Home Ilmu Islam Fiqih Tata Cara Shalat Istikharah, Niat, Doa, dan Panduan Lengkap

Tata Cara Shalat Istikharah, Niat, Doa, dan Panduan Lengkap

171170
124
shalat istikharah
ilustrasi shalat istikharah (parhlo.com)

Shalat istikharah adalah shalat sunnah dalam rangka meminta petunjuk kebaikan kepada Allah dalam perkara mubah yang tidak diketahui. Misalnya memilih jodoh atau pekerjaan.

Syaikh Abdurrahman Al Juzairi dalam Fiqih Empat Madzhab mengatakan, disunnahkan bagi setiap muslim untuk melakukan dua rakaat shalat istikharah saat hendak menentukan sesuatu. Dalam Fiqih Manhaji disebutkan, shalat istikharah disunnahkan bagi seseorang yang mengharapkan suatu hal yang dibolehkan, tapi ia tidak tahu apakah itu baik baginya.

Bagaimana tata cara shalat istikharah, niat, doa dan panduannya? Berikut ini pembahasannya.

Tata Cara Shalat Istikharah

Sayyid Sabiq dalam Fiqih Sunnah menjelaskan, shalat istikharah boleh berupa shalat sunnah apa saja. Baik shalat sunnah rawatib, shalat sunnah tahiyatul masjid, maupun shalat sunnah lainnya. Yang penting, setelah shalat sunnah dua rakaat, ia berdoa kepada Allah meminta dipilihkan yang terbaik sebagai doa yang diajarkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.

Hal ini sebagaimana hadits dalam Shahih Bukhari:

عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ رضى الله عنهما قَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم يُعَلِّمُنَا الاِسْتِخَارَةَ فِى الأُمُورِ كَمَا يُعَلِّمُنَا السُّورَةَ مِنَ الْقُرْآنِ يَقُولُ إِذَا هَمَّ أَحَدُكُمْ بِالأَمْرِ فَلْيَرْكَعْ رَكْعَتَيْنِ مِنْ غَيْرِ الْفَرِيضَةِ ثُمَّ لِيَقُلِ اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْتَخِيرُكَ بِعِلْمِكَ

Dari Jabir bin Abdullah radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mengajarkan kami cara mengerjakan shalat istikharah dalam segala urusan, sebagaimana beliau mengajarkan kami Surat Al Qur’an. Beliau bersabda: “Jika salah seorang di antara kalian hendak melakukan sesuatu, hendaklah terlebih dahulu mengerjakan shalat dua rakaat selain shalat fardlu, lalu berdoa: Ya Allah, sesungguhnya aku memohon pilihan kepada-Mu dengan ilmu-Mu… (dan seterusnya)…”

Menurut Sayyid Sabiq, tidak ada bacaan surat khusus dalam shalat ini. Setelah membaca surat Al Fatihah, boleh membaca surat apa pun.

Namun menurut Syaikh Wahbah az Zuhaili dalam Fiqih Islam wa Adillatuhu, disunnahkan membaca surat Al Kafirun setelah membaca surat Al Fatihah pada rakaat pertama dan disunnahkan membaca surat Al Ikhlas setelah membaca surat Al Fatihah pada rakaat kedua.

Berikut ini tata cara shalat istikharah secara praktis:

  • Niat
  • Takbiratul ihram, diikuti dengan doa iftitah
  • Membaca surat Al Fatihah
  • Membaca surat dari Al Qur’an, diutamakan Surat Al Kafirun
  • Ruku’ dengan tuma’ninah
  • I’tidal dengan tuma’ninah
  • Sujud dengan tuma’ninah
  • Duduk di antara dua sujud dengan tuma’ninah
  • Sujud kedua dengan tuma’ninah
  • Berdiri lagi untuk menunaikan rakaat kedua
  • Membaca surat Al Fatihah
  • Membaca surat dari Al Qur’an, diutamakan Surat Al Ikhlas
  • Ruku’ dengan tuma’ninah
  • I’tidal dengan tuma’ninah
  • Sujud dengan tuma’ninah
  • Duduk di antara dua sujud dengan tuma’ninah
  • Sujud kedua dengan tuma’ninah
  • Tahiyat akhir dengan tuma’ninah
  • Salam

Lalu membaca doa yang telah diajarkan oleh Rasulullah. Syaikh Wahbah Az Zuhaili menjelaskan, disunnahkan sebelum dan sesudah doa tersebut untuk membaca hamdalah dan sholawat Nabi.

Baca juga: shalat witir

Doa Shalat Istikharah

Berikut ini doa shalat istikharah sebagaimana diriwayatkan Imam Bukhari dari Jabir bin Abdullah:

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْتَخِيرُكَ بِعِلْمِكَ وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ ، وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيمِ ، فَإِنَّكَ تَقْدِرُ وَلاَ أَقْدِرُ وَتَعْلَمُ وَلاَ أَعْلَمُ وَأَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوبِ

اللَّهُمَّ إِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا الأَمْرَ خَيْرٌ لِى فِى دِينِى وَمَعَاشِى وَعَاقِبَةِ أَمْرِى فَاقْدُرْهُ لِى وَيَسِّرْهُ لِى ثُمَّ بَارِكْ لِى فِيهِ

وَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا الأَمْرَ شَرٌّ لِى فِى دِينِى وَمَعَاشِى وَعَاقِبَةِ أَمْرِى فَاصْرِفْهُ عَنِّى وَاصْرِفْنِى عَنْهُ ، وَاقْدُرْ لِى الْخَيْرَ حَيْثُ كَانَ ثُمَّ أَرْضِنِى

Bacaan Latin Doa Shalat Istikharah

Alloohumma innii astakhiiruka bi’ilmika wa astaqdiruka biqudrotik, wa as-aluka min fadhlikal adhiim, fa innaka taqdiru wa laa aqdiru wa ta’lamu wa laa a’lamu wa anta ‘alaamul ghuyuub.

Alloohumma in kunta ta’lamu anna haadzal amro khoirun lii fii diinii wa ma’aasyii wa ‘aaqibati amrii faqdurhu lii wayassirhu lii tsumma baariklii fiih.

Wa in kunta ta’lamu anna haadzal amro syarrun lii fii diinii wa ma’aasyii wa ‘aaqibati amrii fashrifhu ‘annii washrifnii ‘anhu waqdur lil khoiro haitsu kaana tsumma ardlinii.

Arti Doa Shalat Istikharah

Ya Allah, sesungguhnya aku memohon pilihan kepada-Mu dengan ilmu-Mu, aku memohon kekuasaan-Mu (untuk menyelesaikan urusanku) dengan kodrat-Mu, dan aku memohon kepada-Mu sebagian karunia-Mu yang agung, karena sesungguhnya Engkau Mahakuasa sedangkan aku tidak berkuasa, Engkau Mahatahu sedangkan aku tidak tahu, dan Engkau Maha Mengetahui perkara yang gaib.

Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa urusan ini untukku, dalam agamaku, kehidupanku, dan akibatnya bagiku, maka takdirkanlah dan mudahkanlah urusan ini bagiku, kemudian berkahilah aku dalam urusan ini.

Dan jika Engkau mengetahui bahwa urusan ini buruk untuk diriku, dalam agamaku, kehidupanku, dan akibatnya bagiku, maka jauhkanlah urusan ini dariku, dan jauhkanlah aku dari urusan ini, dan takdirkanlah kebaikan untukku di mana pun, kemudian jadikanlah aku ridha menerimanya.

Baca juga: sholat dhuha

Niat Shalat Istikharah

Seluruh ulama sepakat bahwa niat tempatnya di hati. “Untuk keabsahan shalat, niat harus diiringi dengan takbiratul ihram,” terang Syaikh Mushtafa Al Bugha dalam Fiqih Manhaji mazhab Syafi’i, “Caranya, hati harus awas bahwa akan mengerjakan shalat ketika melafalkan takbir, sembari mengingat shalat apa dan fardlu atau sunnah. Dalam hal ini tidak disyaratkan melafalkan niat secara lisan.”

Seperti dijelaskan di atas, menurut Sayyid Sabiq, shalat sunnah apa pun yang dua rakaat bisa menjadi shalat istikharah. Baik shalat itu di siang hari maupun di malam hari. Asalkan, setelah selesai shalat berdoa dengan doa shalat istikharah yang diajarkan Rasulullah di atas.

