari namanya, shalat tahajud terkait dengan hajada yang artinya tidur malam.

  56. Sebelumnya mohon maaf.. lebih baik sebelum komen dibaca dulu Kakak2 semua.. istilahnya kalau makan dikunyah dulu sebelum ditelan.. kalau setelah baca ada yang ga paham baru bertanya, tapi pertanyaannya lebih baik diluar dari apa yang sudah dijelaskan sebelumnya.. maaf lho ya, biar to the point..

  57. Assalamualaikum ustadz
    Saya sangat awam sekali tentang sholat ” wajib dan sunnah tapi saya berniat sholat tahajjud tapi saya kurang paham akan cara” dan doa ” nya
    Mohon bantuan nya ustadz

    • Boleh doa dulu baru witir, boleh witir dulu.
      Yang juga sangat baik, setelah sholat tahajud berdoa dengan doa sesuai permintaan kita, lalu setelah witir berdoa dengan doa witir yang diajarkan Rasulullah. Doa witir tersebut bisa dibaca di Sholat Witir

  58. Kalo sholat tahajud di lakukan sebelum dan sdh mendekati sholat subuh gmna,apa di perboleh kan?mohon pencerahan nya terima kasih

  59. Assalamu’alaikum, saya ingin bertanya apakah saat melaksanakan shalat tahajud harus membaca doa iftitah dahulu? Terima kasih.

    • Wa’alaikum salam warahmatullah. Doa iftitah hukumnya sunnah, tidak wajib. Meskipun tidak membaca doa iftitah, sholat tetap sah. Namun jika ingin sholat tahajud sempurna, sebaiknya membaca doa iftitah dengan doa yang telah diajarkan Rasulullah.

  60. Assalamualaiqum ww.ustad saya sangat pengen melakukan sholat tahajud, masalah nya saya menderita insomnia pak ustad paling bisa tidur ba’da subuh solusi ny gimana ya pak ustad

    • Wa’alaikum salam warahmatullahi wabarakatuh. Sebagian ulama berpendapat bahwa sholat tahajud tidak harus tidur dulu. Jadi di sepertiga malam terakhir Mas Edwar bisa sholat tahajud meskipun belum tidur.

  61. Assalamulaikum
    Mau nanya apabila kita melaksanakan shalat tahajud 8 rakaat , 2 rakaat 1 salam? Apakah boleh setiap satu salam itu bacaan surat alquran setelah alfatihah boleh sama?

    • Wa’alaikum salam warahmatullah. Boleh, karena pernah ada Sahabat Nabi yang setiap rakaat baca surat Al Ikhlas karena ia mencintai surat tersebut. Rasulullah tidak melarangnya.

  62. Biasanya Setiap Bulan Romadhon saya sering Begadang Di musholla sambil tadarus… Sholat Apa yg harus dikerjakan ? Karena Saya Tidak Tidur Hingga Sahur.

    • Sebagian ulama berpendapat sholat tahajud tidak harus tidur dulu. Jika mengikuti pendapat ini, Mas Chisbu bisa sholat tahajud pada tengah malam atau di sepertiga terakhir.

      Jika mengikuti pendapat ulama yang mengharuskan tahajud harus tidur dulu, bisa melakukan sholat hajat atau sholat lainnya.

  63. Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh, apakah bacaan alfatihat dan surat2 lainnya dlm sholat tahajjuf dijaharkan atau gimana, mohon penjelasannya.

  64. Assalamu Alaikum… sy mau tanya nih pak ustad, apakah boleh kita mengerjakan shalat sunnat witir setelah shalat Tahajjut, sementara sudah mau masuk shalat Subuh. Apakah boleh kita shalat Sunnat lagi di Masjid padahal kita sudah menutupnya dengan witir, ataukah kita tidak harus mengerjakan Shalat Witir tersebut

    • Wa’alaikum salam warahmatullah. Boleh sholat witir setelah sholat tahajud meskipun sudah mau masuk waktu Subuh. Bahkan kalaupun pada rakaat ketiga dari sholat witir terdengar adzan, lanjutkan sholatnya sampai selesai, jangan dibatalkan.

      Di masjid boleh sholat sunnah meskipun sudah sholat witir, khususnya sholat tahiyatul masjid. Jika sudah adzan Subuh, boleh sholat sunnah qabliyah Subuh atau sholat fajar.

    • Wa’alaikum salam warahmatullah. Banyak cara boleh kita gunakan agar bisa bangun untuk sholat tahajud. Entah itu alarm, minta dibangunkan orangtua atau keluarga, dll.

  65. Syarat utama sholat tahajud adalah tidur lalu bangun di sepertiga malam,

    Pertanyaan saya, apakah kondisi bangun nya harus disengaja atau tidak ?

    Semisal jika di sengaja, sebelum tidur pasang alarm jam 1 trus bangun dan melaksanakan sholat tahajud. Apakah itu sah, apakah tetap dinamakan melaksanakan sholat tahajud atau bukan ?