Adapun jika shalatnya khusus diniati istikharah dan merasa perlu melafalkannya, berikut ini lafadz niat shalat istikharah:

niat shalat istikharah
lafadz niat shalat istikharah

أُصَلِّيْ سُنَّةَ الاِسْتِخَارَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

Ushollii sunnatal istikhooroti rok’ataini lillaahi ta’aalaa

Artinya: Aku niat shalat sunnah istikharah dua raka’at karena Allah Ta’ala

Shalat Istikharah Jodoh

Seperti di bagian awal pembahasan, istikharah merupakan shalat sunnah dalam rangka meminta petunjuk kebaikan kepada Allah dalam perkara mubah yang tidak diketahui atau meminta dipilihkan yang terbaik dari dua pilihan mubah. Termasuk dalam jodoh.

Caranya, lakukan shalat istikharah dua rakaat kemudian membaca doa di atas sembari memohon dipilihkan jodoh terbaik. (Baca tulisan sebelumnya di KeluargaCinta)

Bagaimana mengetahui hasil istikharah bahwa kita dibimbing memilih A bukan B atau sebaliknya? Tidak seperti persangkaan sebagian orang bahwa jawaban shalat istikharah dikirim Allah dalam bentuk mimpi, sesungguhnya hasil istikharah adalah kemantapan hati. Yakni hati kita lebih condong ke pilihan mana yang terasa lebih baik untuk kita. Hati kita mantap memilih apa, itulah hasil istikharah kita. Tidak harus berupa mimpi.

Imam An Nawawi menjelaskan, “Setelah istikharah, seseorang harus mengerjakan apa yang dirasa baik untuknya. Di samping itu, hendaknya ia benar-benar bebas dari kehendak pribadi. Jadi jangan sampai ada perasaan ini pilihan terbaik, sebelum mengerjakan shalat istikharah. Karena jika demikian, sama halnya tidak istikharah atau kurang tawakkal pada pengetahuan dan kekuasaan Allah.

Syaikh Wahbah Az Zuhaili menasehatkan, jika pada shalat istikharah pertama belum mendapat petunjuk, maka ulangilah shalat itu hinga tujuh kali. Karena Ibnu Sunni meriwayatkan, “Hai Anas, jika engkau menginginkan sesuatu, maka mintalah petunjuk kepada Allah sebanyak tujuh kali. Setelah itu, lihatlah urusanmu mana yang masuk dalam hatimu pertama kali karena di situlah tempat kebaikan. Dan jika ada udzur hingga tidak sempat shalat istikharah, maka mintalah petunjuk dengan berdoa.”

Jadi shalat istikharah ini tidak dibatasai berapa kali dilakukan. Artinya, jika hari ini dua rakaat, kemudian besuk istikharah lagi dua raka’at, maka tidak masalah. Justru semakin bagus sebagai bentuk taqarrub kepada Allah dan memohon pertolonganNya. Wallahu a’lam bish shawab. [Muchlisin BK/BersamaDakwah]

SHARE

124 KOMENTAR

  1. Apakah shalat istikharah ini juga bisa dipakai untuk pilihan ya dan tidak? Misalnya apakah investasi di satu bidang usaha atau tidak.

    • Bisa. Shalat istikharah dalam rangka memohon pilihan terbaik kepada Allah, baik pilihan itu sifatnya ya dan tidak ataupun ketika dihadapkan pada beberapa pilihan. Termasuk saat investasi atau usaha. Wallahu a’lam bish shawab.

    • Tidak ada tuntunan dzikir khusus setelah shalat istikharah. Setelah shalat langsung berdoa dengan doa yang diajarkan Rasulullah di atas. Sebelum berdoa diawali dengan hamdalah dan shalawat yang merupakan bagian dari adab doa. Wallahu a’lam bish shawab.

    • Jika tidak hafal, boleh sambil dibaca (tulisannya). Bahkan, boleh pula berdoa dengan doa lainnya (termasuk dalam bahasa Indonesia) yang maknanya sama yakni meminta pilihan terbaik dari Allah. Tentu yang paling utama adalah doa yang telah dituntunkan oleh Rasulullah di atas. Wallahu a’lam bish shawab.

  2. Bagaimana jika setelah shalat istikharah hati masih ragu-ragu memilih? Kedua, bolehkah dikerjakan di siang hari? Syukran

    • Jika sekali shalat istikharah masih ragu-ragu, besoknya bisa shalat istikharah lagi. Demikian seterusnya. Insya Allah akan dimantapkan oleh Allah. Dan jika sudah muncul kemantapan, jangan ragu lagi. Tinggalkan keraguan itu sebagaimana sabda Rasulullah:

      دع ما يريبك الى مالا يريبك

      “Tinggalkan apa yang meragukanmu menuju apa yang tidak meragukanmu.”

      Shalat istikharah boleh dikerjakan di siang hari, di waktu-waktu yang tidak dilarang shalat. Waktu dilarang shalat: setelah shalat Subuh hingga matahari agak naik usai terbit, ketika matahari tepat di atas kepala dan setelah shalat ashar hingga matahari terbenam.

      Wallahu a’lam bish shawab.

      • ASSALAMU’ALAIKUM
        Ustadz, saya shalat istikharah bberapa kali dalam mingguan ini,, untuk menentukan pilihan soal jodoh, kmudian mlm nya saat sya tidur mimpi ikhwan tersebut bertuturut” setiap mlm, apa kah itu tanda nya jawaban bahwa beliau baik buat saya ustadz, mohon pencerahan nya ustadz

        • Wa’alaikum salam warahmatullah. Mimpi adalah salah satu bentuk jawaban shalat istikharah, utamanya jika disertai kemantapan hati. Jika ukhti sudah mantap dengan ikhwan tersebut, terima saja lamarannya. Insya Allah barakah.

  3. assalamu,alaikum
    ustadz senadaniya ada yang gak hafal doa shalat istikharah bisakah berdoa sambil mencontek doanya di buku mau pun di media2 lainnya

  4. apakah melaksanakan sholat istikharah tidak ada batas waktu atau bisa dilakukan kapan saja ?? mohon penjelasannya, terima kasih

    • Seperti penjelasan pada artikel di atas, shalat istikharah boleh dilakukan baik malam hari maupun siang hari. Hindari waktu diharamkan shalat sunnah yakni: (1) setelah shalat Subuh hingga matahari terbit (2) sewaktu matahari terbit hingga sepenggelahan naik (3) ketika matahari tepat di atas kepala (4) setelah shalat asar sampai matahari terbenam.
      Wallahu a’lam bish shawab.

  5. Assalamualaikum ustadz, sebelumnya terima kasih atas uraian mengenai sholat istikharah ini, sungguh membantu. Jadi begini ustadz, saya sedang kesulitan menentukan pilihan. Pilihan yg saya buat itu bertentangan dengan orang tua saya, apa kah dari sholat istikharah bisa menemukan jawabannya ustadz? Terimakasih, wassalamuaalaikum

    • Wa’alaikum salam warahmatullah.
      Jika pilihan bertentangan dengan orangtua:
      1. Coba diskusikan dengan orangtua. Seringkali masalahnya adalah komunikasi. Jika kita menyampaikan dengan baik pandangan kita, insya Allah orang tua akan memahami. Kita juga bisa shalat istikharah dulu kemudian hasilnya kita sampaikan ke orangtua. Misalnya, “ibu, setelah saya istikharah hati saya lebih mantap dengan pilihan ini”
      2. Kita perlu menyadari bahwa ridha Allah tergantung pada ridha orangtua. Maka senantiasa kita berusaha mencari ridha mereka. Jika ada hal yang tidak bisa dikompromikan dan itu adalah masalah yang mubah (tidak terkait halal haram), mengikuti orangtua insya Allah merupakan keputusan yang barakah.
      Wallahu a’lam bish shawab.

      • Ustadz,, saya ingin menggunakan hijab dalam kehidupan sehari-hari, tapi keinginan ini di tentang oleh ibu saya, sedangkan suami sudah memberikan izin, apakah dengan istikharah saya bisa menemukan jawaban.nya ustadz??
        Kalau menurut ustadz mana yang lebih baik ustadz..?
        Tolong pencerahannya..

        • Kalau ini tidak perlu shalat istikharah. Karena menutup aurat hukumnya wajib. Langsung saja memakai hijab, sambil waktu berjalan, komunikasikan yang baik dengan ibu. Alhamdulillah jika suami sudah mendukung. Semoga Allah memudahkan, memberkahi dan meng-istiqomah-kan

          • Assalamu’alaikum.. ustadz, kalau mau pakai hijab syar’i tp masih belum dapat izin dari ortu gimana?

          • Wa’alaikum salam warahmatullah. Menutup aurat adalah kewajiban, tidak boleh dilarang oleh siapa pun dan tidak memerlukan shalat istikharah untuk melaksanakan kewajiban itu. Coba komunikasikan dengan orangtua, pahamkan beliau bahwa menutup aurat adalah kewajiban. Jika orangtua masih melarang, bisa minta tolong ustadz atau ulama yang dipercaya oleh orangtua untuk menyampaikan kepada beliau.

  6. Assalamualaikum uztad… saya mau bertanya, didalam artikel bahwa petunjuk dari allah setelah sholat istikharah bkn melalui mimpi. apakah boleh kita pada saat berdoa tp minta diberi petunjuk melalui mimpi?
    Saya pernah melakukan itu dan setelah sholat istikharah dihari ke 3 , kira” jam 3 pagi – 7 pagi saya diberi mimpi sebanyak 3x dan dari ke 3 mimpi itu semuanya saling berhubungan tentang kondisi yang saya minta pda doa setelah sholat istikharah trsebut. apakah itu termasuk petunjuk dari allah atau bukan ya pak uztad.

    Terima kasih, wassalamualaikum…

  7. Assalamualaikum ustadz.
    Saya mau menanyakan,saya sudah shalat istikharah dan calon saya juga. Tetapi hasilnya berbeda. Saya bermimpi bertemu dengan orang tuanya dan diajak ker rumahnya dan calon saya memimpikan orang lain tapi tidak tahu itu siapa. Jadi jika seperti itu jawabannya bagaimana ya ustadz?

    • Wa’alaikum salam warahmatullah.
      Jika setelah shalat istikharah tersebut sudah mantap untuk menikah, sebaiknya langsung menikah. Meskipun calon suami memimpikan orang yang tidak diketahuinya. Wallahu a’lam bish shawab.

  8. Assalumaikum ustadz saya minta petunjuk donk jam2 brp aja yg boleh kita laksanakn shalat istikharah nya…
    Makasih ustadz assalamualaikum wr.wb

    • Wa’alaikum salam warahmatullah. Shalat istikharah bisa dilakukan siang maupun malam. Jika siang, di waktu dhuha atau setelah Zhuhur. Jika malam, bisa setelah Maghrib, setelah Isya sampai sebelum Subuh. Bisa dipilih waktu-waktu itu.

  9. Assalamuallaikum ustadz,

    Saya sudah menjalin hubungan dengan pria selama 1 tahun lebih , saya yakin bahwa dia adalah laki-laki terbaik yg allah kirimkan utk saya.. awalnya kedua orangtua saya merestui,, dan saya juga sudah mendapatkan restu dr kedua orangtua pria itu … kemudian muncul lah suatu masalah yg datang dr orangtua saya

    orangtua saya mempercayai sebuah ramalah dr seorang yg memiliki indra ke -6 , yg mengatakan bahwa saya tidak berjodoh dengan pria ini,, dan apabila menikah , maka akan bercerai..

    lalu orangtua saya melarang saya berhubungan dengan pria ini hanya karena ramalan tersebut bilang bahwa saya tidak berjodoh dan akan bercerai kalau memaksakan kehendak..

    lalu saya harus apa ustadz ? haruskan saya ikuti omongan orangtua saya dan memutuskan hubungan saya dgn pria ini hanya krn ramalan ? atau saya bisakah saya meminta jawaban atas masalah ini dengan cara sholat istikharah ?

    mohon bantu jawab ustads.. terimakasih

    waasalamuallaikum warahmatullahi wabarakatuh

    • Wa’alaikum salam warahmatullahi wabarakatuh.
      Mbak Ayu, ada beberapa hal yang perlu kami luruskan sebelum menjawab terkait shalat istikharah. Pertama, umat Islam tidak boleh mempercayai ramalan dari tukang ramal (dukun). Mendatanginya saja bisa membuat sholat selama 40 hari tidak diterima. Mempercayai ramalan dukun dan sejenisnya, bisa membawa kekufuran.

      مَنْ أَتَى كَاهِناً أَوْ عَرَّافاً فَصَدَّقَهُ بِمَا يَقُولُ فَقَدْ كَفَرَ بِمَا أُنْزِلَ عَلَى مُحَمَّدٍ

      “Barangsiapa mendatangi dukun atau tukang ramal, lalu ia membenarkannya, maka ia berarti telah kufur pada apa yang telah diturunkan pada Muhammad (Al Qur’an)” (HR. Ahmad)

      Coba komunikasikan hal ini secara baik-baik kepada orangtua agar beliau berdua tidak terjerumus ke dalam kekufuran.

      Kedua, dalam mencari jodoh, jangan sampai terjerumus kepada hal-hal yang mendekati zina. Jika sudah cinta, sebaiknya segera dilanjut ke pernikahan.

      Sambil mengingatkan orangtua, tidak ada salahnya jika Mbak Ayu shalat istikharah. Siapa tahu dengan istikharah, Allah melapangkan orangtua untuk merestui sebab ayah (wali) merupakan salah satu salah satu rukun nikah. Dan restu orangtua merupakan hal yang sangat penting bagi pembentukan keluarga yang sakinah.

      Wallahu a’lam bish shawab.

  10. Assalamuallaikum ustadz…

    saya sudah menjalin hubungan dg seorang laki-laki, kami pun berniat baik untuk menikah.sebelumnya saya belum istiqarah, akhirnya kami melakukan khitbah. tapi ustadz, dalam masa khitbah saya istiqarah niat saya agar Allah memberikan kemantapan tapi justru banyak hal-hal yg membuat saya menjadi ragu, ada aja masalah yg muncul. saya terus melakukan istiqarah setiap hari sudah berlangsung bbrp bulan tapi saya tidak merasakan kemantapan, hati saya tidak nyaman. dan pernah saya malah memimpikan orang lain bukan calon sy. saya takut melanjutkan ke pernikahan dg keadaan hati saya yg tidak mantap. saya bingung ini godaan syaiton atau petunjuk dari Allah kalo ini tdk baik untuk saya.

    Mohon bantu dijawab ustadz…terimakasih. wassalmualaikum.wr.wb

    • Wa’alaikum salam warahmatullah.

      Imam Nanawi mengingatkan, sebelum shalat istikharah hendaklah kita tidak membawa kehendak pribadi. Jangan ada perasaan ini yang terbaik, ini tidak baik. Karena itu bisa mempengaruhi hasil istikharah menjadi tidak murni. Bebaskan diri dari kehendak, baru istikharah.

      Jika setelah istikharah lalu ragu-ragu, coba diperiksa ragu-ragunya karena apa. Tidak nyamannya karena apa. Konsultasikan dengan orangtua juga. Karena pernikahan itu untuk selamanya. Jika ragu-ragunya tidak beralasan, bisa jadi itu godaan syetan. Coba istikharah lagi dengan terlebih dulu membebaskan diri dari kehendak (ego) pribadi.

      Tapi jika ragu-ragunya itu karena alasan yang dibenarkan syariat, misalnya, baru tahu atau baru ingat kalau dia suka berbuat maksiat atau berbuat zalim, bisa jadi keraguan itu merupakan petunjuk Allah. Wallahu a’lam bish shawab.

  11. Apakah virus hiv itu bisa disembuhkan dengan jalan kita mendekatkan diri kepada allah kita bertaubat kepada allah dan berjanji tidak akan mengulangi perbuatan zina dikemudian hari dan memperbaiki akhlak kita selama didunia

    • Tidak ada yang tidak mungkin bagi Allah. Dia Mahakuasa atas segala sesuatu. Kalaupun Dia tidak menyembuhkan, taubat dan mendekatkan diri kepada Allah membuat dosa kita diampuniNya dan insya Allah kita akan dimasukkan ke dalam surgaNya.

  12. assalamualaikum ustadz. apakah solat istikarah bisa dilakukan untuk menentukan org dimasalalu kita bisa jadi jodoh apa enggak ? bisa kita berdoa di berikan petunjuk kalo dia bisa jd jodoh kita apa enggak ?

    • Wa’alaikum salam warahmatullah. Shalat istikharah disyariatkan dalam rangka meminta petunjuk Allah terkait keputusan atau pilihan mana yang lebih baik bagi kita. Misalnya antara dua perusahaan yang sama-sama terbuka peluang bekerja di sana dan kita harus memilih salah satunya, mau studi ke luar negeri atau tidak, mMau menerima lamaran seseorang atau menolaknya, dan seterusnya.