  66. Assalamualaikum ust saya mau tanya..misal kita bangun mau mengerjakan shalat tahajut tetapi dislah satu masjid udah ada yg adzan subuh apa masih bisa..dan bacaan suratnya apa harus yg panjang panjang?..terimakasih

    • Wa’alaikum salam warahmatullah. Jika belum terbit fajar (masuk waktu Subuh), masih boleh sholat tahajud. Bacaan sholat tahajud tidak harus surat yang panjang-panjang, surat pendek juga boleh.

  67. Komentar:Assalamualaikum wr.wb
    apakah solat tahajjut hanya boleh dikerjakan ketika terbangun dari tidur
    Wassalamualaikum wr.wb.

    • Wa’alaikum salam warahmatullah. Sebagian ulama memperbolehkan dikerjakan sebelum tidur. Namun lebih utama jika tidur dulu lalu tengah malam atau akhir malam mengerjakan sholat tahajud

  68. apakah boleh sholat tahajud 4 rakaat?tetapi seperti sholat isya,dzuhur dan ashar yang setelah 2 rakaat membaca tahiyat awal dan setelah 4 rakaat membaca tahiyat akhir,bolehkah?dan apakah perlu sholat witirnya?

    • Sebagian ulama membolehkan sholat tahajud empat rakaat salam. Sedangkan jumhur ulama menjelaskan sholat tahajud dua rakaat salam. Sholat witir setelahnya akan lebih baik daripada tidak sholat witir.

  69. Komentar:assalamualaikum pak ustad. mohon maaf saya mau bertanya. dan kalau tahu atau ada. mohon sebutkan dalilnya. jadi gini. saya kan gadang ni. tapi saya inget ada kewajiban. yaitu tahajjud. saya bner bner niat pengen. tahajjud. gmna itu pak ustad. tapi syaa belum tidur. emg sih saya bukan dri awal. tapi saya ingwt sama kewajiban.gmna hukumnya. apa termasuk tahajjud atau gmna?

  70. Assalamualaikum warahmatullahi,,mw nanya ustadz apa boleh kita shalat tahajjud baca surah yg ada sujud tilawah nya..dan apa boleh kita sujud tilawah pada saat tahajjud

  71. Assalamu’alaikum
    Mau nanya,, setelah kita melaksanakan sholat tahajjud 2 rakaat lalu mau melaksanakan 2 rakaat lg..apakah harus niat dan baca doa iftitah lagi kah??
    Jazakumullah khair

  72. Ass pak ustad mau tanya jika kita belum hafal doa sholat tahajud nya apakah boleh kita sholat membaca doa nya sambil melihat buku.. apak shah sholat nya pak ustad?

    • Wa’alaikum salam warahmatullah. Jika maksudnya tidak hafal doa iftitah Sholat Tahajud, maka boleh membaca doa iftitah lainnya yang sudah dihafal.

      Jika maksudnya belum hafal seluruh bacaan sholat, sementara boleh sambil membaca. Namun perlu kesungguhan belajar dan target serius agar segera hafal bacaan sholatnya. Wallahu a’lam bish shawab.

  73. Assalamu’alaikum .
    Pak ustad mau nanya saya kan kerja shift malam dari jam 8 smpe subuh jam 4 trus klo melaksanakan sholat tahajud tanpa tidur dahulu itu di perbolehkan atau tdk ya kan pada umumnya sholat tahajud harus d awali stelah bngn tdur . Trimakasihh …

    • Wa’alaikum salam warahmatullah. Sebagian ulama berpendapat sholat tahajud tidak harus diawali dengan tidur dulu. Jadi ketika tengah malam atau sepertiga malam terakhir saat istirahat kerja, bisa mengerjakan sholat tersebut.

  74. Assalamualaikum ustad .. Sya mau brtnya apakah dalam sholat tahajud harus membaca doa diatas untuk menggantikan doa iftitah ? Kalau misalnya doa iftitah saja boleh tidak yaa ustad ? Terimakasihh..

    • Wa’alaikum salam warahmatullah. Doa sholat tahajud di artikel ini bukan setelah sholat tapi saat iftitah. Untuk setelah sholat, bisa doa apa saja yang penting baik, terutama yang bersumber dari Al Quran dan hadits.

  75. Asslamualaikum pak ustad . Saya ingin menanyakan bila sudh melakukan shlat tahajud lalu brdoa ,berdoanya dibaca soalnya gak hafal . Apakh boleh pak ? Mhon penjelasan nya pak

  76. Terimakasih atas ilmunya, doakan kami dimudahkan Allah melaksanakan tahajud. Mashaallah Ustadz sangat sabar menjawab setiap pertanyaan walaupun berulang pertanyaan yang sama. Barakallah Ustadz

SILAHKAN BERI TANGGAPAN mohon perhatikan kesopanan

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.