      Jika memang ada harapan dalam diri untuk berjodoh dengan seseorang, tidak ada salahnya mengerjakan shalat istikharah dan berdoa meminta petunjuk dari Allah. Namun jangan sampai masa lalu menghambat amal-amal kebaikan di masa sekarang.

  13. Assalamualaikum,
    Ustadz saya mau tanya,
    Ada gak waktu2 tertentu buat kita melaksanakan sholat istikharah..

    • Wa’alaikum salam warahmatullah. Shalat istikharah bisa dikerjakan siang hari atau malam hari. Jika siang hari, pilihannya dua: di sepanjang waktu dhua dan setelah shalat zhuhur. Jika malam hari, bisa setelah Maghrib, setelah Isya’ hingga terbit fajar.

  14. Assalamu’alaikum ustadz…
    Syukrn jazakillah ilmunya ustadz..
    Afwan, ustadz. jika kita ingin memilih antara 2 pilihan, namun tanpa mlakukan shalat istikharah, hati saya tlah condong kpd yg pertama ustadz, namun saya tdk tau, apakh hal trsebut baik atw tidk untuk saya..
    Bgaimana mnurut ustadz? Apakh saya boleh mlakukan yg prtama trsbt tnpa hrus shalat istikharah ustadz??..
    Syukrn

    • Wa’alaikum salam warahmatullah.
      Shalat istikharah hukumnya sunnah, tidak wajib. Jika ada dua pilihan atau lebih dan masih ragu hendak memilih yang mana, disyariatkan melakukan shalat istikharah. Juga agar pilihan tersebut lebih berkah. Jika hati telah mantap, tidak harus melaksanakan istikharah. Wallahu a’lam bish shawab.

  15. assalamualaikum wr. wb
    ustad, saya sudah menjalani hubungan dg seorang laki-laki selama 5 thn dan ada niatan untuk menikah. di awal semua lancar orang tua kita masing-masing sma-sma merustui dan orang tua dia sudah menyuruh kita menikah tpi masalah datang saat orang tua dia meminta nama saya dan nama ke dua orang tua saya untuk di berikan kepada orang yg mengerti tentang itu seperti peramal. hasilnya mengatakan tidak cocok sangat jauh berbeda tdk akan menyatu.dia sudah berusaha meyakinkan orang tuanya,sudah berusaha mempertahankan hubungan kita tpi org tuanya tetap tdk merustui Krn menurut mereka pernikahan kita akan penuh celaka. dan akhirnya Dia melepasku dan rencana pernikah itu gagal.
    saya sudah sholat istikharah hya 1 kali, setalah sholat istikharah saya sudah 2 kali memimpikannya pertama dlm mimpi saya dia mengirimi saya pesan bbm dia menanyai kabar saya dia mengatakan kalau dia merindukanku. dan mimpi ke dua dia datang ke padaku dia menampakkan wajahnya dan dia memelukku, dlm mimpi saya mengatakan kalau saya sangat merindukannya dan dia jga bilang begitu sangat merindukanku.
    apa itu jawaban dari sholat istikharah saya?
    tapi terakhir” ini dia memblok semua media sosial saya dan dia mengatakan unt saya mengerti bahwa selama orang tua tdk merestui kita tidak akan pernah bisa bersama
    mohon bantuannya pak ustad.

    • Wa’alaikum salam warahmatullahi wabarakatuh.
      Ada beberapa hal yang perlu diluruskan dan sifatnya terpisah:
      1. Tidak boleh mendatangi dan mempercayai peramal atau dukun, termasuk dalam soal rencana pernikahan seperti ini
      2. Hendaknya dalam mencari jodoh kita lebih islami. Pacaran, selain bisa mendekati zina, juga bisa membuat hati terikat lalu patah hati saat tidak jadi menikah.
      3. Alhamdulillah jika sudah shalat istikharah. Namun jangan berpaku pada mimpi tersebut hingga tidak bisa move on padahal pihak laki-laki sudah tidak bersedia.
      4. Pernikahan baru bisa terjadi jika laki-laki dan perempuan saling menerima. Jika laki-laki sudah keberatan seperti cerita tersebut, sebaiknya Mbak tidak terlalu menggantungkan harapan kepadanya. Berdoalah semoga Allah memberi ganti yang lebih baik, mendatangkan jodoh yang terbaik.

  16. Komentar: mohon jawabannya ustdadz. Semalam saya sholat istikharah meminta petunjuk apakah pacar saya memang jodoh saya kasus saya setelah dia datang melamar dia sudah tidak ada kabar dan seperti menggantungkan saya. Dikarenakan jumlah uang mahar yang diminta sama orang tua saya. Setelah saya shalat istikhara saya bermimpi tentang dia.. Dia sms saya seperti biasanya. Itu artinya apa ya?

    • Bisa jadi mimpi setelah shalat istikharah itu bermakna bahwa dia sebenarnya ingin melanjutkan ke pernikahan. Namun agar tidak bertanya-tanya dan salah sangka, lebih baik tanyakan langsung ke dia apakah hendak meneruskan ke pernikahan atau bagaimana.

      Di sisi yang lain, perlu dikomunikasikan ke orangtua agar tidak terlalu besar mematok mahar. Sesuaikan dengan kemampuan calon suami juga. Di antara tanda berkahnya wanita (yang akan dinikahi) adalah yang mudah maharnya. Wallahu a’lam bish shawab.

  17. Assalamualaikum pak .
    Saya mau tanya saya dan pacar saya ada niatan buat menikah semua sudah diomongkan , tapi sebulan sebelumnya tiba” orang tua dari pihak laki” ingin mengundurkannya ke jarak yg sangat lumayan lama lagi sedangkan saya sudah pacaran 8 tahun . Dimundurkannya dengan alasan yg tidak jelas .
    Sedangkan orang tua saya sudah sangat ingin saya menikah . Jika nikahnya tetep harus diundur lebih baik dibatalkan saja dan lupakan semuanya
    Saya harus bgaimana ustad??

    • Wa’alaikum salam warahmatullah. Alhamdulillah jika ada niat menyegerakan pernikahan karena itulah tuntunan Rasulullah.
      Coba dikomunikasikan lagi dengan pihak calon mertua, bahwa Mbak Lisa dan orangtua ingin segera dilangsungkan pernikahan. Jika alasannya biaya pernikahan, bisa akad nikah dulu (mengundang KUA dan keluarga/tetangga), resepsinya belakangan.
      Jika pihak calon mertua tetap mau menunda, sedangkan Mbak Lisa ragu, sebaiknya shalat istikharah.
      Namun jika telah bulat keputusan keluarga harus segera menikah, bisa disampaikan ke pihak calon mertua, pernikahan harus disegerakan atau dibatalkan karena bisa menikah dengan pria lain. Wallahu a’lam bish shawab.

      • Terimakasih pak ustad.
        Pak ustad saya sudah shalat dan saya beberapa kali mimpi tentang keluarga pihak laki” tersebut , tapi dalam mimpi saya selalu berkaitan dengan makan” . Dan saya memimpikannya bukan mimpiin pacar saya melainkan yg datang ke mimpi saya itu orang tuanya . Itu maksudnya apa yah pak?

        • Alhamdulillah… Insya Allah mimpi itu petunjuk dari Allah bahwa calon suami ditemani calon mertua akan datang untuk melamar ke orangtua. Semoga dimudahkan Allah untuk segera menikah yang penuh berkah.

          • Aminnnnn ya allah ,
            Ohh iyah pak apa kalo udah mendapatkan mimpi kita masih boleh terus menerus shalat buat lebih yakin lagi?
            Dan apa boleh kita minta bantuan mama saya buat shalatin juga?
            Karna saya pernah denger kalo kita masih belom yakin boleh minta bantuan ke orang tua untuk shalat istikharah juga?

          • Boleh shalat istikharah lagi, tidak ada larangan. Meminta orangtua shalat istikharah juga diperbolehkan, sebagai bentuk minta ridha dan minta didoakan beliau.

  18. Assalamual’aikum pak. Mhon izin sebelumnya, ada berapa hal yg ingin saya tanyakan ttng pelaksanaan sholat istikharah ini. Untuk itu, bolehkah saya meminta kontaknya pak?atau jika tidak, ini email saya pak andynoor55@gmail.com

  19. Assalamuaikum . .
    Mff mau tanya ini saya sdh mnjalin hbungan sma pcar sy krng lbih 2 th lbih . Tpi dipihak orangtua sya kurang setju karena tau klau dia mmpunyai sikap kasar dan keras sperti sifat kekanak”an jga . Disisi lain saya jga gg bsa ngelepasin nya karena qt jga sdah pernahh berbuat dosa . . Dan akhir” ini saya jga bimbang hati sya tidak mntap pda dia . Nyesell beribu nyesell saya sperti inii
    Menurut ustad saya hrus bgaimaa . .

    • Wa’alaikum salam warahmatullah.
      Pada dasarnya nasehat orangtua sangat baik, demi masa depan anaknya. Cobalah komunikasikan kepada orangtua alasan mengapa Mbak Idha bersikeras mau menikah dengannya. Jika orangtua mengerti, segera langsungkan pernikahan.

      Selain itu, tanpa menunggu hal lain, segeralah bertaubat, minta ampun kepada Allah. Semoga pernikahan bisa disegerakan agar tidak menambah dosa. Namun jika tidak jelas rencana pernikahannya, lebih baik hubungannya diakhiri agar tidak menambah dan memperlama dosa. Semoga Allah mempermudah urusan Mbak Idha dan menunjukkan jalanNya.

  20. Asalamualaikum ustad
    Mohon pencerahannya
    Sy rasa sy menikah dgn lelaki sy ini karena terpaksa ustad
    Setelah menikahpun sy mengalami beribu masalah yg di buat oleh lelaki ini
    Tp sebelum sy menikah sy sempat melakukan solat istikharoh untuk lelaki ini
    Selepas doa sy tiba” menangis dan melihat bayangan jelas laki” yg sekarang menjadi suami sy dan hatipun jg condong kepadanya
    Pertannyaannya
    Apakah di waktu itu bayangan suami sy termasuk petunjuk dari Allah untuk sy mantap melakukan pernikahan ?
    Lantas setelah menikah saat sy goyah
    Hatipun tetap condong kepdanya
    Apakah itu jg petunjuk untuk sy tetap melanjutkan rmh tangga ?
    Terima kasih ustad

    • Wa’alaikum salam warahmatullah. Kita tidak bisa memastikan, namun lebih baik berhusnudhan bahwa itu petunjuk dari Allah dan hasil shalat istikharah karena telah terjadi.

      Untuk diketahui, tidak ada rumah tangga yang tidak ada masalah. Adanya masalah-masalah ini merupakan ujian dari Allah agar kita menunjukkan “ahsanu amala” (siapa yang terbaik amalnya). Jika alasannya tidak syar’i, jangan pernah bercerai karena menikah dengan orang lain belum tentu bebas dari masalah.

      Kuatkan kesabaran sambil mengkomunikasikan kepada suami jika ada hal-hal yang perlu diperbaiki. Jangan lupa banyak berdoa kepada Allah karena Dialah yang Mahakuasa memperbaiki hambaNya dan memudahkan segala urusan kita. Wallahu a’lam bish shawab.

  21. Assalamualaikum
    Ustadaz saya mau bertanya apakah boleh kalau shalat istiqharah itu tidak harus meminta pilihan,tetapi meminta kemantapan hati apa yang telah dipilih.

    • Wa’alaikum salam warahmatullah. Boleh. Apa pun yang akan ditakdirkan Allah menjadi pilihan kita setelah shalat istikharah, insya Allah itu yang terbaik dan diberkahiNya.

  22. Assalamualaikum ustadz.. Saya mw tny ustadz… Saya mnjalin hubungn dgn pria lajang mksdny bujangn ustadz…hubngn kmi putus nymbung… Dn hubngn kmi tk d restui oleh ibuny.. D krenakn status saya dn gosip org yg keterlaluan tntang saya ustadz… Dn baru2 ini saya mlihat chat pacar saya dgn wanita lain… Tp pcar saya blg.. Bhwa dya tdk ada apa2 dgn wanita trsebut.. Akhirny hati saya mnjadi ragu dgn ny… Saya harus bagaimana ustadz… Apakah dgn sholat istikharah. Saya bisa mndpatkn petunjuk.. Tlong pencerahanny ustadz
    Syukron

    • Wa’alaikum salam warahmatullah. Shalat istikharah disyariatkan untuk hal-hal yang baik. Adapun terkait pacaran, mau lanjut atau tidak, tidak perlu istikharah. Sebaiknya langsung dilanjutkan ke jenjang pernikahan. Jika tidak bisa menikah, sebaiknya langsung diputuskan saja.

  23. Assalammualaikum ustadz… Apakah shalat istikharah sama dengan shalat sunnah qabliyah atau badiyah? Atau dilaksanakan setelah shalat sunnah badiyah?

  24. Assalamualaikum
    Saya ingin bertanya soal jodoh ustad, saya sudah dikhitbah dan akan menikah 3bln lg ustad, tp 1mggu lalu abg dari calon saya itu jg ingin menikah 3 bln lg dan org tua calon saya itu berkata pernikahan kami harus ditunda smpai tahun depan, krna tdk boleh 2 sdra kandug menikah ditahun yg sama. sementara kemantapan hati kami sudah sama sma mantap. Apakah tdk boleh dilakukan secara bersamaan ustad. Mohon pencerahan nya ustad

    • Wa’alaikum salam warahmatullah. Jika belum ada kemantapan hati, shalat istikharah bisa dilakukan di hari/malam berikutnya. Petunjuk yang jelas tidak harus berupa isyarat tertentu atau mimpi tertentu. Kemantapan hati sudah cukup. Wallahu a’lam bish shawab.

  25. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Mohon pencerahannya ustad. Saya sudah lama menganggur. sempat bekerja selama satu tahun, karena terus sakit sakitan akhirnya saya mengundurkan diri. sekitar dua bulan lagi insyaalloh saya akan melangsungkan pernikahan dengan calon suami saya. saya berpikir untuk kembali bekerja, mencari penghasilan untuk nambah2 biaya pernikahan.
    Saya sudah melakukan solat istikharah, tetapi terus merasa ragu. saya ingin kembali bekerja.
    gimana pak ustad? dimohon jawabannya..

    • Wa’alaikum salam warahmatullahi wabarakatuh.
      Jika baru beberapa kali (malam), shalat istikharah perlu diteruskan sampai mendapatkan kemantapan hati apakah mau bekerja atau tidak.
      Namun jika yang membuat ragu adalah karena ada alasan syar’i, misalnya pekerjaannya tidak cocok untuk muslimah, lebih baik mencari pekerjaan lain yang sesuai dengan fitrah muslimah dan tidak menghalangi beribadah. Selagi belum menikah, diskusikan dengan orangtua. Nanti kalau sudah menikah, perlu mendapatkan izin dari suami jika ingin bekerja. Wallahu a’lam bish shawab.

    • Shalat istikharah bisa dilakukan baik siang atau malam, di luar waktu yang diharamkan shalat. Lebih baik lagi jika dilakukan di malam hari, tengah malam atau sepertiga malam terakhir dan setelah itu tidur sebentar sebelum Subuh. Bisa jadi Allah memberikan petunjuk lewat mimpi saat itu, bisa jadi tidak melalui mimpi namun yang penting adalah kemantapan hati. Wallahu a’lam bish shawab.

  26. Assalamualaikum ustadz.. Sy ingin bertanya..
    Sy kan dapat tawaran studi luar negeri.. Ya saya sih mau saja tetapi ada banyak hal yang sy pikirkan. 1.) sy selalu mikir kalau saya jauh dari keluarga terus ‘takutnya’ ajal menjemput salah satu keluarga saya/saya tiba2, sy mungkin tidak akan sanggup menerima kenyataan itu. Disisi lain tawaran studi ini menurut sy rejeki dan sy dulu sering berdo’a meminta kepada Allah agar diberi kesempatan untuk studi luar negeri. Tapi ya gitu sy masih belum siap dengan kabar2 negatif.. 2) saya ingin sholat istikharah.. Tetapi sy belum siap menerima jawaban dari Allah saya takut kalo jawabannya tidak sesuai harapan. Mohon penjelasannya ustadz sy harus bagaimana. Wassalamualaikum

    • Wa’alaikum salam warahmatullahi wabarakatuh.
      Pertama, yakinkan diri bahwa Allah akan memberikan yang terbaik, termasuk ketika Dia memberikan petunjuk setelah shalat istikharah. Jadi, lakukan saja shalat istikharah dan perlu dipahami bahwa apa pun yang menjadi kemantapan hati atau yang kemudian terjadi setelahnya merupakan pilihan terbaik yang diberikan Allah.

  27. Assalamualaikum Ustadz. Saya mau menjalankan sholat Istikharah ini memohon petunjuk tentang anak yg ada didalam kandungan Istri saya. Karena keyakinan saya bubar menjadi ragu oleh orang tua yg mengsangsikan kalo anak tersebut anak saya. Bolehkah sholat ini dilakukan ba’da Isya Ustadz? Mohon jawabannya Ustadz, saat ini saya benar benar dalam kondisi kritis berpikir. Jujur saat saya mengetik ini air mata saya gk berenti netes Ustadz. Mohon penjelasannya Ustadz. Terima Kasih sebelumnya Ustadz Wassalamu’alaikum Wr.Wb

    • Wa’alaikum salam warahmatullah. Pernah terjadi di masa Rasulullah, seorang laki-laki mendatangi beliau karena ragu apakah anak yang dilahirkan istrinya anaknya atau anak orang lain. Sebabnya, anak itu tidak mirip dengannya, termasuk warna kulitnya.

      Lantas Rasulullah bertanya kepadanya apakah pernah melihat anak unta berwarna hitam padahal induknya berwarna merah? Ia mengiyakan. Lalu ditanya oleh beliau “Dari mana datangnya?” Laki-laki itu menjawab, “Mungkin karena mirip dengan kakek atau paman unta tersebut.” Demikian pula anak.

      Jadi Rasulullah menutup keraguan soal anak. Jika ia lahir dari istri kita, tidak boleh menuduhnya tanpa bukti. Dan menuduh wanita berzina tanpa bukti merupakan dosa besar dalam Islam.

      Mohon maaf, shalat istikharah tidak bisa dipakai menjadi bukti dalam kasus seperti ini. Sebaiknya hilangkan keraguan seperti itu. Namun jika tetap ragu-ragu karena indikasi yang kuat, bisa melakukan tes DNA. Wallahu a’lam bish shawab.

    • Orangtua boleh shalat istikharah terkait masalah anaknya, bukan wakil mewakilkan. Misalnya anak ingin studi ke luar negeri, ia ragu. Lantas minta pertimbangan orang tua. Orang tua kemudian shalat istikharah agar mendapat petunjuk dan kemantapan hati dari Allah terkait keputusan yang akan diambil apakah anaknya diizinkan studi ke luar negeri atau cukup di dalam negeri saja.

  28. Assalamualaikum,jika sholat istikharah dilakukan karena saya ingin kembali kepada orang yang telah buay saya menjadi lebih baik tetapi saya telah mengecewakannya?

    • Wa’alaikum salam warahmatullahi wabarakatuh.
      Jika shalat istikharah sekali sudah mendapatkan “jawaban” atau kemantapan hati dari Allah Subhanahu wa Ta’ala, sekali itu saja cukup. Jika belum, perlu diulang di malam berikutnya hingga mendapatkan “jawaban” atau kemantapan hati.

  29. Assalamualaikum. Sya mau tnya saya mnjalni hubungan dg pacat sya selma 3 thun. Slama pacaran sya ingin cpat2 d lamar. Msalahx stlah pacar sya ingin menemui ortu sya. Sya malah ragu dan merasa blm siap. Pikiran dan hati sya kacau. D lain waktu sya merasa siap tp d lain wktu lagi sya merasa ragu dn blm siap. Apakah dg sholat istikharah bisa memberikn kemntapan hati? Bgaimna jika ptunjuk d berikn Allah tidak melalui mimpi tp melainkan kemntapan hati. Sdngkn sblmx pemikran sya berubh2. Mohon pencerah. Pa ustadz

    • Wa’alaikum salam warahmatullah. Sebaiknya tidak perlu ragu untuk menikah. Dengan menikah, seperti anjuran Rasulullah, akan lebih mudah menjaga pandangan dan kehormatan. Juga terhindar dari dosa-dosa yang terus berdatangan jika melanjutkan pacaran. Silahkan shalat istikharah dan segeralah menikah. Karena antara pacaran dan menikah itu bukan kebaikan dengan kebaikan namun segera menikah jauh lebih baik daripada melanjutkan pacaran. Semoga dimudahkan dan diberkahi Allah, saudariku.

  30. Assalamuaikum. Saya mau tanya, jika sholat istikharah boleh meminta petunjuk atas beberapa hal atau hanya petunjuk atas 1 hal saja yg diminta?
    Mohon penjelasannya, terimakasih

    • Wa’alaikum salam warahmatullah. Jika dalam waktu bersamaan ada beberapa hal yang memerlukan keputusan dan kita ragu, shalat istikharah bisa untuk keseluruhannya. Ketika berdoa, bisa disebutkan masalah-masalah yang dihadapi dan mohon petunjuk dari Allah.

      Misalnya kita ragu memilih mengajar di sekolah A atau B, dan di saat yang sama ada dua pemuda yang melamar, mau menerima yang mana. Dua persoalan yang berbeda itu bisa dengan satu shalat istikharah. Jika satu telah mendapat “jawaban” atau kemantapan hati dari Allah dan perkara lainnya belum, shalat istikharah tetap dilanjutkan di malam/hari berikutnya. Wallahu ‘alam bish shawab.

  31. Assalamualaikum, sy mau nnya , saat ini sy sedang dekat dgn suami orng , apakah boleh sy sholat istiqorah mnta petunjuk lanjut atw tidak untuk menikah ? Syukron

    • Wa’alaikum salam warahmatullah. Jika arahnya ke poligami dan tidak menjadi masalah yang lebih parah, sebaiknya shalat istikharah. Namun jika tidak ada peluang ke sana, segera jauhi laki-laki tersebut. Jangan sampai diri kita menjadi penyebab rusaknya keluarga yang telah terbangun dan jangan sampai mendekati zina.

  32. Assalamualaikum. izin bertanya, saya beberapa bulan ini mencari pekerjaan dan belum membuahkan hasil. Di satu sisi saya ingin mencoba melanjutkan studi ke luar negri namun yang menjadi pertimbangan saya adalah saya akan meninggalkan ibu saya sendirian di rumah karena ayah saya sudah meninggal dan saya anak tunggal. Ibu saya sendiri berkata akan mengizinkan apabila studi ke luar negri asalkan melalu beasiswa. Saat ini saya dengan bingung apakah saya lebih baik tetap fokus mencari pekerjaan atau fokus mencari beasiswa untuk melanjutkan sekolah karena apabila saya memilih salah satu belum tentu dapat tercapai. Apakah bisa menemukan jawabannya dengan Shalat Istikharah ? lalu apabila sudah mendapat jawaban untuk memilih salah satu ternyata untuk mencapainya tetap sulit, apakah tetap fokus dengan pilihan tersebut ? Jujur saat ini saya sangat bingung, mohon pencerahannya. terima kasih.

    • Wa’alaikum salam warahmatullahi wabarakatuh. Masya Allah… niat Ukhti Nanda untuk berbakti kepada orangtua merupakan niat yang sangat mulia, bentuk birrul walidain. Niat studi juga bagus untuk menuntut ilmu setinggi mungkin.

      Jika ragu antara bekerja atau studi, silahkan shalat istikharah. Jika sudah mendapatkan “jawaban” atau kemantapan hati tapi sulit mencapainya dan justru tercapai hal lainnya, insya Allah apa yang tercapai atau dialami setelah shalat istikharah itu merupakan jawaban sebenarnya dari Allah. Dia memberikan takdir terbaik setelah shalat istikharah. Wallahu a’lam bish shawab.

  33. Assalamu’alaikum ustadz… sebulan yg lalu saya kenal dgn laki2 yg saya yakin kalo dia baik untuk saya dan bisa membawa saya bersamanya ke Surga Allah. Dia sudah membuat janji kalo akan menikah 2 tahun lagi dan apabila dimurahkan rezekinya dia akan menikahi saya lebih cepat. Dia awalnya juga yakin dengan saya dan bisa menerima kekurangan saya, tapi 3 hari yg lalu dia merasa kalo dia tidak bisa mendekati saya karena dia tidak bisa menerima kekurangan saya di masa lalu dengan org yg dia juga kenal dan dia merasa takut. Terus beberapa hari yg lalu ada wanita yg datang kerumahnya dan ibunya menyuruh dia dekat dengan wanita itu. Dia bilang terus lah berdo’a supaya Allah beri jalan yg terbaik. Ustadz tapi dlm hati saya sangat ingin dia yg menjadi jodoh saya, saya merasa yakin kalo bersamanya saya bisa lebih baik dan bisa menuju SurgaNya Allah. Ustadz apa saya boleh sholat istikarah dengan meminta petunjuk kalo dia baik untuk saya atau sebaliknya?
    Terima kasih ustadz
    Wassalamu’alaikum…

    • Wa’alaikum salam warahmatullahi wabarakatuh. Silahkan shalat istikharah dan berdoa kepada Allah untuk diberikan yang terbaik. Jika memang jodoh dan baik, semoga segera menikah. Jika bukan jodoh, semoga Allah memberikan yang lebih baik.

  34. Assalamualaikum pak saya mau bertanya saya sdh menjalani hubungan bersma laki2 sdh lebih dri satu tahun, niat kmi berdua ingin menikah di tahun ini tpi ibu dr pria mengatakan mngatakan tahun depan.
    Lalu dlm hbungan kami ada mslah sdh hampir satu bulan padahal saya sdh meminta maaf kpda pria tetap saja dia blm bisa memaafkan saya,
    Dia cerita bahwa ibunya sholat istikharah penasaran sama hbungan kmi ber2 lalu di dlm mimpinya ad seekor harimau yg datang masuk rmhnya, itu pertnda apa pak ustad apa saya bkn yg trbaik untuk anaknya apa itu sebuah pertanda buruk?
    Padahal kmi berdua sudah yakin ingin lebih serius dalam hbungan ini bukannya di setiap hbungan itu ada msalah tidak mungkin selalu lurus, tolong pencerahannya pak apa saya tetap yakin dengan pilihan saya apa saya harus mundur?
    Saya baru satu kali sholat istikharah sblm tidur
    Terimakasih pak wassalamualaikum

    • Wa’alaikum salam warahamtullahi wabarakatuh. Alhamdulillah, meniatkan segera menikah adalah cita-cita yang bagus. Sebaliknya, berlama-lama menjalani hubungan (pacaran) bukanlah hal yang baik. Semoga Allah memudahkan jalanNya untuk segera menikah.

      Arti mimpi itu multi tafsir. Harimau bisa membahayakan, namun juga bisa berarti sosok yang kuat. Karenanya, sebaiknya sang ibu kembali shalat istikharah, semoga diberikan kemantapan hati.

      Jika Mbak Rohima baru satu kali shalat istikharah dan belum mendapatkan jawaban atau kemantapan hati, diteruskan saja shalat istikharahnya.

      Intinya dalam Islam, bersegera menikah jauh lebih baik daripada berpacaran. Jika belum bisa menikah, menjaga diri dan banyak berpuasa. Semoga Allah memberikan yang terbaik. Aamiin.

        • Pak saya sudah melakukan sholat istikharah beberapa hari ini dan dalam mimpi saya ada perempuan lain yang datang ke rumah dia dab membawa kue untuk pacar saya,
          Apakah dia bukan yng terbaik bagi saya?

          • Mungkin dia akan berjodoh dengan perempuan lain. Sebaiknya Mbak Rohima tidak terlalu menggantungkan harapan pada status yang tidak jelas (pacar), apalagi jika dia tidak bisa memaafkan dan ibunya juga terkesan tidak ridha.

            Lebih baik Mbak Rohima berdoa kepada Allah diberikan jodoh yang terbaik. Sekaligus berikhtiar tanpa melanggar aturannya. Misalnya dengan memberitahukan kepada orangtua agar dicarikan calon suami, atau memberitahukan ustazah atau ulama yang Mbak Rohima kenal. Semoga jalan yang diridhai Allah seperti itu membawa keberkahan dengan datangnya jodoh terbaik di dunia hingga surgaNya kelak.

  35. Assalamualaikum uztad
    Saya mau tanya. Jika kita telah memiliki pasangan dan ingin tau apakah pasangan kita itu jodoh kita atau bukan
    Apakah shalat istikhara bisa dilakukan untuk menemukan jawabannya?

  36. Ustadz mau tanya, saya adalah orang yg sebenarnya jarang beribadah dalam kata lain sholat saya masih bolong bolong. Sekarang saya sedang di beri pilihan yg dua duanya berat untuk saya lepaskan, maka dari itu saya ingin meminta petunjuk dari Allah melalui sholat istikharah ini, dan saya juga ingin betulkan lagi sholat wajib saya. Apakah Allah akan mengijabah doa saya atau tidak? Saya takut Allah marah karna saya datang padaNYA disaat sedang kesulitan.

    • Allah Subhanahu wa Ta’ala Maha Pengampun. Dosa sebesar apa pun -kecuali syirik- bisa diampuniNya. Silahkan Mbak Dinda shalat istikharah, ini sekaligus momentum untuk memperbaiki shalat. Sambil dimulai shalat lima waktu agar tidak bolong lagi, insya Allah Dia akan memberikan yang terbaik dan mengabulkan doa Mbak Dinda.

  37. Assalamualaikum pak ustad, Saya Sudah menjalin Rumah tangga selama 2,5 Tahun Dan anak sy saat Ini berusia 1,2 Tahun. Sy sedang dlm masalah besar Di Karena Kan mertua sy Terlalu Bxk Ikut Campur dlm urusan RT sy. Sy sbgai sekrg istri Jelas ingin suami sy bekerja Tanpa harus meminta Lagi pada org tua Krn anak Semakin Hari butuh uang Bxk, naming hal trsebut Di tentang Oleh mertua sy Karena tdk ingin anakx menjadi Bawahan Jika bekerja. Saat Ini sy Dan suami pisah ranjang Sudah 7 Bulan Krn suami lebih mengikuti org tua nya. Sy Sudah meminta kejelasan berkali2 dgn mendatangi rumah nya namun suami berkata cerai Dan menyuruh sy pulang ke rumah org tua sy. Di situ sy beranggapn suami Sudah mentalak sy. Dan satu Bulan ini Dy menghubungi sy agar sy Ikut tinggal bersama dengan ortunya namun org tua sy mengatakan harus nikah ulang sebagai syarat Krn Sudah lama tdk seirumah Dan suami Sudah mentalak. Tapi suami sy tdk mau menemui org tua sy Dan menolak. sebelumnya juga suami sering berprilaku tdk Sopan trhadap org tua sy. Pada akhirnya suami sdh tdk Ada kabar Lagi. Sy bingung pak ustad Apakah harus mempertahankan atau memilih bercerai karna Dia sendiri mengatakan Kalau km tdk Bsa meninggalkan org tua mu Kamu tdk usah menunggu sy Lagi. Sy sgt kecewa Krn org tua sy sangat menghargai Dia Tapi Ntah kenapa Dy begitu mwmbenci org tua sy. Mohon penjelasannya pak ustad. Terima kasih

    • Wa’alaikum salam warahmatullah. Bu Winda, saya turut berduka atas musibah yang menimpa Ibu. Semoga ini merupakan ujian yang dimudahkan Allah untuk melewatinya dan membawa ampunanNya serta meningkatkan derajat.

      Jika suami sudah mentalak (menceraikan) 7 bulan lalu, artinya sudah melebihi masa iddah dan untuk kembali harus menikah ulang.

      Sebaliknya, jika memang tidak bisa lagi dipersatukan, kejelasan status talak itu perlu dilegalkan secara hukum di pengadilan. Karena di negeri kita, jika seorang wanita tidak memiliki surat cerai, dia tidak bisa menikah lagi secara resmi.

      Jika masih ragu antara menikah ulang atau secara resmi mengurus status perceraian, sebaiknya Bu Winda shalat istikharah. Semoga Allah memberikan yang terbaik dan memudahkan jalanNya. Wallahu a’lam bish shawab.

  38. Assalammualaikum pak ustadz
    Apakah shalat istikharah bisa mengembalikan kekasih yg memutuskan hubungan akibat perkataan saya yg kasar..padahal saya sudah serius dengan dia..
    Memang saya dulu tidak dekat dengan allah..tapi semenjak kejadian itu saya ingin berubah dan saya sudah berubah..saya sekarang sudah lebih mengingat allah..
    Tetapi apa dengan shalat istikharah bisa membuat dia bisa membuka hatinya memberikan saya kesempatan kedua untuk saya bisa melamarnya dan melanjutkan pernikahan..
    Mohon sarannya pak ustadz..trima kasih..

    • Wa’alaikum salam warahmatullah. Shalat istikharah lebih tepat untuk mendapatkan pilihan terbaik antara dua atau lebih pilihan yang kita masih ragu. Misalnya apakah akan melamar seorang wanita atau tidak.

      Jika Mas Dwi tidak memiliki keraguan dan keinginannya hanya satu untuk melamar dan menikahi wanita tersebut, yang lebih tepat adalah sholat hajat, lalu berdoa mohon kepada Allah agar dimudahkannya. Selengkapnya bisa dibaca di sholat hajat. Wallahu a’lam bish shawab.

  39. Assalamualaikum ustd,, sholat istikharah apakah harus di lakukan di tengah malam atau boleh di siang hari ustd,, mohon pengertiannya terima kasih

  40. assalamualaikum ustd. mohon ustd jwbnnya, saya niat sholt tahajud slsai sholt saya membaca doa shlt thjud lalu saya membaca doa shlt istkhrah yg dijelaskan diatas. pertanyaannya apkah itu bisa dikatakan istkharah ustad? terimkasih

    • Wa’alaikum salam warahmatullah. Banyak ulama yang berpendapat sholat sunnah dengan satu niat bisa berfungsi ganda. Misalnya seseorang yang masuk ke masjid di setelah azan Zhuhur setelah ia mengambil wudhu di tempat wudhu masjid tersebut, lalu ia sholat dua rakaat. Niatnya satu, sholat sunnah qabliyah zhuhur. Namun sholat itu juga bisa berfungsi sebagai sholat tahiyatul masjid dan sholat ba’dal wudhu sekaligus.

      Jadi, boleh sholat tahajud lalu setelahnya doa sholat istikharah. Namun jika waktunya longgar, sebaiknya shalat istikharah khusus (dua rakaat saja). Sedangkan sholat tahajud terpisah (bisa dua rakaat, empat, enam, delapan, banyak lebih banyak lagi). Wallahu a’lam bish shawab.

  41. Assalamualaikum ustd. Saya mau bertanya, saya punya masalah sama pasangan saya ustd, dan itu bertentangan dengan orangtua laki” ! Orgtua laki” itu tidak merestui hubungan kami, karna awalnya saya sudah pernah menolak lamaran dia karna sebuah mahar, dan pada saat saya balik lagi ke dia orgtuanya sudah tdk menerima saya lagi! Tp skr saya lg berusaha untuk memperbaiki semuanya,saya udh minta maaf ke keluarga laki” itu, saya tdk pernah berhenti berdoa berusaha dan berjuang! Karna kita sama sama saling mencintai dan sayang ustd! Td mlm saya melakukan sholat istikharah untuk minta petunjuk sm allah, dan tadi pagi saya bermimpi kalo pasangan saya menikah dgn wanita lain, itu artinya apa ustd apa itu berati saya harus mengikhlaskan dia??
    Terimakasih

    • Wa’alaikum salam warahmatullah. Coba diulangi lagi shalat istikharahnya, jika kembali mimpi yang sama dan hati mantap untuk tidak meneruskan menikah dengannya, mungkin itu petunjuk yang terbaik dari Allah Subhanahu wa Ta’ala.

      Sebaiknya ini juga menjadi pelajaran. Seandainya nanti ada laki-laki yang melamar, sebaiknya wanita muslimah tidak terlalu tinggi dalam meminta mahar, disesuaikan dengan kemampuan calon suami. Wallahu a’lam bish shawab.

      • Tapi hati dan pikiran saya selalu tertuju sama dia ustd, bahkan saya sampe sempat berfikir kalo dia jodoh saya, makanya saya gak akan ngelepas dia gtu aja, apapun caranya dan bagaimanapun saya bakal berusaha terus ustd,sampe allah kasih petunjuk dan kasih saya kekuatan untuk mengikhlaskan dia ustd😭
        Apa sifat saya ini terlalu egois ustd?

        • Jika memang sungguh-sungguh ingin jawaban dari Allah dengan shalat istikharah, coba tidak terlalu condong pada salah satu pilihan saat istikhrah. Kondisikan hati siap menerima hasilnya.

          Namun jika memang sudah tidak ragu memilih, keinginannya satu tanpa ragu-ragu dengan pilihan lain, sebaiknya sholat hajat minta kepada Allah agar dimudahkan pernikahannya. Keterangan lengkapnya bisa dibaca di artikel Sholat Hajat

  42. Assalamu’alaikum ustadz ..
    Tadz, saya mau tanya nih ..
    Saya sudah menjalin hubungan dengan pria selama kurang lebih 7thn , itupun ditahun ke-7 tidak berjalan mulus karena si pria ternyata main belakang dengan wanita lain 😩
    Atas kejadian itu, saya sangat terpukul sekali ..
    Karena sebelumnya si pria tipe pria yang cuek dan selalu bersyukur punya saya, tapi entah kenapa saya tidak bisa membenci si pria 😢 karena si pria sempat bilang, jika waktu itu hanya khilaf dan tidak ada niatan untuk menduakan saya dibelakang ..

    Waktu berjalan dengan baik, saya dan si pria pun baik-baik saja terkadang ada bertengkar karena memang kejadian dulu, saya dan si pria pernah memutuskan untuk tidak berkomunikasi dan itu terjadi selama sebulan kedepan , tapi entah kenapa saya berfikir kami selalu dikasih Jalan untuk berkomunikasi kembali entah saya ataupun dia yang memulainya , semakin kesini kadang bertengkar hebat , tidak komunikasi lagi, tapi selalu baik lagi (gitu aja terus)

    Kami hampir 1tahun berpisah , tapi entah kenapa saya selalu yakin bahwa dia adalah laki-laki baik, tak ada celah sedikitpun untuk membencinya, dan saya selalu punya keyakinan jika saya tidak akan pernah benar-benar kehilangan dia, karena sampai saat ini pun dia dan saya selalu berhubungan baik dan saling memperhatikan ..

    Ustadz, jika begini ? Dianjurkan untuk melakukan solat istikharah kah ? Saya hanya ingin mengetahui, dia baik atau tidak untuk saya 😢

    • Wa’alaikum salam warahmatullah. Jika kondisinya demikian, silahkan shalat istikharah untuk diberi pilihan apakah segera menikah atau menghentikan hubungan. Shalat istikharah hanya untuk dua pilihan yang baik. Kalau untuk meneruskan pacaran atau tidak, tidak perlu shalat istikharah karena petunjuk Allah dalam Al Quran sudah jelas: walaa taqrabuz zinaa.

      Semoga dimudahkan Allah dan mendapatkan jalan terbaik. Membina keluarga yang sakinah, mawaddah wa rahmah.

        • Ohiya ustadz, jika solat istikharah pertama itu sudah pasti nanti Allah kasih petunjuk lewat mimpi kah ?
          Atau ada pula yang beberapa kali solat baru Allah kasih petunjuk ?

  43. Assalamualaikum pak ustadz, bgini pak ustadz tahun ini saya lulus sma lalu saya bingung akan kuliah dijurusan yang mana. Banyak usulan dari pihak guru agar saya mengambil jurusan seni tari, alasannya karna saya punya bakat dibidang itu dan memiliki prestasi di bdang trsebut pak. Namun, jujur saya ada niat untuk berhijab syar’i dan seperti yang kita ketahuai menari itu biasanya terlalu mempertontonkan aurat pak. Sedangkan orang tua saya menyerahkan semuanya kepada saya, jadi saya sangat bingung harus bgaimana. Apakah masalah ini insyaAllah bisa diselesaikan dengan cara shalat istikharah pak?
    Wassalam

  44. Ass… pak ustad saya mau nanya, suami saya sudah meninggal bru 1 tahun 7bulan. Dan saya sudah punya anak 1.
    Soudara dari suami saya udah brcerai sama istrinya hampir 6bulan dan udah pnya anak 2,perceraian mreka krna ketidak cocok lagi.
    Trnyata hampir 1 bulan kedepan ini soudara dari suami saya punya prasaan ke saya dan ingin membangun rumah tangga yg baru…kehidupan baru.
    Saya bingung pak ustad satu sisi saya punya prasaan krn soudara suami saya, sepintas mirip suami saya….
    Sisi laen orang tua saya pasti gk merestui hbngan ini…tapi sepertinya soudara dari suami saya benar benar serius pak ustad…
    Jdi saya harus bagaimana pak ustad…tolong dijawab ya ustad, trimah kasih…waalaikum salam wr.wb..

SILAHKAN BERI TANGGAPAN mohon perhatikan kesopanan

Please enter your comment!
Please enter your name here